Ingin Pelihara Siberian Husky? Baca Ini!

Animal lovers pasti tahu Siberian Husky, si anjing serigala nan setia, energetik, dan keras kepala. Tertarik memelihara? Pelajari informasi penting berikut!

Tikum Animal Lovers – Keberanian, keindahan, kelincahan, ketangguhan, dan kekuatan serigala berhasil memesona banyak animal lovers sejak dahulu hingga sekarang. Saking kagumnya, tidak sedikit orang yang ingin menjadikan kawanan serigala sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, naluri liar dan ganas serigala membuat hewan ini sangat berbahaya untuk dipelihara.

Untungnya, buat Anda yang masih begitu terobsesi akan serigala peliharaan, beberapa ras anjing bisa dijadikan sebagai pengganti. Salah satu yang paling terkenal di dunia datang dari daerah Asia Timur Laut, yaitu jenis Siberian Husky.

Tentang Siberian Husky

Pernah menonton film “Balto” yang diluncurkan tahun 1995? Film itu menggambarkan betapa kuat, tangguh, setia, dan patuhnya seekor Siberian Husky. Film mengangkat sebuah kisah nyata dari seekor anjing ras Husky, bernama Balto yang bertugas membawa ratusan botol serum penyakit Difteri. Untuk melakukan tugasnya, Balto hanya membutuhkan waktu selama 5 hari untuk menempuh perjalanan di tengah badai salju sejauh 800 km.

Melihat detail fisiknya, Siberian Husky memiliki corak warna merah & putih, hitam & putih, abu-abu & putih. Sementara itu, ukurannya badannya dapat terus berkembang hingga mencapai 15 – 30 kg. Mereka juga memiliki lapisan bulu sedang dan ganda yang sangat cocok untuk suhu dingin.

Sebagai informasi, Siberian Husky termasuk dalam daftar 10 ras anjing paling agresif berdasarkan hasil tes temperamen yang dilakukan oleh American Temperament Test Society. Untuk itu, anjing ras ini bisa saja dimanfaatkan sebagai anjing penjaga rumah. Namun demikian, Anda harus tahu langkah-langkah pemeliharaannya secara pasti agar tidak merepotkan ke depannya.

Tips Merawat Siberian Husky

Berani memelihara berarti Anda sudah siap dengan seluruh tanggung jawab perawatan Siberian Husky. Berikut beberapa tips perawatannya.

1. Ajak Melakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga Rutin

Sifatnya yang aktif dan instingnya sebagai anjing pekerja membuat Siberian Husky membutuhkan banyak kegiatan fisik. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, mereka akan bosan dan cenderung berperilaku agresif. Sebab itu, ajaklah mereka berlari, bermain, berenang, dan mengejar bola.

Anda wajib mengajak Husky berolahraga selama 30 hingga 60 menit setiap harinya. Untuk itu, pastikan Anda memiliki cukup waktu dan tenaga sebelum memutuskan mengadopsi Siberian Husky.

2. Pastikan Siberian Husky Selalu dalam Penjagaan

Naluri teritorialnya yang cukup kuat menjadikan Husky sedikit tidak ramah untuk hewan-hewan kecil di sekelilingnya. Jadi, jika memiliki hewan peliharaan lain, pastikan Anda selalu mengawasi anjing ini.

Selain itu, cegah Siberian Husky berkeliaran sendiri di luar rumah. Perlu diketahui bahwa anjing ini jago melarikan diri untuk bermain keluar. Sebab itu, memasang pagar tinggi setidaknya 2-3 meter merupakan sebuah keharusan.

3. Hindarkan Siberian Husky dari Cuaca Panas

Seperti disebutkan sebelumnya, anjing Siberian Husky memiliki lapisan bulu cukup tebal. Hal ini menyesuaikan dengan habitat aslinya yang cenderung beriklim dingin. Oleh karena itu, pemilik yang berdomisili di negara tropis, seperti Indonesia, wajib berhati-hati saat mengajak Husky beraktivitas luar ruangan. Pasalnya, cuaca panas dapat membuat anjing ini kewalahan.

Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) bahkan menyarankan tiap pemilik Siberian Husky untuk melengkapi rumah dengan pendingin udara dan memberikan air minum dingin supaya dapat menjaga suhu tubuh Husky tetap stabil.

4. Periksa Kondisi Kuku, Gigi, dan Bulu secara Rutin

Pada dasarnya, Siberian Husky dapat menjaga kebersihan dirinya sendiri dengan baik. Namun begitu, Anda harus tetap menyikat bulu Husky setidaknya satu hingga tiga kali dalam seminggu. Tidak hanya memperhatikan bulu, Anda juga wajib memotong kuku dan menyikat gigi anjing ini secara rutin. Jika merasa kesulitan untuk melakukan perawatan kuku, gigi, dan bulu Husky, mintalah bantuan dokter atau salon hewan. Ingat! Makin terawat Siberian Husky Anda, makin gagah penampilannya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Siberian Husky, si anjing berpenampilan serigala. Animal lovers, pertimbangkan kesanggupan Anda sebelum memutuskan untuk memelihara anjing asal Siberia ini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka