5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Tertinggi 2021

Pelatih sepak bola ini dibayar ratusan miliar per tahunnya. Tentu saja, hal ini sebanding dengan kemampuannya meracik strategi andal bagi tim.

Tikum Bola – Lima pelatih sepak bola ini dibayar ratusan miliar per tahunnya. Tentu saja, hal ini sebanding dengan kemampuannya meracik strategi andal bagi tim.

Di samping komposisi pemain yang mumpuni, sebuah tim tidak akan berjaya di lapangan tanpa adanya pelatih yang andal. Sosok satu ini merupakan kunci dalam meramu strategi paling tepat dan cerdas dengan menyesuaikan skill masing-masing pemain yang dimiliki dan situasi di lapangan.

Karena itu, gaji seorang pelatih pun tak bisa dianggap remeh. Berikut adalah lima nama pelatih sepak bola dengan bayaran paling tinggi 2021.

1. Diego Simeone

Diego Simeone merupakan manajer sepak bola dengan bayaran yang paling tinggi saat ini. Mantan pemain sepak bola Argentina ini sekarang menjabat sebagai kepala tim klub yang bermarkas di Madrid, Atletico Madrid.

Sosok yang menghabiskan sebagian besar karir sepak bolanya sebagai pemain di Italia tersebut bergabung dengan Atletico Madrid sejak tahun 2011. Di bawah kepemimpinannya, Los Rojiblancos berhasil memperoleh delapan trofi juara.

Simeone yang memperoleh bayaran sebesar 43,2 juta euro per tahun itu pun baru saja memperpanjang kontraknya yang semula sampai musim panas 2022 menjadi sampai musim panas 2024.

2. Pep Guardiola

Josep Guardiola Sala alias Pep Guardiola merupakan manajer Manchester City sejak 2016. Bersama The Citizen, dia berhasil mempersembahkan sembilan gelar—termasuk dua gelar Premier League yang diperoleh secara beruntun. Maka dari itu, tak heran jika mantan pemain bola asal Spanyol tersebut mendapat bayaran yang tak sedikit—23 juta euro per tahun.

Kiprah Pep Guardiola sebagai pelatih sendiri tidak main-main. Sebelum bekerja di Etihad Stadium, Guardiola juga menjadi pelatih di Barcelona sejak 2008 dan Bayern Munich sejak 2013.

3. Jose Mourinh

Performa buruk Tottenham Spurs yang terjadi pada musim lalu ditengari menjadi faktor utama pemecatan Jose Mourinho. Pasalnya, pelatih yang memperoleh bayaran sekitar 23 juta euro per tahun tersebut tidak berhasil menyumbang gelar untuk The Lilywhites sejak dirinya bergabung pada 2019 lalu.

Walau begitu, sesungguhnya, karir pelatih yang kini bergabung dengan A.S. Roma tersebut cukup mengesankan. José Mário dos Santos Mourinho Félix berhasil mendatangkan 6 gelar saat melatih Porto, 6 gelar saat melatih Chelsea, 5 gelar saat melatih Inter Milan, 3 gelar saat melatih Real Madrid, 2 gelar saat melatih Chelsea, dan 3 gelar saat melatih Manchester United.

4. Jurgen Klopp

Liverpool menunjuk Jürgen Norbert Klopp sebagai pelatih klub pada 2015. Klopp yang berhasil mengantarkan The Reds memperoleh empat gelar—termasuk Liga Champions dan Premier League musim lalu—membuat nilai 17 juta euro per tahun tidaklah sia-sia.

Posisi Jürgen Klopp datang ke Liverpol menggantikan Brendan Rodgers. Sebelumnya, Klopp sudah memulai karirnya sebagai pelatih di Mainz 05 sejak 2001 dan Borussia Dortmund sejak 2008. Pelatih asal Jerman tersebut memiliki kontrak dengan Liverpool hingga 2022 mendatang.

5. Zinedine Zidane

Nama besar yang melegenda Zinedine Zidane menjadi salah satu kewajaran yang menjadikan dirinya sebagai salah satu pelatih sepak bola paling mahal. Setelah pensiun sebagai pemain, Zidane meneruskan karirnya di lapangan hijau sebagai pelatih. Tak tanggung-tanggung, sosok asal Perancis ini langsung bergabung bersama Real Madrid dengan bayaran senilai 16,8 juta euro per tahun.

Selama karirnya sebagai pelatih Los Blancos, Zidane berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga dan tiga trofi Liga Champions. Namun yang mengejutkan, setelah mengundurkan diri dari Real Madrid pada 27 Mei kemarin, Zidane memutuskan untuk menganggur meski banyak tawaran datang kepadanya dari berbagai klub seluruh penjuru dunia—bahkan dengan tawaran hingga delapan digit. Menurut beberapa sumber, alasan Zidane memilih untuk tidak mengambil tawaran tersebut adalah karena dirinya ingin menjadi pelatih timnas Perancis.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka