Purnawirawan di Dunia Otomotif Indonesia

Dunia otomotif selalu menyimpan cerita menarik dari berbagai sisi, kalau selama ini kami sering menampilkan berbagai perkumpulan otomotif maka hari ini kami menampilkan cerita lain yaitu para anggota klub otomotif yang memililiki latar belakang militer dan kepolisian.

Para Purnawirawan Tentara dan Polisi Indonesia (Polri) ternyata sangat menggemari dunia otomotif baik roda dua atau roda empat. Bahkan beberapa di antara mereka juga aktif sebagai pengurus organisasi otomotif. Mari kita mulai dari purnawirawan Polri yang aktif dalam klub motor dan mobil kategori klasik, berikut informasinya.

1. Komjen Pol. (Purn) Drs. Nanan Soekarna

Mantan Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) ini pasti sudah tidak asing dan akrab dengan para anggota klub otomotif. Selain menjabat sebagai ketua umum HDCI, beliau juga aktif di berbagai klub otomotif mobil seperti VolksWagon, Willys Jeep, dan Mercedes-Benz.

2. Jendral Pol. (Purn) Drs. Roesmanhadi

Mantan Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) adalah pembina dari klub otomotif Volkswagen Van Club (VVC), selain itu Beliau juga aktif dalam organisasi otomotif lainnya seperti Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI).

3. Irjen Pol. (Purn) Drs. Pamudji R Sutopo SH, MH.

(Foto Eksklusif: Drs. Pamudji R. Sutopo (berdiri tengah)

Mantan Gubernur Akademi Kepolisian republik Indonesia ini menjabat sebagai Ketua Umum Volkswagon Van Club (VVC) selama hamper 10 tahun. Sosok yang sederhana, hangat, dan berjiwa muda menjadi ciri khas Beliau dalam memimpin klub mobil pabrikan Jerman ini.

4. Irjen Pol. (Purn) Pudji Hartanto Iskandar M.M

Mantan Kakorlantas ini sekarang aktif sebagai Komisioner di Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan ia pernah menjabat sebagai Direktur Jendral Perhubungan Darat di kementerian perhubungan. Saat ini Beliau juga anggota aktif dari club otomotif Volkswagen Van Club (VVC).

5. Letnan Jendral TNI (Purn) Djamari Chaniago.

Mantan Panglima Kodam Siliwangi dan Pangkostrad ini juga aktif sebagai anggota klub motor besar dari Harley Owners Group (HOG). Dan ditengah kegiatan otomotifnya Beliau juga masih aktif sebagai Dewan Komisaris di sebuah BUMN.

6. Marsekal Muda TNI (Purn). Pieter Wattimena, SIP, MM, MH.

Mantan perwira tinggi dari Angkatan Udara ini pernah menjadi anggota DPR RI dan Direktur Jendral Kekuatan Pertahanan di Kementerian Pertahanan Indonesia. Kecintaannya akan dunia otomotif roda dua dibuktikan dengan pernah menjabat sebagai ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Jakarta chapter selama 3 periode. Dan saat ini Beliau adalah wakil ketua umum dari HDCI.

Dunia otomotif merupakan wadah dalam menyatukan berbagai genre, usia, karakter dan latar belakang profesi. Jadi kesimpulannya, usia tidak membatasi seseorang untuk tetap aktif dan produktif dalam Hobi bukan.

Semoga di tahun 2021 saat ini dunia otomotif tetap bergairah dan selalu kreatif ditengah wabah Pandemic Covid-19. Tetaplah menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan tetap jalankan protokol kesehatan jika memang harus menjalankan aktifitas otomotif anda ya.
Bravo Otomotif Indonesia!

“Whatever you decide to do, do it with passion and all of the energy that you have.”
Mary Barra, CEO of General Motors

Author: Achmad Reza

Tak hanya menjadi expertise di dunia digital, Reza pun sudah lama berkecimpung di dunia otomotif. Memulai karirnya dari seorang modifikator hingga kini menjadi juri modifikasi nasional, aktif di beberapa komunitas hingga pembicara di berbagai event otomotif baik mobil maupun motor.

2 thoughts on “Purnawirawan di Dunia Otomotif Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *