Mengenal Paguyuban Rakyat Bumi Langit (PRABU) dan Pahlawan Super Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh film luar negeri dengan berbagai karakter Superhero sangat populer di Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa Indonesia juga punya banyak tokoh Superhero lokal?

Tikum Superhero – Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh film luar negeri dengan berbagai karakter Superhero sangat populer di Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa Indonesia juga punya banyak tokoh Superhero lokal?

Fandom atau kumpulan basis penggemar dari karakter superhero luar negeri sudah banyak terdapat di berbagai negara. Hal ini didasari atas popularitas dari komik, serial televisi dan film layar lebar. Sebut saja 2 rumah produksi sinema asal Amerika yaitu Marvel Cinematic Universe dan DC Universe.

Di Indonesia kita juga punya Bumilangit Cinematic Universe atau Jagat Sinema Bumilangit. Sebuah perusahaan sinema yang memproduksi serangkaian film-film karakter pahlawan super Indonesia yang diproduksi oleh Bumilangit Studios berdasarkan komik terbitan Bumilangit.

Untuk lebih menggaungkan tokoh dan karakter para pahlawan super Indonesia ini tentunya dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk melibatkan masyarakat melalui sebuah komunitas. Disinilah sobattikum dari Paguyuban Rakyat Bumilangit hadir untuk Indonesia.

Paguyuban Rakyat Bumilangit (PRABU) terbentuk pada tanggal 12 Juni 2021, pada awalnya komunitas PRABU bernama Jagat Sinema Bumilangit Community (JSBC) pada tahun 2019. Prabu terbentuk atas inisiasi 2 orang yaitu Fatria Rinaldi dan Mohammad Iqbal.

VISI mereka ingin memperkenalkan karater-karakter Bumilangit Cinematic Universe (BCU) ke khalayak umum agar bisa lebih di kenal baik melalui komik atau film.

MISI Prabu ingin menjalin hubungan dan silahturahmi dengan para Rakyat Bumilangit di seluruh Indonesia dan memperkenalkan PRABU sebagai sebuah fanbase di Bumilangit.

Hal yang membedakan Prabu dengan komunitas lain adalah, Mereka tidak sekedar membahas komik atau film, tapi Prabu juga membahas fan theory dan fan cast. walaupun Prabu bukan official Fanbase tapi mereka diakui oleh BCU yang merupakan rumah produksi film yang melahiran karya seperti Gundala, Sri Asih, Godam&Tira, Si Buta dari Goa Hantu, Patriot, Mandala Golok Setan dan Patriot Taruna.

Selain daftar film-film diatas masih banyak karakter Adisatria atau superhero Indonesia yang tercipta. Berikut beberapa daftar berdasarkan 3 era waktu jagat Bumilangit.

  1. Era Jawara: Si buta dari goa hantu, Mandala, Bidadari mata elang, Rio manusia Srigala, dll.
  2. Era Pusaka: Gundala, Sri Asia, Godam, Virgo, Sembrani, Pangeran m’laar, Tora, Tira, Aquanus, Nusantara, Bhayangkara, Merpati, Maza, dll.
  3. Era Revolution: Gundala (version webtoon), Virgo (versi webtoon), Sri Asih (versi webtoon), Aquanus (revolution), Maza (revolusi)

Kami bertanya kepada ketua Prabu, Fatria Rinaldi Putra Perdana S.ikom, yang akrab disapa Aldi. kenapa kalian memilih nama ‘Paguyuban?

Aldi menjawab bahwa “karena kami ingin lebih ‘Indonesia’ dan karena kami juga yakin tanpa menggunakan nama ‘kebarat-baratan’ kita bisa kok dikenal oleh khalayak luas.”

Wah kami merasa mendapatkan kecocokan, karena konsep mereka sesuai sekali dengan konsep tikum.id yang artinya titikkumpul Indonesia yang juga ingin turut membesarkan berbagai komunitas di Indonesia 😊

Latar belakang para anggota komunitas Prabu sangat beragam baik dari gender, usia dan profesi. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, pengusaha, youtuber, dll. dengan jumlah total lebih dari 100 members di Jakarta dan kota sekitarnya.

Prabu yang terbentuk pada saat masa pandemi Covid-19 memang belum ada kegiatan yang signifikan. Sehingga aktivitas diskusi, berkumpul, dan rencana kegiatan di masa depan lebih banyak dilakukan melalui daring dengan zoom meeting atau live Instagram di official account Prabu. Namun, kegiatan ini akan terus dilakukan rutin setiap bulan.

Di masa depan Prabu ingin turut eksis dalam berbagai event skala nasional yang sudah ada selama ini seperti Toys Fair, Comic Con, dll. sambil terus memperkenalkan berbagai karakter pahlawan super Bumilangit. Mungkin juga sekaligus melakukan berbagai kegiatan bakti sosial untuk masyarakat. Karena hal yang terpenting adalah agar masyarakat dan netizen Indonesia bisa menyukai semua karakter Bumilangit dan minimal punya koleksi komik dan action figure.

Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk turut mendukung Prabu, dan jika Anda tertarik bergabung silahkan menghubungi sosial media resmi mereka di Instagram @paguyubanrakyatbumilangit

Sudah saatnya karakter superhero asli Indonesia dari berbagai legenda, tokoh perwayangan hingga cerita rakyat, menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Anda setuju?

“Branding harus melekat agar masyarakat lebih mencintai produk Indonesia dibandingkan produk luar negeri. Seharusnya masyarakat Indonesia adalah konsumen yang paling loyal untuk produk-produk kita sendiri.”

Ir. Joko Widodo

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Tinggalkan komen