Pesona 5 Danau Indah dan Tersembunyi di Papua

Masih jarang dikunjungi, keindahan alam dari 5 danau di Papua ini bakal memberi Anda momen berpertualang yang lebih istimewa.

Tikum Travel – Menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Papua telah menunjuk Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kota Jayapura, dan Kabupaten Jayapura sebagai tempat digelarnya ajang bergengsi tersebut. Tentunya, selain dapat menjadi momen untuk membangkitkan pembangunan di Papua, ajang PON kali ini juga akan memberi akses lebih kepada siapa saja yang tertarik mengeksplorasi keindahan alam Bumi Cendrawasih.

Sebab bukan cuma Raja Ampat saja, masih ada banyak destinasi wisata yang belum tereksplorasi secara maksimal di Papua. Untuk itu, berikut ini beberapa danau indah dan tersembunyi yang berada di daerah yang juga dijuluki sebagai Pulau Emas-nya Indonesia.

Danau Ayamaru

Terletak di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Ayamaru adalah sebuah danau karst. Menyuguhkan perairan jernih sebening kaca, sekeliling danau juga terlihat sangat asri dengan hamparan pepohonan hijau nan rimbun. Pun, berbagai jenis ikan hidup di danau ini, yang banyak dimanfaatkan untuk konsumsi warga setempat. Pengunjung juga bisa menyewa perahu warga untuk mengelilingi danau dan menjajal pengalaman menangkap ikan dengan tombak.

Danau Anggi Giji

Danau yang berada di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, ini juga menjadi salah satu destinasi dengan panorama yang sangat Instagramable. Perjalanan menuju ke danau pun tidak kalah indah. Padang rumput nan luas, jajaran bukit hijau, serta panorama perkampungan warga di sekitar danau bakal menyuguhkan pemandangan yang membuat siapa pun yang melintas akan takjub dengan keindahan alam Bumi Cendrawasih.

Jika ingin menikmati pemandangan danau secara jelas, pengunjung harus naik ke Bukit Kobrey. Selain dapat menyaksikan seluruh permukaan danau, pemandangan dari atas Bukit Kobrey juga menyuguhkan latar Pegunungan Arfak nan eksotis. Wah, itu bakal jadi spot ciamik untuk mengambil swafoto keren!

Danau Anggi Gida

Lokasi Danau Anggi Gida dan Anggi Giji memang berdekatan. Keduanya sama-sama terletak di sekitar Pegunungan Arfak. Menariknya, bagi warga sekitar, kedua danau ini disebut memiliki kelamin. Danau Anggi Gida adalah danau perempuan, sedangkan Danau Anggi Giji adalah danau laki-laki.

Konon, dahulu ada sepasang kekasih—yang merupakan nenek moyang suku Arfak—meninggal di sekitar lokasi danau. Karena lokasi tempat mereka meninggal terletak di sebuah cekungan, spot itu pun terisi air saat hujan dan kemudian berubah menjadi danau.

Namun, terlepas dari berbagai legenda yang menyelimuti tempat wisata ini, keindahan alam Danau Anggi Gida selalu mampu menghipnotis para pelancong. Gradasi airnya yang berwarna toska dan biru muda berpadu cantik dengan hamparan bukit hijau di sekelilingnya.

Danau Kamaka

Danau ini dapat Anda temukan di Teluk Triton, atau tepatnya berada di Kaimana, Papua Barat. Untuk mengakses danau ini, traveler harus menjelajah kawasan hutan yang masih sangat alami dan biasanya dipandu oleh penduduk lokal dari Desa Kamaka. Di sepanjang jalan, Anda bisa melihat langsung bagaimana burung endemik Papua hidup di kawasan hutan tersebut.

Tidak seperti danau pada umumnya, Danau Kamaka juga mengalami momen pasang-surut lho. Saat pasang, Anda bisa menikmati panorama perairan berwarna biru dengan tepiannya yang dikelilingi pepohonan lebat. Namun ketika masa surut tiba, sekitaran danau biasanya akan disulap menjadi ladang bercocok tanam oleh warga.

Danau Makamo

Anda dapat menjumpai danau ini di Kabupaten Dogiyai, Papua. Berada di ketinggian 1.700 mdpl, udara di sekitar danau begitu sejuk. Bentang alam Danau Makamo juga masih alami, dengan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Tidak hanya itu, air Danau Makamo juga dipercaya berkhasiat untuk berbagai penyembuhan penyakit, yang biasanya dilakukan dengan cara dipakai mandi atau diminum. Warga setempat juga memanfaatkan keberadaan Danau Makamo untuk mencari sumber makanan berprotein seperti ikan.

Itulah beberapa danau indah yang masih jarang dikunjungi di Papua. Mereka semua tentunya menunggu untuk dieksplorasi lebih jauh

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen