Pilotos MC, Komunitas Pilot Bikers Indonesia

Tikum Motor – Pilot adalah orang-orang yang terlatih untuk menerbangkan pesawat. Profesi Pilot juga menjanjikan karir terbaik dan berharga di seluruh dunia. Namun, dibalik semua predikat tersebut sesungguhnya Pilot punya tanggung jawab besar atas keselamatan semua awak dan penumpang di pesawat selama penerbangan.

Pada institusi militer Pilot biasanya menerbangkan pesawat tempur, pesawat angkut dan transportasi, hingga Helikopter. Sedangkan di sektor swasta, Pilot sipil menerbangkan pesawat komersil, pesawat ringan dan pesawat Jet dengan penghasilan yang sangat besar.

Akan tetapi, Pilot juga manusia. Mereka butuh hiburan dan rekreasi untuk melepaskan stress dari pekerjaan.

Para Pilot juga punya sisi lain kehidupan, Mereka punya hobi jalan-jalan dan otomotif ketika sedang tidak bertugas dan berada di darat.

Mereka kami sebut sebagai ‘Pilot Bikers.’ Seperti apa kisah mereka? Yuk kita berkenalan dengan PILOTOS MC.

Pilotos MC komunitas yang resmi berdiri pada tanggal 22 September 2011. Nama Pilotos diambil dari bahasa Mexico yang artinya Para Pilot.

Penetapan tanggal 22 September adalah dimana tanggal itu melambangkan tempat Pilot melakukan Perpanjang License di Lantai 22, Dinas Sertifikat Kelaikan Udara (DSKU). Sedangkan pemilihan bulan September karena bulan ke-9 tersebut dipercaya sebagai angka tertingi dan baik.

September sendiri sangat terkenal dengan ‘Bulan Ceria’ dari sebuah lagu Indonesia berjudul September Ceria.

VISI terbentuknya club adalah untuk mempersatukan para pecinta Dirgantara dalam satu hobi yaitu Otomotif.
MISI Pilotos MC ingin sekaligus memperkenalkan daerah pariwisata nusantara melalui kegiatan Touring di setiap tahun.

Pada awalnya memang sudah ada Pilot Bikers, namun belum ada nama Pilotos. Hingga pada akhir tahun 2010 hingga awal tahun 2011, beberapa Pilot yang hobi berkendara motor Harley melakukan Sunday morning ride ke daerah Senayan dan bertemu dengan para senior Bikers seperti Om Ruby (Brotherhood MC) dan Alm. Om Bembi (IMBI) dan tercetuslah dari mereka ide untuk membentuk komunitas motor club untuk para Pilot bernama Pilotos MC.

Pada saat itu mereka baru membuat club Reborn, yang anggotanya terdiri dari Chris, Jeffrey, Rio, Ian dan beberapa orang lagi hingga akhirnya mereka hijrah ke Pilotos MC, sekaligus memilih Om Ruby dan Mas Avirianto sebagai penasihat dari Pilotos MC.

Saat ini Ketua Umum dari Pilotos MC adalah Captain Jefri Rio Yudhanto dan dibantu Sekretaris Captain Ignatius Bayu beserta jajaran para pengurus club.

(Kiri-kanan: Ketua Umum & Sekjen Pilotos MC)

Latar bekang para bikers Pilotos MC berasal dari berbagai maskapai penerbangan Indonesia, Pilot Helicopter, kargo dan pelaku industri Dirgantara yang juga hobi otomotif. Jadi, tidak khusus untuk Pilot saja ya Guys. Sampai saat ini jumlah members club ini sudah mencapai 90 orang dan kebanyakan memang berdomisili di kota Jakarta dan Tangerang Raya.

Hal yang menjadi ciri khas club adalah pada setiap tujuan touring selalu mampir ke Bandara setempat. Mereka selalu memberikan edukasi terhadap warga sekitar terkait keselamatan Penerbangan (Safety Campaign) dan larangan bahaya bermain layang-layang, balon udara dan bakar-bakaran di sekitar Bandara yang bisa menyebabkan asap tebal sehingga berisiko mengganggu jarak pandang Pilot di sekitar landasan udara.

Seperti apa kegiatan rutin terdahulu dan di era normal baru pandemi Covid-19 club ini. Mari kita lihat satu-persatu.

  • Mingguan. Pastinya melakukan riding bersama sesama members pilotos atau dengan member club lain untuk menjalin silaturahmi antar sesame Bikers
  • Bulanan. Melakukan short touring sekaligus melakukan kegiatan bakti sosial atau amal untuk masyarakat disekitar tujuan
  • Tahunan. Melakukan touring akbar keluar kota dan mengadakan tradisi syukuran saat perayaan ulang tahun Pilotos MC

Masih ada lagi, sebagai kumpulan Bikers club ini juga sudah melakukan banyak touring jarak jauh di berbagai rute. Berikut beberapa tempat yang pernah mereka kunjungi

  • Jakarta-Km 0 (Sumatera Tour)
  • Makassar-Manado (Celebes Tour)
  • Pontianak-Balikpapan (Borneo Tour)
  • Tour Labuan Bajo

Beberapa tahun terakhir Pilotos MC juga ikut bekerja sama dengan BNN untuk menggalakan ANTI NARKOBA. Dimulai saat Touring Makassar – Manado pada Maret 2018 sepanjang 2200 km dengan Tag Line “Pilotos Anti Narkoba.” Pada tiap perjalanan club ini selalu melakukan kampanye anti narkoba di sepanjang jalan hingga finish di Museum Pinawetengan, sebuah Museum Anti Narkoba pertama di Indonesia yang terletak di Tompaso, Sulawesi Utara.

Wah, Keren dan Seru banget ya Club Moge ini! Nah, jika Anda berprofesi sebagai Pilot, Aparatur Sipil Negara di penerbangan atau pelaku industri Dirgantara, dan hobi berkendara Motor. mari bergabung menjadi anggota resmi Pilotos MC.

Syarat untuk bisa bergabung adalah wajib punya Moge saja dan tidak harus merk Harley Davidson.
Silahkan menghubungi akun resmi sosial media mereka di @pilotosmc

Kami bangga bisa turut memperkenalkan sisi lain kehidupan para Pilot Indonesia yang professional dan berkelas dalam hobi dan komunitas, semoga Pilotos MC tetap konsisten dalam mendukung pariwisata nasional dan membantu masyarakat Indonesia.

Salam Otomotif

Everyone has oceans to fly, if they have the heart to do it.

Amelia Earhart
Anda mungkin suka