Peringati Hari Bulan Sabit Merah dan Palang Merah Sedunia

Tikum People  – Hari ini sebagai hari untuk peringati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia sebagai perayaan tahunan mengenai prinsip-prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional . Hari untuk peringati Bulan Sabit Merah Palang Merah Sedunia dirayakan pada tanggal 8 Mei setiap tahun.

Tanggal ini adalah peringatan kelahiran Henry Dunant , yang lahir pada 8 Mei 1828. Ia adalah pendiri Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan penerima Hadiah Nobel Perdamaian pertama.

Gagasan untuk “aksi tahunan yang dapat dilakukan di seluruh dunia yang akan menjadi kontribusi besar bagi perdamaian” diperkenalkan tepat setelah Perang Dunia I.

Inisiatif ini, yang dikenal sebagai “Gencatan Palang Merah”, dipelajari oleh Komisi Internasional yang dituk pada Konferensi Internasional Palang Merah ke-14. Laporannya, disampaikan kepada Konferensi Internasional Palang Merah ke-15 di Tokyo pada tahun 1934, dan disetujui.

Hanya setelah Perang Dunia II, pada tahun 1946, proposal Tokyo dipelajari oleh Liga Masyarakat Palang Merah (LRCS), berganti nama menjadi Federasi Internasional Masyarakat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)pada tahun 1991.

Dua tahun kemudian, setelah mempertimbangkan prinsip-prinsip gencatan senjata dan penerapannya di berbagai wilayah di dunia, proposal Hari Palang Merah Internasional diadopsi dan Hari Palang Merah pertama dirayakan pada tanggal 8 Mei 1948 Judul resmi hari berubah dari waktu ke waktu, dan menjadi “Palang Merah Dunia dan Hari Bulan Sabit Merah” pada tahun 1984.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka