Nostalgia Britpop bersama Oasis Indonesia Official

oasis1

Industri musik dunia pada era 90an memang memilki banyak cerita dan kenangan, saat negara Amerika sedang gencar dengan aliran Grunge, maka di Inggris juga muncul sebuah aliran yang kita kenal sebagai Britpop. Nama-nama band seperti Radiohead, Suede, Blur, Pulp dan lainnya mungkin masih teringat dalam memori anda. Akan tetapi rasanya belum lengkap jika kita menyebut sebuah nama grup band asal Manchester, yaitu Oasis.

Oasis adalah band rock influental asal Inggris yang dibentuk di Manchester pada tahun 1991. Pada awal terbentuk mereka menggunakan nama The Rain. Grup ini dibentuk oleh Liam Gallagher (vokal), Paul Arthurs (gitar), Paul McGuigan (bass), dan Tony McCarroll (drum), hingga kemudian ikut bergabung pula kakak dari Liam, yaitu Noel Gallagher (gitar dan vokal).

Berdasarkan berbagai sumber, Band yang pernah memproduksi tujuh album ini pernah juga dinominasikan untuk tiga buah Grammy Award dan berada di posisi satu tangga musik Inggris, serta pernah memenangkan lima belas NME Awards, sembilan Q Awards, empat MTV Europe Music Awards dan enam Brit Awards.

Selama eksis, Oasis telah menjual sekitar 70 juta copy rekaman mereka di seluruh dunia sehingga Band ini masuk dalam daftar Guinness Book of World Records pada tahun 2010 untuk “Longest Top 10 UK Chart Run By A Group” setelah berhasil memposisikan 22 single hits di top-10 chart musik Inggris.

Lalu seperti apa pengaruh Band ini di Indonesia ? wah ini pertanyaan yang sangat menarik. Sebab hari ini kami juga ingin memperkenalkan komunitas fans Oasis yaitu OASIS INDONESIA OFFICIAL.

oasis 2

Oasis Indonesia official berdiri pada November 2018, komunitas ini berdiri atas gagasan dari beberapa orang yaitu : Othman Ramadhan, Ilham Priananda, Friesta, Dindi, Laode Ryan

oasis 3

Visi dan Misi terbentuknya Oasis Indonesia adalah sebagai wadah untuk bersilahturami serta menambah persaudaraan dan teman “in the name of oasis”. Sedangkan Misi mereka adalah ingin melestarikan semua karya-karya musik dari Oasis dan menjadi komunitas penggemar Oasis yang dikenal secara global.

Hal lain yang menarik dari Oasis Indonesia adalah ketika kami mengetahui bahwa salah satu anggota mereka juga membangun sebuah museum untuk mengabadikan berbagai cerita tentang Oasis Band, yang bernama MolekLane Museum.

oasis 4
oasis 5
(MolekLane Museum)

Tikum.id sempat bertanya kepada perwakilan mereka mengenai apa yang istimewa dari Oasis dibanding band lain di era 90an? jawabannya cukup sederhana, karena Oasis Band ORISINIL.
Ditambah lagi mereka juga mempunya satu band resmi tribute to Oasis yang selalu hadir dalam setiap kegiatan bersama yang bernama MagicPie.

Jadi menurut kami dengan adanya komunitas ini, bukan tidak mungkin jika “the real” Oasis Band melihat dan mungkin akan bersatu kembali untuk datang ke Indonesia mengadakan konser reuni bukan ?

Lalu bagaimana struktur dalam mengelola perkumpulan ini ? apakah ada jajaran pengurus mulai dari Ketua, wakil ketua dan lainnya ? Nah, untuk pertanyaan ini maka jawabannya tidak ada. Karena komunitas penggemar Oasis ini lebih mengutamakan kebersamaan dan jika akan mengadakan suatu kegiatan mereka hanya membentuk panitia dan mengerjakannya secara gotong royong.

Para angggota dari Oasis Indonesia memiliki berbagai latar belakang usia dan profesi baik itu pria atau wanita. Mulai dari Mahasiswa, Profesional, Producer, Director, Editor, Seniman, Music Collector hingga Pengusaha. Hal Ini bisa terjadi karena Music is Unity!

Sampai saat ini Oasis Indonesia sudah tersebar di beberapa dearah seperti Jakarta, Bandung, Sumedang dan Tasikmalaya. Dengan jumlah anggota yang sudah mencapai ratusan orang.

Oasis Indonesia memiliki berbagai kegiatan rutin selama berdiri hingga saat masa pandemic covid-19 yang mengahruskan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) seperti sekarang. Berikut beberapa kegiatannya :

  • Gathering oasis Indonesia
  • Exhibition
  • Screening
  • Live event music
  • Diskusi daring melalui Live Instagram
oasis 6
oasis 7

Seru bukan kegiatan dari komunitas ini, dan jika anda tertarik untuk bergabung menjadi anggota dari Oasis Indonesia silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail : oasisindonesiaoffcial@gmail.com
Instagram : @oasis.indonesia.official

Tikum.id berharap Oasis Indonesia Official bisa terus eksis dan ikut mewarnai dunia musik dan hiburan tanah air. Dan semoga kerinduan dari generasi 80 dan 90an kepada era Britpop bisa tersalurkan dalam perkumpulan kreatif dan positif.

“We’re not arrogant, we just believe we’re the best band in the world.”
Noel Gallagher

Author: Antonio Sweet

Anton aktif sebagai penulis, pengamat dan praktisi musik. Selain itu ia aktif sebagai entrepreuner dalam bidang Food & Beverage.

2 thoughts on “Nostalgia Britpop bersama Oasis Indonesia Official

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *