Perkumpulan Hobi Memasak Dalam Natural Cooking Club

Halo Sobattikum, siapa yang selama masa pandemic covid19 terpaksa harus masak sehari 3x, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam ? belum lagi menyiapkan camilan untuk suami dan si kecil ?

Kegiatan memasak menjadi semakin akrab untuk kita selama work from home dan membuat kita harus memutar otak untuk menyiapkan menu-menu setiap harinya untuk menghindari kebosanan. Karena alasan kesehatan akhirnya mau tidak mau kita harus memasak dengan bahan-bahan dan sayur-sayuran segar supaya terjaga kebersihan.

komunitas-ncc2

Seperti yang kita lihat di sosial media pada akhirnya ibu-ibu rumah tangga berkreasi dengan masakan rumahan dan dijadikan bisnis secara online untuk menambah penghasilan ditengah pandemic covid19, hal ini sama seperti visi dari profile komunitas tikum.id kali ini yang hobi memasak. Mari kita berkenalan dengan Natural Cooking Club (NCC).

komunitas-ncc

NCC berdiri pada tanggal 15 Januari 2005, dan sudah 15 tahun lalu perkumpulan ini berdiri dengan Visi mengajak banyak orang untuk melakukan bisnis makanan mulai dapur sendiri dan memanfaatkan dapur untuk mencetak pendapatan serta memperkuat ekonomi rumah tangga dari dapur sendiri.

Misi dari NCC adalah mengadakan pelatihan-pelatihan kuliner, memasak, membuat kue, mendekorasi kue, dan perangkat publikasinya kepada banyak orang, agar mereka makin pandai memproduksi makanan untuk bisnis.

NCC awal didirikan oleh Fatmah Bahalwan dibantu oleh suaminya R. wisnu Ali Martono, dan sampai hari ini pun masih diketuai oleh fatmah Bahalwan. NCC sendiri sebelumnya adalah organisasi internet dari Yahoo groups, kalau kita generasi yang lahir di tahun 90an dan pernah menggunakan yahoo pasti akan cukup familiar ya sehingga istilah “moderator” yang masih melekat.

komunitas-ncc3

Pada saat itu beberapa orang yang tergabung dalam yahoogrups diantaranya : R. Wisnu Ali Martono. Riana Ambarsari, Dewi Anwar, Yeni Suryasusanti, Eka Areishanti, dan Nadrah Shahab. Masing-masing memiliki tanggung jawab. Satu orang moderator yang ikut menjadi salah satu Tim Moderator yang sudah almarhumah adalah Ruri Soeyahmoen.

Profesi dari anggota di NCC sangat beragam, ada Ibu Rumah Tangga, Pelaku bisnis UKM, pelaku Bisnis lainnya, pekerja kantoran, dokter dan Insinyur, dll. Dengan usia rata – rata di 20 sampai dengan 60 tahun.

Karena ikatan yang cukup lama member NCC sangat unik, memiliki anggota yang sangat loyal, fanatik makanan sehat tapi tetap permisif, suka masak, suka makan, dan sangat semangat menjalankan bisnis makanan dari rumah. Berbeda dengan kelompok lain dan hanya mengajarkan anggotanya menjadi penikmat makanan saja. Awal dari Anggota di Yahoogroup ada lebih dari 17K, anggota di FB Group lebih dari 130K, dan perkembangan Follower in Instagram NCC saat ini tercatat 44.4K.

Anggota group NCC ada diseluruh Indonesia dan terorganisir di beberapa kota besar.

  • Pulau Jawa : Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Malang.
  • Pulau Sumatera : Lampung, Palembang, Medan, Aceh.
  • Pulau Kalimantan : Balikpapan, Samarinda, Pontiananak.
  • Pulau Sulawesi : Makassar.
  • Pulau Papua : Jayapura.

Youtube Channel

komunitas-ncc-youtube-illustratiion
komunitas-ncc5
Doll Cake Competition & Another MURI Record

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang NCC atau ingin bergabung, bisa mengakses di beberapa akun sosial media mereka seperti,

Facebook group: Natural Cooking Club
Instagram: @Naturacookingclub
Youtube Channel : FATMAH BAHALWAN
website : www.NCC-Indonesia.com

Selayaknya perkumpulan / komunitas sudah pasti NCC memiliki banyak kegiatan positif dan menyenangkan, apa sajakah itu ? berikut ulasannya :

  1. 24 jam diskusi kuliner di group secara online
  2. Kursus Kuliner, memasak dan membuat kursus di markas NCC Matraman. Setiap minggu ada kelas-kelas masak di toko-toko bahan kue yang bekerjasama dengan NCC.
  3. Setiap bulan dan triwulan diadakan Kopi Darat di NCC Cluster berupa Cooking/Baking Party.
  4. Setiap Tahun ada Kopi Darat Akbar, biasanya memanfaatkan moment Halal Bi Halal. Bisa dipusat di Jakarta, atau di NCC daerah.
  5. Setiap 3 tahun diadakan acara NCC Expo.

Namun selama masa pandemic Covid19 banyak kegiatan yang saat ini dilakukan NCC di social media Instagram, seperti mengadakan tantangan memasak dengan salah satu brand keju yang tentunya bisa sobat tikum ikuti untuk mendapatkan hadiah.

Hadiahnya beragam dan menarik diantaranya peralatan memasak seperti mixer, Teflon, oven, dan masih banyak lagi. Jadi tidak ada alasan untuk bemalas-malasan selama dirumah ya, kita tetap bisa produktif dan kreatif bersama komunitas NCC, silahkan intip dan ikutan yah.

“Cooking is like painting or writing a song. Just as there are only so many notes or colors, there are only so many flavors – it’s how you combine them that sets you apart.”
Wolfgang Puck

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tunjukkan Komen (3)