Quinoa dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Banyak orang mengonsumsi quinoa sebagai bagian dari menjalani pola hidup sehat. Namun sudah cukup mengenal quinoa kah Anda?

Banyak orang mengonsumsi quinoa sebagai bagian dari menjalani pola hidup sehat. Namun sudah cukup mengenal quinoa kah Anda? Berikut penjelasannya di Tikum.id

Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tumbuhan Chenopodium quinoa dan popularitasnya berkembang pesat karena banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk Anda yang ingin menjalani pola hidup sehat. Ini membuat quinoa menjadi pilihan makanan yang sangat baik untuk orang-orang yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan.

Tanaman quinoa sendiri lebih mirip dengan beetroot dan bayam. Orang bisa sekaligus memakan biji dan daun tanaman serbaguna yang bergizi ini. Quinoa juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi membuat laju kandungan gula ke pembuluh darah akan melambat, sehingga kerja insulin dalam tubuh juga terbantu.

Quinoa dan Manfaatnya Bagi Tubuh biji bijian

Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi Quinoa.

1. Sumber protein nabati

Quinoa adalah sumber protein yang baik untuk orang-orang yang mengikuti pola makan nabati.

Orang yang mengikuti pola makan nabati perlu menemukan sumber protein non-hewani untuk memastikan mereka mendapatkan cukup protein.

Satu cangkir quinoa matang dengan berat 185gram (g) menyediakan 8,14 g Sumber protein tepercaya. Protein dalam quinoa menawarkan berbagai macam asam amino. Asam amino sangat penting untuk mendukung perkembangan otot dan aktivitas kekebalan tubuh.

2. Kandungan seratnya tinggi

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, mengonsumsi serat yang cukup dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan, termasuk sembelit, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan divertikulosis.

Quinoa memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya, menyediakan 5.18 gram serat dalam satu cangkir teh takaran 185 gram.
Hal Ini setara dengan 15,42 % dari kebutuhan serat harian seseorang, bergantung pada usia dan jenis kelamin mereka.

3. Sumber antioksidan

Quinoa adalah sumber antioksidan yang baik dibandingkan dengan biji-bijian umum lainnya dalam makanan bebas gluten. Sebagian besar produk bebas gluten terdiri dari tepung jagung, nasi, atau kentang. Ini umumnya memberikan sumber nutrisi yang lebih sedikit daripada produk yang menggunakan quinoa, seperti tepung quinoa.

Quinoa menyediakan vitamin E. Ini adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner, kanker tertentu, dan beberapa gangguan mata.

4. Sumber zat besi yang baik

Zat besi diperlukan untuk berbagai proses dalam tubuh manusia. Misalnya, bagian penting dari hemoglobin. Senyawa ini membawa oksigen dalam darah, mendukung energi dan fungsi sel ke seluruh tubuh. Asupan zat besi yang cukup juga mendukung jaringan ikat yang sehat dan metabolisme otot.

Satu cangkir quinoa memasok 2,76 mg zat besi, menyediakan 34,5% asupan yang direkomendasikan untuk pria dan 15,33% untuk wanita. Mempertahankan tingkat zat besi yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik.

5. Sumber folat

Folat adalah vitamin B esensial yang memainkan peran kunci dalam pembentukan DNA. Sangat penting bagi wanita untuk mendapatkan cukup folat selama kehamilan untuk mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi mereka, menurut Office of Dietary Supplements (ODS).

Mendapatkan asupan folat yang cukup juga dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan depresi. Satu cangkir quinoa yang dimasak mengandung 77,7 mikrogram (mcg) folat, atau 19,43% dari kebutuhan harian.

Wanita hamil mungkin hanya bisa mendapatkan cukup folat dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Namun, mengonsumsi lebih banyak folat dalam makanan dapat mengurangi risiko defisiensi. Dan Quinoa memberikan proporsi yang baik dari nilai folat harian seseorang.

Yuk jangan lupa sebarkan informasi di atas ke seluruh keluarga dan teman-teman Anda ya Sobat tikum.kanan dapat mengurangi risiko defisiensi. Dan Quinoa memberikan proporsi yang baik dari nilai folat harian seseorang.

Yuk jangan lupa sebarkan informasi di atas ke seluruh keluarga dan teman-teman Anda ya Sobat tikum.


Google play Hisense A5 ProCC English Téléphone Eink display Android 10 5.84 “Color Screen Face ID Finger printer ebook reader

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka