7 Perlengkapan Wajib saat Bersepeda

Gemar mengayuh sepeda (bicycle)? Jika iya, Anda tentu sudah sangat paham kalau tujuh perlengkapan berikut ini adalah item wajib untuk digunakan.

Tikum Bicycle – Rasanya, suatu hal mustahil bila ada orang di dunia ini yang tidak menyukai sepeda (bicycle). Pasalnya, mengayuh pedal sepeda di pagi atau sore hari sambil menikmati kesegaran dan keindahan alam sekitar adalah pengalaman paling menyenangkan sekaligus menenangkan bagi tiap individu dengan aktivitas padat setiap harinya.

Nah, buat yang baru saja ingin memulai aktivitas ini, Anda perlu tahu kalau bersepeda membutuhkan perlengkapan penunjang khusus agar sesi latihan tetap nyaman serta aman. Setidaknya, ada tujuh item perlengkapan wajib yang Anda butuh persiapkan.

Helm

Pelindung kepala atau helm merupakan perlengkapan pertama dan utama bagi seorang rider, baik pemula maupun profesional.

Umum diketahui bahwa kegiatan bersepeda juga rentan kecelakaan. Penyebabnya bisa jadi karena faktor jalanan licin, tabrakan dengan pengendara lain, atau keadaan fisik sepeda yang kurang optimal. Melihat kemungkinan-kemungkinan tersebut maka melindungi kepala dari benturan adalah upaya tepat untuk meminimalkan cedera yang mungkin dialami.

Pakaian Khusus Olahraga Sepeda

Pada dasarnya, bersepeda santai di sekeliling rumah tidak membutuhkan pakaian khusus sehingga Anda bisa menggunakan pakaian jenis apa pun yang nyaman, mulai dari daster, piama, celana tidur, dan sebagainya.

Akan tetapi, kondisi tersebut tidak berlaku bagi Anda yang bersepeda jarak jauh. Pilihan kostum di atas tentu kurang nyaman untuk dipakai saat sedang mengayuh sepeda berkilo-kilo jauhnya.

Oleh sebab itu, gunakanlah pakaian khusus pesepeda, biasa disebut jersey dan celana sepeda. Selain menyerap keringat karena berbahan dasar khusus, kostum ini juga dilengkapi padding (busa bagian belakang celana) yang berfungsi mengurangi rasa sakit pada bokong akibat terlalu lama duduk di atas jok sepeda.

Sarung Tangan

Gloves atau sarung tangan berfungsi untuk menjaga tangan Anda dari sengatan sinar matahari. Selain itu, benda ini juga bermanfaat melindungi tangan ketika terjatuh. Anda mungkin merasa canggung saat awal menggunakan sarung tangan. Namun, Anda akan terbiasa dengan sendirinya jika selalu menjadikan sarung tangan sebagai item wajib selama bersepeda.

Lampu

Aksesori satu ini sering terlupakan oleh riders. Akan tetapi, perlu diingat kalau lampu menjadi hal wajib bagi Anda yang lebih aktif menghabiskan waktu bersepeda di malam dan sore hari sepulang kerja. Tidak hanya lampu depan, Anda juga harus melengkapi sepeda dengan lampu belakang. Hal ini tentunya untuk membuat Anda cukup terlihat oleh pengendara lain. Supaya lebih optimal, belilah lampu yang terbukti tangguh di segala cuaca.

Sepatu Sepeda

Didesain khusus untuk bersepeda, sepatu sepeda (cycling shoes) memiliki fitur berbeda dengan sepatu biasa. Orang-orang menyebutnya cleat.

Fungsi cleat adalah mencegah kaki terpeleset dari pedal saat mengayuh. Dampaknya, Anda dapat melaju kencang melibas rute. Secara umum, sepatu sepeda ini dibagi dalam beberapa jenis, yaitu SPD, SPD-SL, sepatu sepeda gunung, sepatu sepeda balap, dan sepatu sepeda urban.

Kacamata

Selanjutnya adalah kacamata. Selain melindungi mata dari debu, asap, percikan air hujan, dan sinar UV, kacamata khusus ini juga berfungsi sebagai item fashion yang mempertegas penampilan seorang pesepeda. Berniat membeli? Jangan lupa untuk memperhatikan bentuk, warna, dan frame-nya!

Botol Air Minum

Terakhir, tetapi tidak boleh ketinggalan, adalah botol air minum. Anda tentu ingin terhindar dari dehidrasi selama perjalanan, bukan?

Saat ini, banyak sekali model, warna, dan bentuk botol air minum yang bisa dipilih. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan saja.

Itulah tadi tujuh perlengkapan wajib saat bersepeda. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko sepeda (bicycle) langganan. Jika dirasa sulit, Anda juga dapat membelinya secara online.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka