Pilihan Destinasi Wisata Geopark Indonesia Di Era New Normal

geopark batur

Salah satu daya tarik Indonesia adalah keindahan alam dan pilihan tempat pariwisata dari Sabang sampai Merauke.

Selain itu Indonesia menjadi tempat bagi wisata alam dan memiliki berbagai Geopark yang diakui oleh badan internasional yaitu UNESCO.

Kita patut bersukur dengan adanya peran para pengelola Geopark, sebab mereka adalah lembaga atau organisasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan suatu Geopark, dengan susunan keanggotaan dapat berasal dari unsur Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Pemangku Kepentingan.

Geopark atau Geological Park adalah wilayah dengan unsur geologi yang sangat kaya, dimana semua warga Indonesia wajib menjaga, menggunakan dan mengembangkan seluruh warisan alam yang terkandung di dalamnya termasuk nilai-nilai dalam Ekologi, Arkeologi, Sosiologi, dan Seni dan Budaya.

geopark rinjani

Sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia, industri pariwisata adalah salah satu andalan devisa negara. Namun kami tetap optimis bahwa nantinya Geopark akan kembali dipenuhi oleh wisatawan. Mari kita simak apa saja Geopark yang terdapat di Indonesia ? berikut daftarnya :

  1. Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.
  2. Danau Toba di Sumatera Utara.
  3. Gunung Batur di Bali.
  4. Ciletuh Pelabuhanratu di Jawa Barat.
  5. Merangin di Jambi.
  6. Gunung Sewu di Yogyakarta.
  7. Banyuwangi Geopark di Jawa Timur.

Baca juga: 16 Taman Nasional di Indonesia Tutup Oleh COVID-19

geopark toba

Seiring dengan dibukanya kembali beberapa tempat pariwisata di Indonesia, tidak ada salahnya anda sudah mulai merencanakan berwisata ke salah satu Geopark Indonesia dengan tetap melakukan aturan protokol kesehatan di era normal baru saat ini. selamat merencanakan liburan.

Author: David Mercyano

Senior Jurnalist Tikum | Lahir dan tinggal di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *