Jangan Salah, Ini Dia Manfaat Kesehatan Punya Hewan Peliharaan

Punya hewan peliharaan kerap dihubungkan dengan bahaya alergi. Padahal banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh. Apa saja?

Tikum Animal Lover – Di masa pandemi dengan sebagian besar waktu yang dihabiskan di rumah, banyak orang mulai memiliki hobi baru. Salah satunya adalah dengan mencari hewan peliharaan. Meski bagi sebagian orang punya peliharaan itu merepotkan dan berbahaya, namun sebenarnya ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Faktanya, selama 25 tahun terakhir, penelitian menunjukkan bahwa tinggal dengan hewan peliharaan ternyata bisa mendatangkan banyak manfaat. Mulai dari menurunkan tekanan darah tinggi sampai mengurangi gangguan kecemasan. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Melawan Alergi

Kepercayaan lama menyebut jika Anda punya keluarga yang punya hewan peliharaan, anak-anak mungkin akan lebih sensitif terhadap alergi hewan peliharaan. Jika keluarga Anda rentan alergi, hewan peliharaan sebaiknya dihindari.

Namun menurut ilmuwan James E. Gern, MD, seorang anak di University of Wisconsin, Madison semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal dengan hewan berbulu seperti kucing atau anjing, punya risiko lebih kecil terserang asma.

Bagus untuk Anggota Keluarga yang Lansia

Kalau Anda memiliki anggota keluarga lansia, memiliki hewan peliharaan bisa jadi pilihan yang bagus. Penelitian menunjukkan bahwa pasien Alzheimer cenderung lebih jarang mengalami ledakan kecemasan jika ada hewan di rumah. Ini tentu akan mengurangi beban Anda ataupun suster pengurus. Apalagi jika hewan yang Anda pilih adalah kucing yang memerlukan lebih sedikit perawatan dibanding anjing.

Sekadar berjalan-jalan dengan hewan peliharaan atau menghabiskan waktu dengan peliharaan akan membuat lansia merasa tidak kesepian.

Meningkatkan Suasana Hati dan Kesehatan Mental

Kalau ada teman Anda yang mengaku merasa lebih bahagia karena memiliki hewan peliharaan, itu sebenarnya adalah fakta. Pemilik hewan peliharaan yang menderita AIDS lebih kecil kemungkinannya untuk menderita depresi dibanding mereka yang tidak punya peliharaan.

Dalam satu penelitian, pialang saham dengan tekanan darah tinggi yang mengadopsi kucing atau anjing memiliki tekanan darah yang lebih rendah dalam situasi stres dibanding mereka yang tidak.

Seperti halnya aktivitas menyenangkan lainnya, bermain dengan anjing bisa meningkatkan level serotonin dan dopamin. Keduanya merupakan zat yang bisa memberikan efek menyenangkan sekaligus menenangkan. Kebanyakan, orang berusaha memperoleh efek serupa dari obat-obatan seperti heroin dan kokain. Padahal, dengan memiliki peliharaan, Anda juga bisa memperoleh efek yang serupa.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Jika Anda atau anggota keluarga lain pernah memiliki riwayat serangan jantung, terapi dengan menggunakan hewan peliharaan mungkin bisa membantu. Menurut penelitian, pasien serangan jantung yang punya hewan peliharaan cenderung bertahan lebih lama dibanding mereka yang tidak.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pria yang punya hewan peliharaan memiliki lebih sedikit tanda-tanda yang mengarah kepada penyakit jantung. Misalnya saja kadar trigliserida dan kolesterol yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak punya peliharaan.

Memiliki hewan peliharaan memang memerlukan usaha. Memeliharanya juga membutuhkan dana yang tidak sedikit, komitmen waktu bahkan kadang bisa menyebabkan frustrasi. Tapi peliharaan pada dasarnya secara alami bisa memberikan kita energi positif yang tidak kita temukan di tempat lain. Keempat manfaat di atas hanya sebagian kecil keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki peliharaan.

Apapun pilihan hewan peliharaan Anda, mencoba mengadopsi seekor anjing atau kucing mungkin bisa jadi cara menghilangkan tekanan karena pandemi. Tertarik mencoba?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka