Pahami Fungsi Lampu Hazard Sebenarnya, Jangan Salah Kaprah

Meskipun saat ini banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi, ternyata tidak semua paham apa fungsi lampu hazard sebenarnya.

Hazard atau dikenal pula dengan lampu darurat merupakan salah satu bagian penting dari eksterior kendaraan. Alat ini bisa ditemukan di berbagai jenis otomotif baik roda dua maupun empat. Jika diaktifkan, hazard akan membuat lampu sein bagian kanan dan kiri kendaraan berkedip secara bersamaan dan mengeluarkan cahaya yang cukup menyilaukan mata.

Inilah mengapa sangat tidak disarankan untuk menyalakan hazard ketika sedang hujan ataupun berkabut tanpa alasan. Apalagi menyalakannya saat sedang konvoi hanya agar touring lebih meriah. Sayangnya, hal yang tidak disarankan tersebut justru dilakukan banyak orang. Fenomena ini menunjukkan bahwa tidak banyak yang tahu apa fungsi hazard sebenarnya. Berikut penjelasan dari 5 Fungsi Utama Lampu Hazard.

Fungsi Lampu Hazard 2

1. Digunakan dalam Keadaan darurat

Sesuai namanya, hazard memang dinyalakan saat kondisi darurat. Contoh kondisi darurat adalah ketika kendaraan berhenti tiba-tiba karena mesinnya bermasalah di tengah jalan tol. Hazard merupakan peringatan kepada kendaraan lain agar lebih berhati-hati atau memelankan kendaraan mereka ketika berada di dekat kita.

Selain itu, hazard juga akan menyala jika ada salah satu bagian mesin yang abnormal. Jadi jika melihat seseorang menyalakan hazard di tengah jalan, sebaiknya ajak menepi dan tanya apa masalah yang sedang dialami. Bahkan kalau bisa tawarkan bantuan agar kondisi kendaraan tidak merugikan siapapun nantinya.

2. Tanda Peringatan

Selain untuk kondisi darurat, hazard juga bisa dipakai sebagai tanda peringatan pada kendaraan di belakang kita apabila di depan terdapat kecelakaan, banjir, atau kebakaran. Hal ini dilakukan agar kendaraan di belakang waspada atau bahkan memelankan laju kendaraan.

Hazard sebagai tanda peringatan juga bisa kita lihat saat ada ambulans, mobil polisi, truk TNI, atau pemadam kebakaran lewat. Untuk kondisi ini, hazard berarti kita harus memberi jalan agar kondisi darurat yang akan diatasi para anggota berwenang segera bisa diselesaikan.

3. Bukan untuk Cuaca Buruk

Di atas sempat disebutkan bahwa hazard sangat tidak disarankan untuk dinyalakan saat jarak pandang pendek atau cuaca buruk. Meskipun kelihatannya hanya membiaskan cahaya biasa, nyatanya beberapa penelitian tentang otomotif menunjukkan bahwa sinar hazard dapat mengganggu penglihatan.

Jadi bisa dibayangkan bukan, apa akibatnya ketika menyalakan hazard saat cuaca buruk seperti hujan atau berkabut. Alih-alih menjadi tanda peringatan, hazard justru bisa jadi salah satu penyebab terjadinya suatu kecelakaan.

4. Bukan Isyarat Masuk Terowongan

Mungkin banyak yang sering melihat seseorang menyalakan hazard sebelum memasuki suatu terowongan. Bahkan di beberapa daerah, aturan jalanannya justru mewajibkan pengemudi menyalakan lampu darurat ketika kendaraan akan masuk ke terowongan.

Apabila itu yang kerap kamu lakukan, sebaiknya jangan melakukannya lagi. Fungsi utama hazard adalah untuk kondisi darurat, ketika di terowongan ada kecelakaan sah-sah saja jika ingin menyalakan hazard. Tapi jika tidak, sebaiknya jangan pernah menyalakan hazard sebelum masuk ke terowongan.

5. Tidak Dinyalakan Saat Sedang Beriringan

Hazard memang terlihat meriah ketika dinyalakan. Mungkin ini salah satu alasannya mengapa saat konvoi banyak kendaraan yang menyalakan hazard dan berjalan beriringan. Hal tersebut tentu saja sia-sia dan menyalahi fungsi hazard pada otomotif sebenarnya. Apalagi jika iring-iringan berjalan saat malam hari. Cahaya silau hazard tentu akan membahayakan pengguna jalan lain dan membuat mata mereka terdistraksi.

Itulah fungsi utama hazard yang mungkin tidak banyak dipahami orang. Lalu, apakah SobaTikum sudah menggunakan lampu darurat sesuai fungsinya? Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat berkendara.


Android 9.1 4G wifi 2 din car radio for JAC Refine S3 2013-2016 car dvd player autoradio car audio car stereo auto radio 2G 32G
Anda mungkin suka