Porsche 550 Spyder: Mobil Cepat James Dean yang Penuh Kutukan

Porsche 550 Spyder adalah mobil dengan segudang keunggulan. Namun sejak kematian James Dean, reputasi sport car ini tak lagi secerah awalnya.

Tikum OtomotifPorsche merupakan merupakan mobil sport balap yang diproduksi pada periode 1953 sampai 1956 oleh Porsche. Mobil ini terinspirasi dari pabrikan Prosche sebelumnya oleh Ferry Porsche, yakni Porsche 356, yang tak lain juga merupakan mobil pertama Porsche rakitan Austria.

Prototype Porsche sendiri dibuat dan sudah mulai dilombakan oleh Walter Glöckler sejak 1951. Manufaktur kemudian memutuskan untuk membuat mobil ini yang nantinya digunakan dalam ajang balapan.

Spesifikasi Porsche 550

Sport car yang satu ini punya sederet nilai jual. Prototype ketiga dan unit perdana 550 Spyder yang dilombakan berhasil menjuarai ajang bergengsi Nürburgring Eifel Race. Tak berhenti di situ, total, mobil ini mendapatkan 95 kemenangan lainnya.

Mobil klasik yang sangat banyak dibuat replikanya ini menggunakan mesin 4 boxer 4 silinder dengan pendingin udara yang disedot secara alami—atau yang juga dikenal dengan mesin Fuhrmann. Mesin ini juga dilengkapi dengan karburator downdraft Solex PJJ dan pengapian ganda. Bekal ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 108 hp pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 121 N m pada 5.000 rpm.

Porsche 550 dan James Dean

James Byron Dean adalah seorang aktor kelahiran Indiana, Amerika Serikat. Dia menjadi satu dari segelintir orang yang memiliki Spyder edisi terbatas, yakni unit ke-130. Dean bahkan membeli sendiri mobil yang kemudian dinamainya ‘Little Bastard’ tersebut dengan menjual Porsche 356 dan menambah sebanyak 3.800 dolar AS secara tunai untuk menuntaskan kegemarannya balapan.

Sebenarnya, Dean telah mendapat peringatan mengenai mobil tersebut. Seminggu sebelum kematiannya, dia bertemu dengan Alec Guiness. Aktor asal Inggris tersebut menyampaikan firasatnya mengenai aura aneh dari mobil tersebut. Guiness bahkan memberi peringatan pada sang bintang muda Hollywood apabila dia masuk ke dalam Porshce 550 Spyder miliknya, maka dia akan terbunuh di dalamnya pekan depan.

Benar saja, james Dean meninggal tujuh hari berikutnya dalam sebuah kecelakaan saat mengendarai Little Bastard. Dia tewas di tempat setelah menabrak sebuah sedan Ford Tudor di salah satu persimpangan di Cholame, California, Amerika Serikat.

Namun, cerita Porsche 550 Spyder ke-130 tidak berhenti sampai di situ. Mobil tersebut juga membunuh serta mencederai banyak orang bahkan setelah bertahun-tahun selanjutnya.

Little Bastard hancur, tetapi George Barris, dealer terkenal yang biasa memodifikasi mobil untuk bintang Hollywood—termasuk mobil Dean—membawa memboyong mobil cepat sang bintang ke workshop-nya seharga 2.500 dolar AS. Sialnya, saat diturunkan, mobil tersebut justru meluncur dari trailer yang mengangkutnya sampai mematahkan kaki seorang mekanik.

Mobil itu lantas dijual dengan mempreteli komponennya. Naasnya, mereka yang membeli komponen tersebut juga mendapat musibah.

Drivetrain dan mesinnya dijual ke pembalap Tony McHenry dan William Eschrid untuk digunakan pada mobil masing-masing. Saat berpacu dalam lintasan, McHenry kehilangan kendali atas mobilnya hingga menabrak pohon dan tewas seketika. Sementara itu, roda Eschrid terkunci tiba-tiba sehingga mobilnya berguling beberapa kali. Meski tidak kehilangan nyawa, Eschrid mengalami luka cukup parah.

Barris juga akhirnya menjual dua ban Little Bastard yang tidak tersentuh setelah beberapa lama sejak kasus Dean. Saat akhirnya terjual ke dua pemilik Porsche yang berbeda, kedua ban tersebut anehnya meledak pada saat bersamaan.

Barris akhirnya menyimpan sisa-sisa Spyder itu di garasinya. Namun, California Highway Patrol berhasil meyakinkannya untuk meminjam bangkai mobil tersebut dalam rangka mempromosikan keselamatan jalan raya. Lagi-lagi, entah bagaimana, saat pameran pertama terjadi, garasi tempat pameran itu terbakar, tetapi Porsche 550 tidak tersentuh api. Pada pameran berikutnya si sebuah sekolah menengah setempat, mobil tersebut jatuh dari pajangan mengenai seorang siswa dan mematahkan pinggulnya.

Peristiwa aneh lainnya terjadi sewaktu Little Bastard diangkat ke Salinas menggunakan sebuah truk bak terbuka. Sopir tersebut kehilangan kendali sehingga truk terbalik. Yang lebih mengerikan, sopir terlempar keluar dari truk dan terbunuh setelah Porsche 550 Dean mendarat di atasnya.

Anda mungkin suka