Inilah deretan ponsel pintar 5G di Indonesia

Mau menikmati kecepatan internet yang ditawarkan teknologi 5G? Yuk, simak rekomendasi ponsel pintar 5G dan perbedaan antara 5G dengan 4G

Tikum Tech – Mau menikmati kecepatan internet yang ditawarkan teknologi 5G? Yuk, simak rekomendasi ponsel pintar 5G dan perbedaan antara 5G dengan 4G di Tikum.id!

Hadirnya generasi 5G memungkinkan SobatTikum mendapatkan koneksi cepat untuk berselancar di dunia maya, streaming video atau musik, bertatap muka, atau penggunaan seluler lainnya tanpa delay. Namun, untuk menikmatinya, SobatTikum harus memiliki perangkat yang mendukung teknologi 5G.

Perbedaan Teknologi 5G dengan 4G

Lantaran masih baru, belum banyak orang mengetahui perbedaan antara 4G dengan 5G. Supaya SobatTikum lebih paham, berikut perbedaan keduanya.

Teknologi

Kendati dibangun di atas 4G, jaringan 5G hadir dengan teknologi terbaru, juga frekuensi radio lebih luas. Menara dan pemancar jaringan 5G menggunakan banyak antena serta pita radio berfrekuensi tinggi yang menghasilkan kecepatan super dengan waktu respon singkat.

Teknologi 5G juga diklaim dapat memberikan kemudahan untuk mengembangkan sejumlah sektor industri, seperti pertanian, perhotelan, hiburan, ritel, manufaktur, perawatan dan kesehatan, keuangan, serta jasa pengiriman dan transportasi. Dengan hadirnya jaringan 5G, teknologi AI (kecerdasan buatan), penggunaan robot industri, pengembangan drone, pengembangan kota pintar, dan pembelajaran mesin makin optimal.

Kecepatan

Kecepatan maksimum 4G mencapai 100 Mbps, sedangkan 5G menyentuh angka 10 Gbps. Kecepatan rata-rata 4G di kawasan pada penduduk hanya mampu mencapai 30 Mbps. Berbeda dengan 5G yang mencapai 500 Mbps. Dengan kecepatan yang luar biasa, tak heran apabila 5G disebut sebagai pendukung industri 4.0.

Latensi

Latensi 4G sudah cukup rendah, tetapi kalah rendah dengan jaringan 5G yang hampir nol. Ketika terjadi delay, waktu yang dibutuhkan hanya berkisar 4-5 milidetik dengan pengurangan hingga satu milidetik.

Kapasitas

4G memang dapat digunakan oleh banyak perangkat, tetapi kecepatan dan kualitas jaringannya akan menurun. Sementara 5G menawarkan kapasitas sepuluh kali lebih banyak. Dengan kapasitas lebih besar, meskipun digunakan di banyak perangkat, kecepatan dan kualitas jaringannya tetap stabil.

Ketersediaan

Layanan 4G sudah tersedia hampir di seluruh kota besar, kecuali daerah terpencil atau kawasan dengan akses seluler terbatas. Mengingat teknologi 5G masih sangat baru, layanan baru tersedia di sejumlah kota besar.

Daftar Ponsel Pintar yang Sudah Mendukung 5G

Bagi SobatTikum yang tertarik untuk menikmati kecepatan dan keunggulan yang ditawarkan 5G, berikut daftar ponsel pintar yang bisa dijadikan pilihan.

Samsung

ponsel-pintar-5G-1

Samsung menghadirkan Galaxy A32 yang sudah mendukung jaringan 5G. Dibekali prosesor MediaTek Helio G80, ponsel pintar ini menawarkan dua pilihan kapasitas RAM dan memori, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB. Samsung A32 5G hadir dengan kamera depan 13 MP dan empat kamera belakang 48 MP, makro 5 MP, ultra wide 8 MP, serta depth 2 MP. Galaxy A32 5G sudah menerapkan Infinity-V Display 6.5 inch dengan kapasitas baterai 5.000mAh (fast charging).

Vivo

ponsel-pintar-5G-2

Vivo V21 5G hadir dengan prosesor Mediatek Density 800U yang diperkuat 8 GB RAM dan 128 GB memori internal. Ponsel pintar ini dibekali kamera depan beresolusi 44 MP yang dilengkapi fitur selfie, IOS Super Night. Sementara kamera belakang terdiri dari kamera wide 64 MP, ultrawide 8 MP, serta makro. Kapasitas baterai Vivo V21 5G 4.000 mAh dan telah mendukung pengisian cepat 33 watt.

Oppo

ponsel-pintar-5G-3

OPPO A74 5G dibekali prosesor Snapdragon 480 5G dengan kecepatan CPU 2.0 GHz dan kapasitas RAM 6 GB serta 128 GB penyimpanan internal. Ponsel pintar ini dipersenjatai kamera depan 16 MP dan kamera belakang 48 MP, makro 2 MP, mono 2 MP, dan ultra wide 8MP. Dengan kapasitas baterai 5.000 mAh, ponsel pintar ini sudah mendukung pengisian cepat 18 watt.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan teknologi 5G dengan 4G beserta ponsel pintar yang sudah mendukung generasi kelima.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka