Persatuan Profesi Chef Dari Indonesian Chef Association

indonesia chef associatio

Makanan dan Kuliner adalah 2 hal yang saling berhubungan, dimana kuliner adalah kegiatan yang berhubungan dengan memasak atau aktivitas memasak, dan hasilnya adalah Makanan.

Setiap manusia dan mahluk hidup lainnya membutuhkan makanan, karena makanan adalah sumber energi bagi tubuh agar dapat melakukan berbagai aktivitas. Tanpa makanan, tubuh tidak akan mendapatkan energi.

Jadi perbedaan makanan dengan kuliner adalah, kuliner adalah kegiatan yang berhubungan dengan memasak sebagai salah satu bentuk pengolahan makanan, sementara makanan itu sendiri tidak harus diolah dengan cara memasak, karena merupakan sumber energi bagi tubuh yang bisa didapatkan dengan cara apapun yang baik.

Proses kuliner tidak lepas dari peran seorang Chef. Istilah Chef berasal dari bahasa Prancis “chef de cuisine” yang berarti “kepala dapur” yang tugasnya adalah membuat resep, menentukan dan menakar bahan-bahan masakan, memasak, juga menyajikan suatu hidangan yang enak rasanya, terlihat indah, dan layak untuk dibayar.

Profesi Chef saat ini sudah tidak bisa diremehkan lagi karena setara dengan kaum professional bidang lainnya. Bahkan jika seorang Chef bekerja sampai keluar negeri sudah pasti gaji juga akan sangat tinggi.
Indonesia sebagai negara yang kaya akan kuliner memiliki organisasi perkumpulan profesi Chef, yaitu INDONESIAN CHEF ASSOCIATION.

indonesia chef associatio 2

Indonesian Chef Association (ICA) berdiri di kota Bandung, tanggal 25 Januari 2007. Asosiasi ini berdiri atas kesepakatan para praktisi kuliner Indonesia.

Visi dan Misi terbentuknya ICA adalah sebagai wadah berkumpulnya semua profesi Chef Indonesia dalam berbagi informasi, pengalaman dan melestarikan kuliner Indonesia.

Pada Edisi ini kami akan membahas mengenai Badan Pengurus Daerah (BPD) DKI Jakarta. Struktur ini berada dalam naungan Badan Pengurus Pusat (BPP) yang dipimpin oleh seorang ketua umum / Presiden yaitu Bapak Henry Alexie Bloem.

indonesia chef associatio 3

Selama ICA Jakarta berdiri organisasi ini pernah dipimpin oleh beberapa nama mantan ketua, berikut diantaranya :

  1. Ketua BPD DKI Jakarta, Hendri Syamsul (2007 – 2012)
  2. Ketua BPD DKI Jakarta, Setiyanto Slamet (2012 – 2017)
  3. Ketua BPD DKI Jakarta, Syafrudin Banjer (2017-2022)
indonesia chef associatio 4

Untuk menjadi anggota dari ICA tidak ada syarat khusus baik untuk genre, usia dan profesi. Siapapun bisa bergabung asalkan orang itu pencinta kuliner baik dengan latar belakang karyawan swasta, wirausaha kuliner, hingga publik figur seperti para Celebrity Chef Indonesia.

Beberapa Chef Celebrity yang tergabung di ICA adalah : Ibu Sisca Soewitomo, Chef Yongki Gunawan, Chef Ragil, Chef Juna, Chef Chandra Yudasswara, Chef Vindy Lee, Chef Axhiang, Chef Kungfu Muto, dll.

indonesia chef associatio 5

BPD ICA Jakarta memiliki banyak agenda kegiatan rutin sebelum masa pandemi Covid-19, diantaranya adalah gathering, kunjungan pabrik, chef expo, sharing knowledges dan Bakti sosial kepada masyarakat.
Dan untuk kegiatan tahunan memiliki agenda rapat kerja daerah dan musyawarah daerah.

indonesia chef associatio 6
indonesia chef associatio 7

Sampai saat ini total seluruh anggota ICA secara nasional sudah mencapai 5000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia melalui struktur Badan Pengurus Daerah (BPD) ditingkat provinsi dan kota.

Jika anda memiliki hobi memasak dan bereksperimen dalam kuliner nusantara, mari bergabung menjadi bagian dari Indonesian Chef Association. Silahkan mendaftar melalui beberapa akun sosial media mereka dibawah ini.

Website : www.indonesianchefassociation.com
Facebook : Dapur ICA @dapuricaofc
Instagram : @dapuricaofficial

Sukses selalu untuk BPD ICA Jakarta dan ICA pusat, tetap terus mengembangkan, melestarikan dan memperkenalkan kuliner Indonesia ketingkat Internasional. Bravo Indonesian Chef Association!

“If you want to become a great chef, you have to work with great chefs. And that’s exactly what I did.”
Gordon Ramsay

Author: Andini

Andini, lengkapnya Restu Ayu Andini adalah Producer di Tikum (PT. Dehaen Media Berkat Indonesia) sejak Juli 2019 dengan expertise dibidang Video scrypt dan Copywriting. Menyukai perjalanan dan kuliner serta fashion. Ardini meluangkan banyak waktu untuk menulis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *