Perkumpulan CamperVan Indonesia, Komunitas Wisata Camping Van

Tikum Otomotif  – Berlibur dengan menggunakan kendaran pribadi atau rekreasi kendaraan saat ini menjadi sebuah trend baru. Apalagi saat pandemi seperti sekarang kegiatan berlibur dengan campervan dirasa lebih aman dilakukan bersama keluarga.

campervan indonesia 2

Campervan merupakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap seperti layaknya rumah. Ada dapur, tempat tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan. Campervan adalah salah satu transportasi sekaligus cara favorit untuk jelajah. Berbagai pilihan energi pendukung juga bisa dipilih seperti menggunakan gas, baterai, atau listrik induk.

Campervans dapat dilengkapi dengan atap “pop-up” yang dinaikkan selama berkemah atau atap tetap, baik dibagi dengan van komersial yang membentuk dasar kendaraan atau model kustom.

Lalu apa perbedaan campervan dan motorhome? Istilah motorhome terkadang sering digunakan secara bergantian dengan campervan, tetapi perbedaan motorhome lebih kepada kabin kendaraan yang lebih besar dari campervan serta dilengkapi dengan toilet dan pancuran kustom agar lebih nyaman. Sementara campervan lebih kepada model yang lebih kecil dan sering membawa toilet portable atau shower eksternal yang beroperasi dalam privasi tenda, sehingga memberikan kemudahan dalam mobilitas dan biaya yang lebih rendah.

Beberapa negara di dunia memiliki istilah yang berbeda mengenai campervan, Amerika mengenal Recreational Vehicle (RV) dan Britania Raya mengenal Dormobile. Negara di luar negeri yang paling banyak di minati para pemilik campervan adalah Selandia Baru dan Australia.

Indonesia juga banyak memiliki tempat menarik untuk dijelajahi para penggemar Campervan, Karena selain memangkas biaya sewa hotel, Anda mungkin akan terkejut oleh pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan seperti Gunung Pancar, Camp Ground Sukamantri, Curug Cipamingkis, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dll.

Lalu bagaimana di negara kita? Apakah cukup banyak penggemar campervan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita berkenalan dengan perkumpulan CamperVan Indonesia.

Perkumpulan CamperVan Indonesia (CVI) dicetuskan oleh beberapa orang penggiat kemping bermobil pada tanggal 29 Septeber 2019. Pada saat itu diadakan acara Kopdar di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Hingga akhirnya secara resmi didirikan dengan pengesahan Akta Notaris yang ditandatangani oleh 16 orang pendiri.

CVI mempunyai VISI untuk menjadi perkumpulan otomotif kebanggaan bangsa Indonesia yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi para anggotanya, masyarakat sekitar, bangsa dan negara. Sedangkan MISI CVI adalah:

  1. Menyediakan data-base informasi dan referensi lokasi yang dapat digunakan untuk kemping menggunakan mobil di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Menyediakan forum diskusi tentang pengetahuan dalam membangun sebuah campervan seperti modifikasi, kelistrikan dan sarana yang diperlukan lainnya.
  3. Menyelenggarakan pelatihan yang berhubungan dengan tertib lalu lintas dan keselamatan berkendara.
  4. Menggalang kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang kepariwisataan secara umum khususnya Nomadic Torism.
  5. Menjalin hubungan baik dengan Ikatan Mobil Indonesia (IMI), organisasi -organisasi dan/atau perkumpulan – perkumpulan otomotif lainnya, penyedia/pengelola lokasi wisata dan sarana pendukung lainnya.
  6. Mencari, memfasilitasi dan membuka area baru untuk dijadikan tempat kemping bermobil (Campervan Park/Site)

Perkumpulan ini mempunya struktur pengurus dalam menjalankan roda organisasi, baik di pusat dan daerah. Mereka adalah:

  • Ketua: Muhamad Slamet
  • Sekretaris: Renato Poetra Fajar
  • Bendahara: Anton
  • Humas: Subhan Hadi Susilo

Para anggota CVI berasal dari berbagai latar belakang profesi dan strata sosial. Usia para anggota berada pada rentang antara 30 hingga diatas 60 tahun. Dengan jumlah anggota lebih dari 11.000 orang yang tergabung dalam grup Facebook CamperVan Indonesia.

Sampai saat ini di beberapa daerah sudah terbentuk pengurus wilayah sesuai dengan kondisinya masing-masing, seperti: CVI Bali, CVI Jawa Barat, CVI Jawa Tengah-Yogyakarta, CVI Jawa Timur, CVI Sriwijaya, CVI Riau.

campervan indonesia 3
campervan indonesia 4

Kami bertanya kepada perwakilan CVI mengenai apa keistimewaan perkumpulan ini? Dan beliau menjawab “yang unik dari CamperVan Indonesia adalah tidak membedakan jenis dan merk mobil, siapa pun bebas memodifikasi mobilnya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kegiatannya juga menguatkan ikatan keluarga, mengusung konsep selalu berada di rumah meskipun saat melakukan kegiatan berkemah karena “Home is Where We Park Our Car.”

Semua jenis mobil bisa bergabung menjadi anggota CamperVan Indonesia, mulai dari jenis Sedan, Jeep, LGCC, Bus, Truk, Minibus dan lainnya. CVI percaya bahwa kegiatan kemping bermobil yang dilakukan senantiasa membawa kebahagiaan bagi setiap individu yang menjalaninya.

campervan indonesia 5
campervan indonesia 6
campervan indonesia 7

Untuk bisa bergabung dalam grup Facebook CamperVan Indonesia tidak ada persyaratan khusus. Cukup menjawab pertanyaan petugas Admin. Namun, kedepannya untuk menjadi anggota resmi yang terdaftar akan ditentukan syarat-syaratnya sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Perkumpulan CamperVan Indonesia.

Tidak ada perbedaaan kegiatan sebelum maupun pada saat pandemic Covid-19, selain penerapan Protokol kesehatan dalam kegiatan perkumpulan CVI. Berikut beberapa rangkaian kegiatan mereka dalam beberapa periode.

  • Mingguan: Kemping bersama dalam grup kecil yang terdiri dari 5 – 8 mobil.
  • Bulananan: Kemping bersama di masing-masing wilayah dan pada momen-momen liburan panjang dibuatkan kegiatan Overland antar kota antar propinsi bahkan antar pulau.
  • Tahunan: Jambore Nasional CamperVan Indonesia dimana untuk pertama kali direncanakan diadakan di Pulau Bali.

Bagaimana sobattikum, seru bukan sejarah dan kegiatan CVI. Jika Anda tertarik bergabung dalam perkumpulan ini jangan ragu untuk menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.
Facebook: Camper Van Indonesia CVI
Instagram: @camper_indonesia

Kami senang bisa turut memperkenalkan perkumpulan ini dalam mendukung promosi pariwisata nasional. Semoga perkumpulan ini semakin bertambah solid dan besar di masa depan.
Bravo Campervan Indonesia!

“I’m a camper. I love being out in the wilderness.”
Chad Michael Murray


HiBy R3Pro MP3 Network Streaming Music Player HiRes Lossless Digital Audio Tidal MQA 5Gwifi LDAC DSD web radio dual CS43131
Anda mungkin suka