Penggemar Anjing Kintamani Dari HTAKB

Tikum Animal Lovers – Keindahan dan pesona alam Indonesia yang sudah mendunia merupakan sebuah anugerah bagi kia bangsa Indonesia, selain itu alam kita juga memiliki kekayaan flora dan fauna dari Sabang sampai Merauke. Hal ini terbukti dengan terdapat banyak sekali hewan Endemik rasnya Indonesia, seperti : Komodo, Burung Cenderawasih, Banteng Anoa, Harimau Sumatera, dll.

Saat ini kami juga ingin menggali lebih dalam mengenai hewan rasnya pulau Bali dan kami kategorikan sebagai hewan Endemik Indonesia yaitu Anjing Kintamani-Bali.

Anjing Kintamani-Bali adalah hewan peliharaan biasa di Indonesia. Trah ini asli berasal dari desa Sukawana, di kecamatan Kintamani. Breed ini berasal dari daerah pegunungan dan hutan. Berdasarkan Lontar Bali yang sangat kuno, yaitu sebuah dokumentasi tradisional Bali menyebutkan tentang Kuluk Gembrong yang di yakini sebagai asal mula Anjing Kintamani-Bali.

Warna bulu rasnya anjing ini memang berwarna putih, namun ada juga anjing Kintamani yang berwarna hitam, cokelat kekuningan dan belang – belang.

komunitas anjing kintamani 2

Trah ini sudah mendapat pengakuan dan serifikat resmi dari Federation Cynologique Internationale (FCI), yang berpusat di negara Belgia, yaitu sebuah organisasi internasional membawahi induk organisasi anjing trah di seluruh dunia.

Di Indonesia ada perhimpunan yang menaungi komunitas penggemar Anjing Kintamani dari HIMPUNAN TRAH ANJING KINTAMANI-BALI (HTAKB).

komunitas anjing kintamani

HTAKB berdiri pada tanggal 2 Desember 2010, perhimpunan ini dibentuk dari para penggemar Anjing Kintamani-Bali.

Visi terbentuknya HTAKB bertujuan untuk Pemuliabiakan, menyebarkan informasi tentang Anjing Kintamani-Bali. Sedangkan Misi HTAKB yaitu :

  1. Menghimpun penggemar Anjing Kintamani-Bali
  2. Memperkenalkan Anjing Kintamani-Bali di Indonesia dan tingkat dunia
  3. Membantu proses pengakuan Anjing Kintamani-Bali menjadi trah yang diakui secara internasional.

Sejak berdiri HTAKB pernah dipimpin oleh beberapa nama seperti

  1. I Putu Wijaya Putra (Purna tugas)
  2. I Putu Ricang Kusumajaya (Ketua saat ini)

HTAKB juga merupakan wadah untuk seluruh anggota bisa bersilaturahmi dari berbagai genre, usia dan latar belakang profesi. Para anggota HTAKB terdiri dari berbagai profesi, seperti Pengusaha, Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Sipil, Mahasiswa, Dokter, TNI, Purnawirawan.

Sampai saat ini kepengurusan HTAKB di Indonesia telah tersebar di 6 kota, yaitu : Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Bali.

Sebelum pandemik Covid-19 melanda Indonesia HTAKB memiliki banyak kegiatan rutin. Mari kita lihat apa saja kegiatan mereka.

komunitas anjing kintamni 3
komunitas anjing kintamani 4

Kegiatan Mingguan : Secara online ada group WhatsApp dan group Facebook sebagai tempat berdiskusi seputar kegiatan dari Ini selalu ada sepanjang tahun. sedangkan kegiatan mingguan lainnya adalah kumpul untuk berbagi informasi, pengalaman, serta latihan bersama.

Kegiatan bulanan : acara dog show di berbagai kota yang diadakan oleh induk organisasi.

Kegiatan tahunan : Pameran Nasional Anjing Kintamani-Bali

komunitas anjing kintamani 5
komunitas anjing kintamani 6

Jika anda penggemar dari Trah ini dan mulai tertarik bergabung bersama mereka dan menjadikan anjing ini sebagai “anggota” keluarga baru, silahkan melihat di akun sosial media HTAKB. Nantinya Tim admin mereka akan memberikan panduan untuk anda mengenai cara bisa bergabung.

Facebook : Anjing Kintamani Public Group

Kami sangat bangga bisa memberitakan Perkumpulan seperti ini karena ikut melestarikan satwa Endemik Indonesia. Semoga HTAKB semakin besar dan solid di seluruh Indonesia.

“Don’t talk about heaven if you’ve never been to Bali”.

Toba Beta

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka