Pencinta Kuliner Wajib Mencicipi 6 Masakan Asian Fusion Berikut!

Bosan dengan hidangan khas Asia yang biasa? Ingin sentuhan yang unik? Ayo, langsung coba 6 kuliner Asian fusion ini! Pasti bikin ketagihan deh!

Bosan dengan hidangan khas Asia yang biasa? Ingin sentuhan yang unik? Ayo, langsung coba 6 kuliner Asian fusion ini! Pasti bikin ketagihan deh!

Apakah Anda bosan dengan makanan yang biasa-biasa saja? Ingin mencoba sesuatu yang unik, seperti hidangan campuran? Kuliner yang disebut juga sebagai fusion food ini merupakan inovasi yang memadukan beberapa unsur masakan dari dua atau lebih budaya yang berbeda demi menghasilkan suatu hidangan baru. Selain memperhatikan estetika tampilan, fusion food juga menghadirkan rasa baru.

Nah, salah satu jenis hidangan campuran yang paling diminati ialah Asian fusion, yakni masakan yang memasukkan unsur budaya Asia di dalamnya. Penasaran apa saja makanan yang termasuk Asian fusion? Simak daftarnya berikut ini!

1. Quesadilla Kimci

Bagaimana jadinya quesadilla khas Meksiko berpadu dengan kimci ala Korea? Terbayang gurih dan pedasnya, kan? Quesadilla kimci merupakan hidangan Asian fusion yang patut Anda coba!

Lembaran-lembaran tipis tortila akan diisi dengan kimci yang terbuat dari sayur-mayur terfermentasi. Lalu, jika ingin lebih spesial, masakan ini bisa ditambahkan keju. Meskipun terdengar tidak cocok, nyatanya keju dan kimci sangat pas dijadikan isian quesadilla. Setelah menaruh isian, quesadilla kimci akan dimasak di atas pemanggangan. Tekstur berkrim dan renyahnya membuat ketagihan!

2. Piza Susyi

Piza dan susyi digabung jadi satu masakan? Benarkah rasanya bisa pas? Piza susyi bukanlah inovasi baru, melainkan sudah diciptakan pada Mei 1993. Sang inovator, Kaoru Ohsada, merupakan koki di Nami Japanese Seafood Restaurant yang ada di Toronto, Kanada. Ia menjadikan lembaran nori sebagai dasar, lalu menambahkan nasi goreng di atasnya.

Nasi goreng dapat diisi dengan berbagai pelengkap, seperti udang, salmon, tuna. Kemudian, bagian tepi dari masakan ini dibentuk menyerupai pinggiran piza dan dapat diisi dengan pelengkap, seperti keju, sosis, atau ham. Sebagai sentuhan akhir, piza susyi akan ditaburi berbagai bahan, misalnya, irisan kubis, daun bawang, seledri, dan mayones.

3. Taco Pad Thai

Taco pad thai merupakan kuliner yang memadupadankan masakan ala Thailand dan Meksiko. Lembaran tortila panggang akan dilipat setengah lingkaran, lalu diisi dengan pad thai, yaitu kwetiau goreng berisi aneka sayur, daging, dan makanan laut. Setelah itu, taco pad thai dapat ditaburi pelengkap seperti cincangan kacang, daun ketumbar, dan daun bawang.

4. Kroisan California

Kroisan diisi dengan susyi? Memangnya ada? Walaupun terdengar “aneh”, ternyata hidangan ini benar-benar ada, lo. Kroisan California merupakan inovasi dari koki pastri di Mr. Holmes Bakehouse, sebuah toko roti yang terletak di San Fransisco.

Susyi pada kroisan California diisi dengan salmon asap, rumput laut panggang, acar jahe, dan wasabi. Kemudian, bagian luar kroisan ditaburi dengan furikake, yakni rempah-rempah kering berupa ikan kering, wijen, gula, garam, dan rumput laut cincang. Unik, ya?

5. Spageti Tom Yam

Ketika mendengar nama tom yam, pasti akan terbayang rasa asam, pedas, dan segarnya masakan tersebut. Hidangan berkuah khas Thailand ini ternyata bisa digabungkan dengan spageti, lo. Tekstur pasta yang sedikit kenyal bersatu dengan aroma udang nan gurih dapat menggugah selera Anda!

6. Panna Cotta Matcha

Tidak ingin masakan Asian fusion yang asin dan gurih? Cobalah hidangan penutup unik yang satu ini. Panna cotta khas Italia yang empuk dan lumer di mulut bergabung dengan matcha, bubuk teh hijau khas Jepang. Rasa manis dan agak pahit benar-benar menjadi sensasi baru di lidah.

Sekian pembahasan tentang 6 masakan Asian fusion yang tidak boleh sampai terlewatkan. Mulai dari pedas, gurih, hingga manis, hidangan seperti ini cocok bagi Anda yang jenuh dengan kuliner nan sudah dianggap lazim. Yuk, langsung cicipi rekomendasi makanan-makanan di atas!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka