Ini Langkah-Langkah Pakai Skincare yang Benar

Dari sekian banyak jenis produk skincare yang ada, secara umum pakai skincare yang benar. semuanya dapat dibagi ke dalam empat langkah-langkah utama: cleansing, toning, moisturizing, dan protecting.

Tikum Woman – Banyaknya jenis produk skincare bikin pusing? Ini dia manfaat dari tiap produk dan langkah-langkah pakai skincare yang benar.

Selama beberapa tahun terakhir, produk skincare baik lokal maupun impor makin menjamur. Mulai dari kelompok remaja hingga dewasa, terutama kaum wanita, menjadikan produk perawatan kulit ini sebagai salah satu kebutuhan penting dalam sehari-hari.

Jenis dari item dalam rangkaian skincare pun sangat banyak dengan kegunaan yang beragam. Belum lagi jika harus dibedakan berdasarkan kandungan dari masing-masing produk yang berfungsi memberi manfaat secara spesifik untuk kondisi tertentu tiap kulit—niacinamide, hyaluronic acid, retinol, dan sebagainya.

Empat Langkah Kunci Perawatan Kulit

Dari sekian banyak jenis produk skincare yang ada, secara umum pakai skincare yang benar. semuanya dapat dibagi ke dalam empat langkah-langkah utama: cleansing, toning, moisturizing, dan protecting.

Langkah pertama adalah cleansing, yakni membersihkan wajah dari kotoran. Apabila kotoran (debu maupun sisa makeup) yang menempel, tentu kandungan dalam produk lainnya untuk menutrisi kulit tidak akan terserap maksimal.

Setelah bersih, saatnya Anda melakukan toning. Produk untuk toning akan membantu menghidrasi kulit sehingga menghindarkan Anda dari berbagai masalah kulit seperti kering atau berminyak berlebihan. Dua kondisi ini adalah masalah kulit paling umum dan sama-sama berpotensi menimbulkan berbagai jenis jerawat.

Kalau sudah terhidrasi, maka produk moisturizing akan mengunci kondisi kulit tersebut agar tetap lembap. Dengan begitu, kelembapan alami di kulit tidak hilang menguap.

Terakhir adalah protecting sebagai langkah menciptakan benteng terluar untuk meminimalkan kulit dari berbagai risiko sinar UV. Pasalnya, sinar ultraviolet memiliki banyak potensi bahaya bagi kulit, mulai dari mempercepat penuaan hingga kanker.

Rangkaian Langkah-Langkah Penggunaan Produk Skincare

Variasi produk yang terlalu beragam kerap membingungkan bagi individu yang baru atau akan mulai menjalani skincare routine. Namun, kalau Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir. Berikut adalah panduan rangkaian penggunaan produk skincare yang tepat.

Makeup Remover

Meski namanya makeup remover, produk yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kotoran seperti debu yang menempel di wajah.

Ada banyak tipe makeup remover yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih milk cleanser, facial cleansing wipes, micellar water, cleansing oil, balm cleansing oil, dan cleansing gel. Adapun satu produk makeup remover khusus jika Anda suka bereksperimen dengan makeup mata yang bold adalah eye makeup remover.

Facial Wash atau Facial Foam

Usai menggunakan makeup remover, lanjutkan dengan facial wash atau facial foam. Teknik double cleansing ini akan memaksimalkan pengangkatan kotoran maupun residu makeup di kulit wajah.

Adapun terkait perbedaan facial wash dan facial foam, masih banyak orang yang belum tahu meski fungsi keduanya sama. Facial wash memiliki tekstur krim, susu, gel, atau bahkan berair dan lebih cocok untuk jenis kulit kering. Sementara itu, facial foam memiliki tekstur berbusa dan lebih cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Toner

Produk ini bertujuan untuk menghidrasi kulit dan mengembalikan keseimbangan pH. Meski bukan fungsi utamanya, toner juga dapat mengangkat sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal di kulit wajah dengan menggunakan kapas saat mengaplikasikannya.

Essence

Essence memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan toner. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan kulit dengan cara membentuk lapisan dasar dari pelembap. Dengan begitu, kulit dapat menyerap kandungan produk skincare selanjutnya secara lebih maksimal.

Serum

Molekul pada serum sangat kecil sehingga dapat masuk ke lapisan kulit lebih dalam. Dengan begitu, zat aktif yang terkandung di dalamnya dapat menyerang target permasalahan pada kulit dengan lebih optimal.

Moisturizer

Kulit Anda mungkin sudah cukup basah setelah menjalani rangkaian penggunaan skincare di atas. Namun, moisturizer tetap diperlukan untuk mengunci agar kelembapan tersebut tidak terjaga. Pun jika Anda akan menggunakan makeup, produk yang satu ini bakal membuat wajah lebih glowing dan riasan menempel lebih lama.

unscreen

Khusus di pagi hingga sore hari selagi ada matahari, jangan tinggalkan sunscreen sebagai lapisan skincare terakhir. Berbagai masalah seperti munculnya flek, kerutan, spider vein, dan masih banyak lainnya sering seringkali disebabkan oleh malasnya penggunaan sunscreen.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka