Perjalanan Piaggio Vespa dari Masa ke Masa

Piaggio Vespa adalah produsen Vespa yang popularitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Kiprahnya melegenda dan mendunia, bahkan mendapat tempat istimewa di hati pecinta otomotif Indonesia.

Tikum Motor – Piaggio Vespa adalah produsen Vespa yang popularitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Kiprahnya melegenda dan mendunia, bahkan mendapat tempat istimewa di hati pecinta otomotif Indonesia.

Sejarah Vespa bermula dari sebuah perusahaan bernama Piaggio. Pabrikan yang berbasis di Genoa berdiri pada tahun 1884 digagas oleh Rinaldo Piaggio, pribumi Italia kelahiran 15 Juli 1864.

Awalnya, Piaggio memproduksi komponen kapal laut. Kemudian merambah ke sektor transportasi darat, khususnya kereta api. Berlanjut ke sektor penerbangan, yaitu kala memproduksi pesawat terbang P108 yang berseliweran di angkasa Eropa pada Perang Dunia II.

Sayangnya, Perang Dunia II juga mengorbankan pabrik Piaggio yang hancur karena dibom. Maka usai perang putra Rinaldo, Enrico Piaggio mengambil alih perusahaan dan memutuskan untuk fokus pada kendaraan pribadi. Perusahaan barunya ini berlokasi di Pontedera, Provinsi Pisa.

Lahirnya Vespa

Enrico bekerjasama dengan insinyur penerbangan, Corradino d’Ascanio mengerjakan purwarupa kendaraan roda dua yang terjangkau untuk masyarakat. Rancangan pertama d’Ascanio lahir pada tahun 1946 dengan kode sasis MP5. Ini terinspirasi dari teknologi pesawat terbang. Bahkan unit pertamanya benar-benar memakai roda pesawat tempur.

Penyempurnaan terjadi pada tahun yang sama melalui MP6. Bentuknya unik, menggunakan unibody steel chassis yaitu sasis dan bodi yang menjadi kesatuan utuh. Seluruh bodinya memakai material logam dengan lekuk-lekuk membulat yang kokoh mirip tawon. Melihat bentuk unik tersebut, Piaggio memberikan nama Vespa yang secara harfiah berarti tawon.

Model Vespa dari Masa ke Masa

Produk resmi pertama yang diperkenalkan pada masyarakat adalah Vespa 98. Disusul Vespa 98 Corsa dan Vespa 98 II Serie, secara berturut-turut pada tahun 1946 dan 1947. Ketiganya memakai sasis MP6, mesin berkapasitas 98cc, dengan kecepatan maksimal 60km/jam.

Dua tahun kemudian, Vespa 98 disuntik mati karena Piaggio beralih memproduksi mesin 125cc. Produk unggulan pada seri ini, antara lain Vespa 125, Circuito 125, Six Days, dan 125 U. Pembaruan terjadi pada sektor mesin dan suspensi yang lebih baik.

Pertengahan tahun ’50-an, Piaggio membikin seri bermesin 150cc, seperti Vespa 150 dan 150 GS. Mereka pun sempat memproduksi kendaraan roda empat yang diberi nama Vespa 400. Di samping edisi baru Vespa 125, yaitu Primavera yang rilis pada ’60-an. Vespa Primavera disebut-sebut kendaraan paling trendi pada masanya, bahkan menjadi salah satu produk tersukses Piaggio.

Pada kurun waktu hampir bersamaan, Piaggio juga meluncurkan skuter smallframe, yakni Vespa 50 dan Vespa 90, serta New 125. Seri ini lebih kecil dan ramping, tetapi memiliki kecepatan mencapai 90km/jam.

Akhir ’60-an hingga dekade ’70-an menandai inovasi besar Vespa. Setelah Primavera sukses, Vespa membuat model baru dengan bodi dan mesin lebih besar. Sebut saja 200 Rally, P125X, P200E, PX150E, sampai seri baru PK125 pada 1983 yang menjadi cikal bakal Vespa matik.

Vespa di Indonesia

Masyarakat Indonesia pertama kali mengenal skuter Italia dari TNI sekitar tahun 1963. Pemerintah kala itu menghadiahkan Vespa pada seluruh anggota Pasukan Perdamaian PBB, sepulang dari misi di Kongo. Alhasil, masyarakat lebih mengenal sebutan Vespa Kongo alih-alih nama model aslinya, yakni VGLA dan VGLB.
Sejak itulah banyak orang melirik kendaraan baru ini. Impor pun dimulai, dengan model-model yang pertama dihadirkan, seperti dua tipe Kongo, Vespa Sprint, dan Vespa Super.

Pada dekade ’70-an berdiri ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Piaggio Vespa secara resmi di Indonesia. Perusahaan bernama PT. DanMotors Vespa Indonesia mendatangkan Vespa 90 (PTS) dan Exclusive (PX150). DanMotors sempat memproduksi mesin Vespa secara utuh yang kemudian dipakai pada Vespa Exclusive. Sayangnya, masa keemasannya tidak berlangsung lama akibat krisis moneter 1998.

Di sisi lain, Vespa sudah mendapat tempat khusus di hati para penggemar otomotif Nusantara sampai saat ini. Bahkan belakangan skuter Piaggio Vespa kembali populer lewat produk-produk barunya. Selain model klasik, kini jalanan pun ramai dengan skutik Vespa, seperti New Primavera, GTS, LX, New Sprint, dan lain sebagainya.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka