Ride In Peace. Kenang Korban Laka, Ini Caranya B2W Indonesia

Ride In Peace dari B2W

Tikum Bicycle – Ride in Peace, kenang korban kecelakaan. Bike to Work (B2W) Indonesia menggalang aksi peduli untuk salah seorang pegiat B2W di Karawang. 

Aksi yang melibatkan ratusan komunitas peduli keselamatan di jalan raya itu akan dihelat di lokasi kecelakaan, yaitu di depan Pasar Bersih Galuh Mas, Karawang, pada Minggu pagi tanggal 21 November 2021.

Bertajuk ‘Ride in Peace’, kegiatan sosial ini selain untuk kenang Sahrurozy, pegiat B2W asal Karawang yang tewas tertabrak mobil saat melakukan aktivitas bersepeda pada Jumat (12/11) lalu, juga untuk memperingati Hari Mengenang Korban Kecelakaan Lalu lintas Sedunia 2021 (World Day of Remembrance for Road Traffic Victims). 

Ketua Umum B2W Indonesia, Fahmi Saimima, mengatakan lokasi berkumpul untuk acara ‘Ride in Peace’ adalah di tempat kejadian perkara. Hal ini dilakukan agar para pegiat sepeda dapat merenung dan merasakan derita dari korban, yaitu di depan Pasar Bersih Galuh Mas, Karawang. Mulai pukul 07.00 WIB. Para pesepeda akan berkumpul untuk melakukan hening cipta, doa bersama, dan juga akan disampaikan kronologi kecelakaan oleh pihak Polres Karawang. 

(Ketua Umum B2W)

Fahmi menambahkan, bahwa pihak keluarga korban juga diberikan kesempatan untuk memberikan testimoni tentang keseharian Sahrurozy hingga akhir hayatnya.

“Kita sama-sama mengingat dan menegaskan bahwa upaya keselamatan di jalanan kita memang buruk, kebijakan demi kebijakan tidak signifikan mengurangi jumlah korban di jalan. Sebagian memang karena perilaku penggunanya, dan Kita hanya punya pilihan, yaitu akan membiarkan tragedi berulang atau menyetop jatuhnya korban lebih banyak.” Untuk itu, ia berpesan kepada para sahabat B2W Indonesia dan pegiat sepeda lainnya untuk terus menyuarakan gerakan tertib berlalu-lintas. 

Sementara itu, rangkaian acara untuk memperingati hari mengenang korban kecelakaan lalu lintas internasional 2021 ini dilakukan serempak oleh solidaritas pesepeda di berbagai kota di Indonesia.

Catatan tambahan adalah, di setiap tahun kecelakaan yang menimpa pengguna sepeda di jalan raya terus naik. Mungkin seiring dengan meningkatnya penggunaan sepeda, untuk berolahraga maupun untuk bermobilitas.

Dalam catatan Bike to Work (B2W) Indonesia, sepanjang 2021 terjadi 35 kecelakaan dengan korban meninggal sebanyak 15 orang. Di tahun-tahun sebelumnya antara 2017-2020 jumlah yang meninggal karena ditabrak kendaraan bermotor mencapai 88 orang. Angka sebenarnya bisa saja lebih dari itu, karena tidak semua kecelakaan tercatat.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen