Pug Indonesia Club (PIC), Komunitas Pemilik Anjing Pug

Tikum Animal Lovers – Sudah lama tikum.id tidak membahas tentang animal lovers, dan kami sangat senang ketika berhasil mendapatkan teman- teman baru dari pencinta anjing seperti saat ini yaitu Ras PUG.

pug indonesia 2

Sedikit kilas balik , anjing pug adalah salah satu ras anjing toy terbesar yang telah lama menjadi sahabat manusia sejak Dinasti Shang (1776-1122 SM) di Tiongkok sebelum akhirnya dikenal di Tibet, Jepang, Eropa, dan bahkan kini di Indonesia. Dengan sifat yang sangat aktif, lincah dan senang bermain, pug menjadi salah satu ras yang mampu menghibur dan mewarnai hari manusia.

Merawat pug adalah hal yang susah-susah-gampang. Meskipun bulu pug tidak memerlukan perawatan ekstra seperti ras dengan bulu lebat, namun pug cukup rentan dalam kesehatan mata, kulit dan pernapasan karena hidungnya yang kecil dan pesek.

Sebab itu, pawrents (sebutan untuk orang-orang yang merawat hewan) bagi anjing pug memerlukan suatu wadah komunikasi untuk berbagi informasi dan edukasi seputar perawatan anjing pug. Untuk itulah Pug Indonesia Club (PIC) hadir di tengah masyarakat sebagai perkumpulan penyayang breed PUG.

PIC pertama kali dibentuk atas inisiatif Almarhum Oom Paul (Sing Adi Tedjosukmono) dan beberapa pecinta anjing pug pada tahun 15 Mei 2016. Club ini terdaftar di Perkin dengan ketua pertama Wahyu Septiantoro (2016-2018) , dan dilanjutkan oleh Anggun Permatasi (2018-2020).

Pada Mei 2020 ini, seharusnya akan terjadi pergantian pengurus, namun karena kendala Covid-19, maka kemungkinan akan diundur sampai pemberitahuan berikutnya.

pug indonesia 3

Pug Indonesia Club (PIC) sendiri memiliki ribuan anggota yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dan sebagian anggota tergabung dalam 3 WhatsApp Group wilayah sebagai wadah komunikasi masing-masing anggota di beberapa Wilayah yang terdiri dari

  1. Jabodetabek dan Jawa Barat
  2. Luar Jawa Barat
  3. Sulawesi Utara

Anggota PIC juga memiliki latar belakang yang berbeda-beda, dari segi budaya, pendidikan, pekerjaan dan agama. Di PIC, seluruh perbedaan tersebut tidak menjadi halangan, melainkan menjadi suatu kesempatan bagi masing-masing anggota untuk saling melengkapi.

pug indonesia 4
pug indonesia 5

Jadi bagi sobat tikum yang juga penyayang breed PUG atau saat ini memeliharanya dan ingin bergabung dengan perkumpulan persaudaraan “DogyHood”, hehe.., nantinya silahkan menyesuaikan dengan daerah domisili kalian yang sudah di bagi dalam 3 zona di atas oleh para pengurus club. Atau silahkan cari tahu melalui berbagai akun social media mereka yaitu, Instagram : @pugindonesiaclub , Facebook @PUGIndonesiaClub tetap kompak selalu ya sobat PUG Indonesia club.

“The Pug is living proof that God has a sense of Humor”
Margo Kaufman

Anda mungkin suka