Peringatan Reformasi Indonesia

Tikum People  – Sobattikum hari ini kita peringati hari Reformasi Indonesia.

Sejarah mencatat hari Reformasi yang memiliki asal usul Krisis multi dimensi di Indonesia. Sebagai trigger utama sebenarnya adalah krisis finansial Asia atau krisis moneter yang menyebabkan ekonomi Indonesia melemah dan semakin besarnya ketidakpuasan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahan pimpinan Soeharto saat itu menyebabkan terjadinya demonstrasi besar-besaran yang dilakukan berbagai organ aksi mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia.

Pemerintahan Soeharto semakin disorot setelah Tragedi Trisakti pada 12 Mei 1998 yang menyebabkan 4 mahasiswa tertembak mati kemudian memicu Kerusuhan Mei 1998 sehari setelahnya. Gerakan mahasiswa pun meluas hampir diseluruh Indonesia.

peringatan-hari-reformasi-nasional2

Di bawah tekanan yang besar dari dalam maupun luar negeri, Soeharto akhirnya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannyadan digantikan oleh Habibi.

Sobattikum, krisis yang terjadi pada periode diatas menyisakan rasa sakit dan luka bagi kita dan saudara kita yang terbabit dengan kejadian-kejadian reformasi, maka dari itu hingga saat ini kita bersama-sama peringati Hari Reformasi Indonesia.

Anda mungkin suka