Networking Ikatan Alumni, Alasan Penting Bagi Anda

Tikum Organisasi  – Setelah lulus dari almamater, bagaimana hubungan Anda dengan rekan sesama alumni? Apa hal penting bagi Anda menjalin networking baik dalam ikatan alumni meski sudah lulus?

Sekolah atau kampus merupakan tempat untuk memperoleh pendidikan. Ketika Anda sudah selesai dengan pendidikan, bukan berarti hubungan Anda dengan institusi pendidikan maupun rekan-rekan yang sama-sama berjuang sudah berakhir. Ikatan alumni atau alumni network tetap harus dijaga dengan baik.

Hampir semua kampus memiliki organisasi atau wadah tersendiri sebagai tempat untuk berkumpulnya para alumni. Dari organisasi ini, Anda bisa memberikan kontribusi kepada kampus dan sesama alumni. Kalau beruntung, Anda bahkan bisa menemukan sesuatu yang mungkin belum Anda dapatkan semasa menempuh pendidikan. Lantas, apa saja manfaat dari alumni network ini?

Sebagai Wadah untuk Saling Memberikan Dukungan

Sebagai seorang lulusan, Anda memiliki hubungan yang spesial dengan almamater Anda. Ibarat sepak bola, Anda adalah supporter. Anda bisa memberikan sumbangsih baik berbentuk morel maupun materiel. Berbagi pengalaman dengan para junior serta memberikan informasi terkini terkait dengan dunia kerja yang Anda jalankan, akan menjadi dukungan terbaik bagi sekolah atau kampus Anda.

Sebaliknya, kampus juga bisa menjadi jalan bagi Anda untuk meraih kesuksesan berikutnya. Tidak terhitung banyaknya alumni yang bisa mencicipi pengalaman pendidikan yang lebih tinggi berkat rekomendasi dari institusi tempat mereka menempuh pendidikan sebelumnya.

Membentuk Jaringan

network

Banyak alumni yang setelah lulus memilih untuk kembali ke kota atau negaranya masing-masing. Tidak sekadar menjadi lulusan saja, alumni juga memiliki posisi sebagai ‘duta’ dari institusi pendidikan. Anda bisa menawarkan diri menjadi point of contact di kota Anda demi memperkenalkan institusi pendidikan Anda kepada khalayak luas. Dengan begitu, kemungkinan orang akan masuk ke kampus atau sekolah Anda juga semakin besar.

Bagi mahasiswa lulusan luar negeri, posisi Anda tentu sangat penting bagi almamater. Tidak hanya memperkenalkan kampus, Anda bahkan bisa memberikan insight kepada calon mahasiswa baru mengenai bagaimana kehidupan sosial di negara tempat Anda menempuh pendidikan. Ini tentu akan menjadi penentu yang penting sebelum orang lain mendaftar ke almamater Anda.

Menemukan Pekerja dan Pekerjaan

Di dalam organisasi atau ikatan alumni, selain berhubungan dengan kampus atau sekolah, Anda juga akan berhubungan dengan sesama alumni. Di sinilah Anda bisa memberikan kontribusi kepada rekan-rekan Anda. Anda mungkin bisa menemukan karyawan potensial di antara para lulusan yang tergabung. Bisa juga Andalah yang mungkin akan direkrut oleh alumni lain. Singkatnya, alumni network ini dapat meningkatkan peluang Anda menemukan pekerjaan atau karyawan yang Anda cari.

Tidak hanya dengan sesama alumni, kerja sama dalam dunia kerja juga bisa Anda jalin langsung dengan kampus. Anda bisa menjadi jembatan penghubung antara perusahaan-perusahaan yang ada dengan almamater. Tujuannya tentu saja agar calon lulusan memiliki kesempatan untuk memilih dan dipilih oleh perusahaan yang sesuai dengan kualitas mereka.

Membangun Image Kampus

Sadar atau tidak, nama besar kampus akan terbawa begitu salah satu lulusannya mencapai kesuksesan. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan kompetensi dan potensi yang dimiliki. Bagi para alumni berprestasi, menjalin alumni networking yang baik juga menjadi cara untuk meningkatkan citra almamater menjadi lebih baik lagi.

Itulah beberapa manfaat ikatan alumni networking bagi Anda sebagai lulusan maupun bagi kampus. Bagi Anda yang sudah lulus, jangan ragu untuk tetap berhubungan dengan almamater. Tunjukkan kalau Anda bisa memberikan kontribusi berarti untuk institusi yang sudah membantu Anda meraih mimpi.

Anda mungkin suka