Nominasi Oscar 2021 Torehkan Sejarah Baru di Showbiz Hollywood

Wow! Nominasi Oscar 2021 penuh kejutan dan catat sejarah baru di dunia showbizHollywood! Mau tahu infonya? Yuk, simak selengkapnya di Tikum.id!

Wow! Nominasi Oscar 2021 penuh kejutan dan catat sejarah baru di dunia showbizHollywood! Mau tahu infonya? Yuk, simak selengkapnya di Tikum.id!

ShowbizHollywood torehkan sejarah baru setelah The Academy for Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan nominasi The 93rd Academy Awards 2021. Menariknya, salah satu film asal Korea Selatan, Minari yang memenangkan Best Motion Pictures Foreign Language pada ajang Golden Globe 78th 2021 sukses menyabet enam nominasi Oscar.

Berkat Nominasi Oscar 2021, Showbiz Hollywood Catat Sejarah Baru

Selain Minari, ajang bergengsi yang akan digelar pada 25 April mendatang ini masih memiliki sejumlah hal menarik lain. Apa saja? Berikut uraiannya!

Perdana, Dua Sutradara Wanita Masuk Nominasi

Jelang usia ajang bergengsi Oscar yang hampir mencapai satu abad, tahun 2021 mencatat sejarah besar dunia showbiz. Pasalnya, terdapatdua sineas wanita yang dinominasikan dalam satu kategori. Emerald Fennell bersanding dengan Chloe Zhao sebagai kandidat Best Directing. Emerald Fennell merupakan sutradara wanita yang sukses melahirkan film fenomenal peraih lima nominasi Academy Awards, Promising Young Woman.

Sementara Chloe Zhao tercatat sebagai sutradara asal Tiongkok yang sukses menyabet Best Motion Picture Drama dan Best Director Motion Picture Golden Globe 78th 2021. Keduanya akan bersaing dengan kandidat lain, yakni Lee Isaac Chung (Minari), Thomas Vinterberg (Another Round), dan David Fincher (Mank).

Chloe Zhao Raih Empat Nominasi

Selain nominasi Best Picture dan Best Director, wanita kelahiran 31 Maret 1982 ini menorehkan prestasi yang luar biasa dengan meraih empat nominasi lain dari film Nomadland, yakni Adapted Screenplay, Actress In a Leading Role, Cinematography, dan Film Editing.

Youn Yuh Jung, Artis Korea Selatan Peraih Nominasi Oscar Pertama

Youn Yuh Jung menjadi pesaing terberat bagi Glenn Close dan Amanda Seyfried di kategori Actress In a Supporting Role (Pemeran Pendukung Wanita). Youn Yuh Jung merupakan aktris asal Korea Selatan yang tampil memukau dalam film Minari. Wanita kelahiran 19 Juni 1942 ini menjadi aktris Korea pertama yang sukses meraih nominasi Oscar di kategori akting. Melalui karakter Soon Ja, Youn Yuh Jung telah meraih kemenangan di 30 ajang penghargaan film.

Chanwick Boseman Jadi Aktor Kulit Hitam Anumerta Pertama

Melalui film Ma Rainey’s Black Bottom, Chadwick Boseman meraih nominasi Actor In a Leading Role. Nominasi ini menjadi pencapaian besar sekaligus mengharukan, sebab Chadwick Boseman merupakan aktor kulit hitam pertama yang berhasil meraih nominasi Academy Awards. Jika menang, maka Chadwick Boseman akan tercatat sebagai peraih anumerta Oscar pertama.

Glenn Close Raih Nominasi Terbaik dan Terburuk

Kendati dianggap tampil hebat di film Hillbilly Elegy dan meraih nominasi di SAG Awards 2021 dan Golden Globe 78th 2021, Glenn Close justru dinominasikan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terburuk Razzie Awards 2021. Beruntung, hal tersebut tak berdampak pada penilaian komite Academy Awards yang memasukkan nama Glenn Close sebagai kandidat Aktris Pendukung Wanita Terbaik.

Aktor Asia-Amerika Sabet Nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik

Film Minari menjadi berkah tersendiri bagi Steven Yeun. Ia mencatat sejarah baru sebagai aktor Asia-Amerika yang berhasil meraih nominasi Academy Awards kategori Aktor Utama Terbaik.

Sekilas Tentang Academy Awards

Academy Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar pertama kali di tahun 1929. Diawasi langsung oleh AMPAS, Oscar dibentuk untuk memberikan apresiasi atas kerja keras para sineas dalam memajukan industri hiburan sekaligus memberikan karya terbaik untuk dinikmati.

Demikianlah informasi mengenai sejarah dunia showbiz Hollywood yang mencatat sejarah baru berkat The 93rd Academy Awards 2021. Jangan lupa bagikan artikel ini ya SobatTikum!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka