Peningkatan Pengguna Sepeda Di Kota Jakarta

Survey The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Sejak diberlakukan PSBB Transisi yang dimulai pada tanggal 5 Juni 2020, pengguna sepeda di Jakarta tercatat naik 10 kali lipat dari sebelumnya.

Bersepeda menjadi pilihan banyak warga Jakarta untuk berolahraga saat pemberlakuan sistem Normal Baru (New Normal), setelah sebelumnya melakukan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Survey The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Sejak diberlakukan PSBB Transisi yang dimulai pada tanggal 5 Juni 2020, pengguna sepeda di Jakarta tercatat naik 10 kali lipat dari sebelumnya.

Survei perhitungan ini mereka lakukan pada hari kerja di jam sibuk yakni pukul 06:30 WIB hingga 08:00 WIB. Dari hasil perhitungan memperlihatkan terjadi peningkatan jumlah pengguna sepeda pada titik tertentu di Jakarta selama PSBB Transisi sebesar 1.000 persen.

Hal ini menjadi peluang bagi pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong penggunaan sepeda sebagai moda transportasi alternatif di masa PSBB transisi saat pandemi COVID-19.

-kenaikan-pengguna-sepeda-di-jakarta-2

Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan oleh ITDP bersama dua organisasi lainnya, yaitu Bike to Work Indonesia (B2W) dan TfJ-FDT adalah disediakannya jalur sepeda sementara yang kini hadir di koridor Thamrin-Sudirman dimulai sejak 13 Juni 2020.

ITDP dan dua organisasi lainnya mengapresiasi kehadiran jalur sepeda sementara yang terproteksi disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan harapan para pesepeda dapat merasa aman selama beraktivitas sehingga semakin banyak masyarakat yang menjadikan sepeda sebagai transportasi alternatif di masa pandemi.

Saran kami di tikum.id bagi para pencinta sepeda untuk tetap juga menjalankan protocol kesehatan bersama dengan tidak lupa memakai masker atau face protector.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka