Organic Clothing, Opsi Baru Fashion Ramah Lingkungan

Apa itu organic clothing dan kenapa Anda harus mempertimbangkannya sebagai pilihan fashion Anda?

Kebanyakan orang, terutama para wanita, umumnya lebih memprioritaskan model dan harga ketika memilih pakaian. Padahal, selain kedua hal tersebut, ada satu poin yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yakni material. Salah satu bahan yang layak Anda pertimbangkan saat memilih pakaian adalah material organik atau yang lebih dikenal dengan sebutan organic clothing.

kain organik 1

Tren organic clothing sendiri sudah lama bergaung. Sayangnya, banyak orang yang belum menganggap hal ini penting. Kebanyakan orang yang tertarik dengan organic clothing adalah mereka yang memiliki concern terhadap lingkungan. Lalu, apa sebenarnya organic clothing itu dan kenapa Anda harus mulai memilihnya mulai sekarang?

Pengertian Organic Clothing

Seperti namanya, organic clothing merupakan pakaian yang dibuat dengan menggunakan material yang sifatnya organik. Bahan organik ini ditenun dengan menggunakan benang yang berasal dari serat-serat alami tanpa adanya campur tangan zat kimia berbahaya, seperti penggunaan pupuk, pestisida dan material lainnya.

kain organik 2

Popularitas bahan pakaian dari material organik ini juga terjadi berkat perusahaan-perusahaan fashion dunia. Nike, American Apparel, Walmart, hingga Levi Strauss juga menawarkan beragam produk dengan material organik. Ini membuat permintaan terhadap kain dari bahan serat alami meningkat.

Contoh Bahan Organic Clothing

Kain-kain berbahan organik yang digunakan dalam proses pembuatan organic clothing jenisnya bisa bermacam-macam. Ada yang berupa katun organik, serat rami organik, hingga wool organik. Anda bisa memilih material mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Di antara sekian banyak material organic clothing, katun organik merupakan varian yang paling populer. Sebagai salah satu material yang paling banyak digunakan di dalam dunia tekstil, pohon katun (yang menjadi sumber bahan baku kain katun), ternyata bukanlah tanaman yang ramah lingkungan. Meski hanya ada 2,5% dari lahan di dunia yang digunakan untuk budidaya katun, penggunaan insektisida dalam prosesnya ternyata cukup tinggi yakni 16% dari keseluruhan kebutuhan insektisida di dunia. Adanya katun organik bisa menekan penggunaan bahan-bahan berbahaya sehingga lingkungan jadi lebih sehat dan material kain yang dihasilkan tidak berbahaya bagi kulit.

Mengapa Menggunakan Organic Clothing Itu Penting?

Ada berbagai pertimbangan kenapa Anda sebaiknya mengganti material pakaian dengan yang organik, antara lain:

1. Membantu Menjaga Lingkungan

Industri fashion merupakan industri yang menyumbang banyak sekali limbah. Mulai dari racun yang digunakan untuk perawatan bunga kapas, limbah zat kimia saat proses pewarnaan pakaian hingga baju-baju tak terpakai yang berakhir di tempat sampah.
Memilih bahan organik artinya Anda turut membantu mengurangi limbah. Ini karena umumnya kain yang terbuat dari hemp atau bambu organi lebih mudah terurai.

2. Menjaga Kesehatan

Bahan kimia yang digunakan dalam produksi tanaman seperti katun umumnya dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya bisa menyebabkan kanker bagi para pekerja tekstil, efek negatif dari bahan-bahan kimia ini bisa menyebabkan alergi bagi pemakainya.

3. Tahan Lama

Nature always gives give the best things for you. Begitu juga dengan organic clothing. Selain dikenal nyaman digunakan, bahan pakaian organik juga tahan lama. Kalaupun Anda sudah tidak bisa menggunakannya lagi, materialnya mudah terurai sehingga tidak mencemari lingkungan serta menambah tumpukan limbah pakaian yang sudah menggunung saat ini.

Memilih pakaian memang susah-susah gampang. Namun, ikut menyelamatkan lingkungan lewat pakaian bisa Anda lakukan dengan langkah yang cukup mudah, yakni memilih pakaian berbahan organik. Yuk, kita mulai dari sekarang!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka