Order 66 SITH, Markas Penggemar Starwars Indonesia

Tikum Hobby – “May the Force be with You” kutipan kalimat ini rasanya sudah tidak asing bagi banyak orang, khususnya para penggemar fanatic film Star Wars. Ada cerita menarik apa lagi di Edisi hari ini? Simak informasi Order 66 S.I.T.H, markas penggemar starwars di Tikum.id

Order 66 SITH 1

Selama kurang lebih 42 tahun Starwars sudah tayang di layar lebar dimulai dari film pertama di tahun 1977 hingga yang terakhir adalah episode IX: The Rise of Skywalker (2019). Ada satu seri yang menginspirasi kami dalam edisi hari ini yaitu di tahun 2005, tepatnya episode III: Revenge of the Sith.

Film yang berlatar akhir 19 BBY (Before the Battle of Yavin) ini berkisah tentang Clone Wars dan Darth Sidious yang mengambil langkah terakhir dalam rencananya untuk mengambil alih galaksi – Republik menjadi Kekaisaran Galactic ketika Sidious menyatakan dirinya sebagai Kaisar.

Anakin yang tadinya baik, malah beralih ke sisi gelap dan menjadi murid salah satu Sidious yaitu Darth Vader, yang berpasangan untuk menghapus Ordo Jedi. Namun tanpa sepengetahuan Sith Lords, Padme akhirnya melahirkan anak kembar dari pernikahan rahasianya dengan Anakin, yaitu Leia Organa dan Luke Skywalker.

Rasanya tidak ada habisnya jika kita membahas mengenai semua saga dalam starwars. Tapi dari Revenge of the S.I.T.H kita bisa lebih mengenal dunia hobi dan cosplay yang sekaligus markas penggemar Starwars bersama sobat tikum ORDER 66 S.I.T.H

Order 66 S.I.T.H (Starwars Indonesian Troopers Homebase) resmi terbentuk pada tahun 2008 Atas inisiasi dari beberapa orang pendiri. Mereka adalah: Riza Satyagraha, Aldo Khalid, Kemal Levy, Cipta C. Croft, Qori Haly, Rahadi, Imbong HD, Alfa, Ari, Mufasha, Vany. Dan saat ini Order 66 SITH diketuai oleh Bapak Rizza Satyagraha, S.H.

Order 66 SITH 2
(Foto Eksklusif Tikum.id)

Para anggota komunitas yang punya julukan ‘Fanboys’ ini juga resmi mendapat dukungan dari 20th Century Fox Indonesia selaku pemegang lisensi resmi dari film Starwars di Indonesia. Sejak terbentuk hingga sekarang jumlah anggota komunitas berdasarkan data base dan platform sosial media sudah mencapai ribuan, dengan pembagian yang terdiri dari:

  • Anggota teregistrasi 1.500 orang
  • Anggota di social media 7.000an

Berbagai latar belakang baik genre, usia dan profesi mengisi keberagaman dari para Fanboys komunitas ini, mulai dari Lawyer, Dokter, Musisi, Artis, Creative Designer, Entrepreuner, Coach, Atlet, Pembalap, Aparatur Sipil Negara, Arsitek. Bahkan, penyebaran anggota tidak hanya di Indonesia tapi sudah merambah hingga ke luar negeri seperti Malaysia, Singapore, Australia, Inggris, dll.

Order 66 SITH 3

Kami sempat juga kepada salah satu perwakilan markas penggemar starwars di Order 66 S.I.T.H yaitu Reza, mengenai apa yang membuat banyak individu tertarik untuk mengkoleksi segala sesuatu yang terkait dengan starwars? Dan jawabannya adalah, “Biasanya karena nostalgia masa kecil dan moment hype Starwars movie pada saat itu yang cukup mewarnai masa kecil para anggota komunitas.”

Order 66 SITH 4

Reza menambahkan bahwa selain memang filmnya juga sangat bagus dari sisi Scifi, special effect dan cerita, serta didukung oleh produk-produk merchandise dan toys yang sangat memorable.”

Selain itu koleksi mainan starwars ini bisa dijadikan sebagai investasi dimana collectibles item untuk starwars sudah sering dijual di Ebay maupun di pasar lelang resmi maupun website toys dunia dengan harga yang tinggi dibanding harga pada saat peluncuran perdana. Bahkan, karakter Boba Fett edisi rilis pertama produksi Kenner pada tahun 70an yang memakai rocket launch dan sempat ditarik dari peredaran pada saat itu disebut sebagai salah satu collectibles item toy dengan nilai tertinggi di dunia.

Order 66 SITH 5

Hal lain yang menarik untuk kita ketahui dari hobi ini adalah bagaimana biasanya pecinta starwars mendapatkan barang yang diinginkan dan apa tanggapan komunitas tentang barang-barang palsu dan buka resmi produksi dari pemegang merk starwars. Biasanya mereka berburu merchandise melalu berbagai event Toysfair, online trading (forum, lelang, web toys, Ebay), membeli ke luar negeri dan bisa juga trade-buy-sale saat gathering dengan komunitas.

Mengenai barang KW atau aspal (Asli Palsu) pada dasarnya mereka tidak setuju, Hal ini karena secara nilai dan memorabilia jauh dari nilai yang kualitas original. Selama barang original masih terjangkau, biasanya para kolektor akan lebih memilih untuk membeli barang original, disamping ada nilai investasinya juga.

Kegiatan komunitas sebelum pandemic covid-19 melanda Indonesia biasanya berkumpul bersama-sama seluruh Fanboy di berbagai event off air seperti, pop culture, starwars day, starwars weekend, bakti sosial, hingga menghadiri undangan sebagai bintang tamu dari berbagai media nasional.

Akan tetapi semenjak wabah covid melanda, seluruh kegiatan komunitas mulai berubah dengan beralih via daring/online melalui zoom gathering dan zoom event.

Order 66 SITH 6
Order 66 SITH 7
(Event gabungan)
Order 66 SITH 6
(Talk Show Televisi)
Order 66 SITH 9
(Starwars Day 2018)

Keren dan seru bukan aksi dari komunitas ini? Jika Anda tertarik untuk bergabung menjadi anggota di Order 66 SITH silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini. Nantinya pihak admin akan memberikan panduan untuk bisa resmi bergabung.
E-mail: order66sith_indo_ig@hotmail.com
Instagram: @order_66_Sith

Kami tidak sabar menunggu aksi dan keseruan lain yang dilakukan order 66 SITH di masa depan. Sebab memiliki hobi adalah sesuatu yang menyenangkan dan tidak ada salahnya mengeluarkan uang untuk mendapatkan kesenangan tersebut. Miliarder atau bukan, Anda berhak memilih hobi mana yang paling menyenangkan untuk diikuti. May the Force be with You!

“If you define yourself by your power to take life, your desire to dominate, to possess, then you have nothing.”
Obi-Wan Kenobi

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka