Pencinta Border Collie, Si Anjing Gembala Dari Furry Hill Kennel

Border Collie adalah

TikumAnimal Lover – Border Collie adalah anjing dengan energi, stamina, dorongan kerja yang tidak terbatas, dan menjadikan mereka anjing penggembala utama yang masih digunakan untuk menggembalakan ternak di seluruh dunia. Seperti apa kisah trah ini di Indonesia? Simak selengkapnya di Tikum.id

 Fury Hill Kennel 1

Kebanyakan anjing memang sudah dikaruniakan kecerdasan tetapi dengan cara yang berbeda. Ras pekerja belajar bagaimana melakukan pekerjaan dengan cepat karena naluri dan kemampuan alami mereka, sementara ras lain termotivasi berdasarkan keinginan kuat mereka untuk menyenangkan. Tetapi kecerdasan saja tidak secara otomatis karena anjing butuh manusia untuk melatihnya agar menjadi hewan peliharaan yang baik.

Berbagai organisasi internasional seperti The Kennel Club (United Kingdom), Federation Cynologique Internationale (Belgia) dan American Kennel Club (Amerika Serikat) juga mengakui bahwa trah ini masuk dalam top 5 kategori anjing yang cerdas. Pada awalnya Trah Border Collie dikembangkan untuk membantu manusia dalam kegiatan mengumpulkan dan mengendalikan kawanan ternak seperti domba dan sapi di perbatasan negara berbukit antara Skotlandia dan Inggris.

Mereka dikenal karena tatapan mata tajam yang digunakan untuk mengontrol kawanannya. Memiliki kecerdasan, kecepatan dan tatapan tajam dalam mengawasi kawanan ternak yang mereka jaga. Masih ada lagi, Border Collie juga unggul dalam berbagai olahraga anjing, termasuk kepatuhan, bola terbang, kelincahan, pelacakan, dan kompetisi menangkap cakram terbang. Mereka bisa menjadi teman keluarga yang hebat, selama mereka mendapat banyak latihan fisik dan mental.

Lalu seperti apa trah ini di Indonesia? kemana kita bisa mengadopsinya? Nah, akan Semakin menarik untuk mengenal Border Collie jika kita mendapatkan informasi dan tempat yang tepat untuk memilikinya seperti FURRY HILL KENNEL.

Fury Hill Kennel 2

Furry Hill Kennel (FHK) terletak di Lembang, Jawa Barat, Indonesia. Berdiri pada tahun 2012 atas inisiatif dari Ateng Suwita dan Eric Stephanus Setiawan.

Visi di bentuknya FHK adalah untuk mengembangkan trah ini di Indonesia agar berguna sebagai anjing keluarga atau partner kerja.

Misi FHK adalah untuk memberdayakan trah Border Collie, sekaligus memberikan edukasi yang baik dan benar kepada masyarakat khususnya calon adopter mengenai segala kelebihan trah ini.

Berawal dari kisah salah satu pendiri kennel yang melihat trah ini pada tayangan di channel satwa internasional sekitar tahun 2000/2001 yang membuat Eric berniat memiliki trah ini. Namun, ia tidak menemukannya di Indonesia. Hingga Pada akhir tahun 2010 ketika Eric sedang berada di Australia dan akan pulang ke Indonesia, akhirnya muncul niat dan tekad “whatever it takes” ia harus membawa pulang trah ini ke Indonesia untuk di budidayakan secara baik dan benar.

Hal lain yang memperkuat tekad Eric adalah karena keluarganya memang suka akan anjing sebagai binatang peliharaan. Akhirnya ia memutuskan untuk serius memberdayakan trah ini melalui Furry Hill Kennel dengan harapan agar di masa depan trah ini bertumbuh populasinya dan masyarakat Indonesia yang suka dan pencinta Border Collie bisa lebih mudah mendapatkan dengan kualitas terbaik.

Kami juga bertanya kepada salah satu founder Kennel ini mengenai apa yang keistimewaan dari trah ini menurut versi mereka? dan Eric menjawab “selain cerdas dan aktif, trah ini merupaka the highest intelligence dog, Hal ini juga diakui oleh berbagai organisasi kennel internasional.” Dia menambahkan bahwa dirinya mampu mengetahui setiap calon pembeli dari Kennelnya apakah mereka berpengalaman atau tidak dalam melatih Anjing, dan banyak dari mereka yang ternyata sangat berhasil melatih Border Collie pilihan mereka menjadi anjing yang pintar dan penurut. Bagi Eric ini trah ini sangat istimewa bukan?

Fury Hill Kennel 3
(Foto Eksklusif tikum.id Furry Hill Kennel)
Fury Hill Kennel 4
Fury Hill Kennel 5

Berbagai kalangan bisa memelihara kalau mereka serius berkomitmen dan suka dengan jenis ini. Border Collie itu adalah jenis anjing pekerja, dan mereka butuh banyak aktivitas yang bisa menstimulasi secara mental dan fisik. Karena trah ini memang dikembangkan untuk bekerja oleh berbagai generasi.

Fury Hill Kennel

Sebagai contoh, jika calon pemilik Border Collie gaya hidupnya suka berolahraga/aktifitas di ruangan terbuka seperti jogging, hiking, pemilik peternakan, dll. Maka mereka sudah sedikit lebih mudah untuk memfasilitasi kebutuhan Border Collie. Namun, jika Anda sekeluarga termasuk orang yang punya aktivitas tinggi di luar rumah, tidak ada waktu luang, dan sering meninggalkan Border Collie di rumah seharian maka sebaiknya Anda harus berpikir ulang secara matang untuk memelihara trah ini. Sebab trah ini adalah tipe ‘Working Dog.’

Anjing dengan tipe dan karakter pekerja akan mudah kebosanan dan jika tidak ada aktifitas mental mereka bisa jadi ‘perusak’ sehingga membuat pemilik dan anjing peliharaan bisa stress. Tentunya kalau sudah seperti ini anjing menjadi terabaikan atau malah dibuang. ini menjadi problem tidak hanya di Indonesia dan jangan menjadi bagian dari persoalan ini. Jadi saran kami jika anda berniat memelihara Anjing perlakukanlah selayaknya bagian dari keluarga dan bukan sekedar “peliharaan.”

Saat ini komunitas pemilik dan pencinta Border Collie memang belum terlalu banyak dibandingkan trah anjing lainnya. jumlah pemilik Border Collie di Indonesia kemungkinan belum mencapai 500 ekor. Namun, hasil anakan Border Collie yang berasal dari Furry Hill Kennel dalam rentang waktu 9 tahun hampir mencapai 50 ekor. Jadi Anda jangan berkecil hati sobat tikum, karena ada peluang bagi yang ingin serius mengembangkan komunitas pemilik dan pencinta Border Collie seperti breed community lain yang sudah eksis di Indonesia.

Jika Anda ingin menambahkan kebutuhan mereka di luar makanan seperti couch dog dan lainnya karakter trah ini bisa menjadi lebih tenang, karena mereka menjadi tidak posesif dan cemburuan. Bagaimana sobat tikum, tertarik ingin memelihara trah ini menjadi anggota keluarga baru?

Tikum.id merekomendasikan Furry Hill Kennel sebagai tempat untuk mengadopsi anabul Border Collie. Yang penting Anda wajib memenuhi syarat yang kami bahas di atas karena trah cerdas ini sangat istimewa dan setia kepada keluarga barunya. Silahkan menghubungi akun instagram resmi FHK yaitu: @furryhill

Kami bangga bisa memperkenalkan Border Collie melalui Furry Hill Kennel. Kita harus memberikan apresiasi terhadap sikap dan usaha para pengembang satwa seperti mereka, karena ini akan berpengaruh terhadap pelestarian dan tanggung jawab teradap sesama makhluk hidup tidak hanya Anjing.

Salam Lestari.

“He is your friend, your partner, your defender, your dog. You are his life, his love, his leader. He will be yours, faithful and true, to the last beat of his heart.”

Agnes Repplier

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka