Lakukan 5 langkah perawatan bibir ini untuk sempurnakan penampilan!

Bibir kering, pecah-pecah, pucat, atau bahkan kusam? Tentu hal ini membuat Anda kurang percaya diri. Solusinya, lakukan lima langkah perawatan bibir berikut!

Tikum Fashion – Bibir kering, pecah-pecah, pucat, atau bahkan kusam? Tentu hal ini membuat Anda kurang percaya diri. Solusinya, lakukan lima langkah perawatan bibir berikut!

Bagi kaum hawa, bibir adalah salah satu bagian tubuh yang perlu mendapat perawatan ekstra. Pasalnya, anggota tubuh ini sering kali mengalami masalah, mulai dari bibir pucat, menggelap, kering, hingga pecah-pecah. Bayangkan saat penampilan sudah maksimal, tetapi bibir tampak kurang terawat. Tentunya, hal ini bisa membuat kepercayaan diri luntur seketika.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahuil perawatan bibir yang baik dan benar. Jangan sampai salah langkah! Yuk, ikuti beberapa tips perawatan bibir berikut!

1. Eksfoliasi

Seperti halnya kulit pada bagian tubuh lain, kulit bibir juga perlu dieksfoliasi. Proses eksfoliasi bagus untuk membuat tekstur bibir lebih lembut dan lembap. Namun, perlu diingat! Tidak disarankan melakukan eksfoliasi terlalu sering. Cukup 2 atau 3 kali seminggu agar bibir tak terlalu sensitif.

Salah satu produk perawatan bibir untuk eksfoliasi adalah lulur bibir. Ada beragam lulur bibir yang beredar di pasaran dan masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Sebaiknya, pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami yang membantu menyehatkan dan mempercantik bibir. Sebagai contoh, minyak jojoba, madu, gandum, bubuk kopi, madu, bubuk kenari, minyak alpukat, dan mentega shea.

Selain membeli lulur bibir, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan di rumah, lo. Sebut saja, gula, kayu manis, minyak zaitun, minyak kamelia, dan minyak jarak. Aplikasikan pada bibir dan gosok secara lembut selama beberapa menit. Setelah itu, lap bibir dengan kapas untuk membersihkan sisa-sisa bahan yang masih menempel.

2. Tetap terhidrasi

Salah satu penyebab utama dari masalah-masalah bibir adalahnya dehidrasi. Berbeda dengan anggota tubuh lain, bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga sangat mudah kering. Selain itu, kulit bibir juga sangat tipis dan rapuh. Oleh karena itu, Anda wajib mencukupi kebutuhan air setiap hari untuk menghindari luka-luka seperti mengelupas dan pecah-pecah.

3. Ikuti diet gizi seimbang

Apa hubungannya diet dengan kesehatan bibir? Bibir tidak harus selalu dirawat dari luar. Perawatan dari dalam melalui nutrisi makanan dan minuman justru jauh lebih efektif. Hindari asupan yang kurang sehat, seperti makanan asin dan terlalu pedas.

Sebaiknya, perbanyak sumber-sumber bergizi tinggi. Contohnya, kenari yang mengandung asam lemak omega-3, senyawa yang membantu proses regenerasi kulit bibir. Kacang-kacangan ini dapat disantap bersama oatmeal, selada, atau yoghurt.

Setiap nutrisi dalam makanan memiliki peran tersendiri dalam merawat bibir. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang mampu melembutkan kulit. Kemudian, ada vitamin B yang melindungi kulit bibir dari pecah-pecah dan paparan sinar matahari. Adapun vitamin A yang mendukung kesehatan kulit seluruh tubuh. Anda dapat memilih sumber-sumber vitamin ini sebagai bagian dari diet gizi seimbang.

4. Bersihkan make up sesudah beraktivitas

Walau ada banyak kosmetik yang mengandung bahan natural, tak dapat dimungkiri bahwa produk kecantikan ini lebih banyak menyimpan material kimia. Semakin lama menggunakan make up, kulit akan semakin kesulitan “bernapas” dan memicu munculnya berbagai masalah. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan lipstik, lip balm, lip tint, atau bahkan lip cream dari bibir Anda setelah beraktivitas.

5. Gunakan produk perlindungan yang tepat

Kegiatan di luar ruangan bisa mempercepat datangnya masalah pada kulit bibir. Makanya, penting untuk mengaplikasikan produk perlindungan yang pas. Sebagai contoh, lip balm yang mengandung tingkat SPF di atas 15.

Itulah lima langkah perawatan bibir yang bisa Anda jadikan pedoman untuk menyempurnakan penampilan. Bukan hanya untuk kecantikan, bibir yang dirawat dengan baik dan benar juga bagus untuk menghindarkan dari masalah kesehatan yang lebih parah. Semoga tip-tips tadi membantu dan jangan lupa bagikan info ini pada orang-orang di sekitar Anda!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka