Rafflesia Bunga Terbesar Di Dunia Mekar di Indonesia

Sobattikum, Bunga Rafflesia Tuan-Mudae (Wiki) beberapa hari lalu di Agam, Sumatera Barat, Bunga ini mekar dan kemudian akan segera layu (Mekar selama seminggu) dengan spesimen terbersar di Dunia terlihat di Sumatera Barat.

Rafflesia Tuan-Mudae Raksasa memiliki penampilan spesifik berdaging bintik-bintik dengan kelopak gigantesk memiliki diameter lebihdari 1,1 m. Sebelumnya, Badan konservasi Hutan di Agam yang pernah pantau menemukan 107 sentimeter di hutan-hutan Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu.

Nama bungan Rafflesia berasal saat penjajah Inggris Sir Stamford Raffles yang melihatnya di Indonesia pada awal abad ke-19. Bunga ini dikategorikan sebagai tanaman parasit, sering dinamakan atau disebut bunga bangkai, meniru bau daging busuk untuk menggoda serangga dan memangsanya.

Spesies ini tumbuh di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Filipina yang memiliki spesimen 100 sentimeter yang pernah tercatat.

Bau yang berbahaya itu adalah Amorphophallus titanum dari Indonesia, bunga berbentuk lingga yang dapat mencapai ketinggian hingga tiga.

Bagai mana menurut sobattikum begitu uniknya Indonesia sehingga menjadi obrolan masyarakat dunia,khususnya Raflesia sebagai bagian kekayaan alam kita?

Tulis komentar Anda dibawah ini da ikuti terus berita, cerita dari tikum.id homeofcommunity.

Anda mungkin suka