Bagaimana Nasib Stadion Qatar Usai Piala Dunia 2022?

Tikum.id Bola – Setelah perhelatan Piala Dunia 2022 berakhir, Apa yang bakal terjadi pada stadion-stadion di Qatar yang jadi tuan rumahnya?

Gaung Piala Dunia 2022 kian santer terdengar. Tercatat ada delapan stadion yang bakal jadi tuan rumah pertandingan sepak bola level tertinggi tersebut. Salah satu pertanyaan yang kerap terlontar adalah bagaimana masa depan stadion-stadion ini setelah euforia Piala Dunia berakhir.

Jika menilik yang sudah-sudah, memang tidak sedikit negara tuan rumah yang belum siap berurusan dengan infrastruktur kosong. Misalnya Brasil usai jadi tuan rumah Piala Dunia 2014 silam, stadion megah di sana akhirnya terbengkalai. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Qatar, tuan rumah kali ini. Terlebih lagi, negara di Jazirah Arab tersebut tidak memiliki banyak warisan sepak bola dan sebagian besar fasilitas harus dibangun dari awal. Itulah sebabnya penyelenggara di Qatar akhirnya menemukan solusi kreatif atas masalah ini.

Lantas, bagaimana nasib stadion-stadion di Qatar usai dijadikan ajang Piala Dunia 2022 nantinya. Simak rangkumannya sebagai berikut.Stadion Education City

Setelah tirai Piala Dunia ditutup, Stadion berkapasitas 40.000 kursi ini akan diubah menjadi tujuan olahraga dan hiburan. Selain itu, kapasitas stadion juga akan dikurangi setengahnya menjadi 20.000 kursi. Sedangkan 20.000 kursi sisanya akan disumbangkan untuk membangun stadion di negara-negara berkembang.

Stadion Lusail

Pada 18 Desember 2022 nanti, suasana gegap gempita akan bergema di stadion Lusail saat berlangsungnya Final Piala Dunia. Setelah itu, stadion ini akan direvitalisasi menjadi ruang komunitas sekolah, toko, kafe, fasilitas olahraga, dan klinik kesehatan. Dalam prosesnya, sebagian besar dari 80.000 kursi akan dibongkar untuk disumbangkan.

Stadion Al Thumama

Seusai Piala Dunia berlalu, kapasitas stadion Al Thumama akan berkurang dari 40.000 kursi menjadi 20.000 kursi dan itu sudah cukup untuk kebutuhan olahraga domestik. Adapun 20.000 kursi yang dilepas akan disumbangkan untuk pengembangan proyek olahraga lain di negara-negara berkembang.
Kemudian, stadion akan menggunakan kapasitas barunya tersebut untuk menggelar berbagai event sepak bola dan acara olahraga lain. Tidak hanya itu, stadion Al Thumama juga akan dilengkapi dengan klinik olahraga untuk mengobati pemain yang cedera dan hotel modern kecil akan dibangun sebagai pengganti tribune atas lapangan.

Stadion Al Bayt

Setelah perhelatan Piala Dunia selesai diselenggarakan, tribune atas stadion Al Bayt akan dibongkar dan kursi yang dicopot akan disumbangkan ke negara lain.

Stadion Al Janoub

Setelah turnamen, kapasitas stadion Al Janoub akan dikurangi menjadi 20.000 kursi. Sedangkan 20.000 kursi sisanya akan disumbangkan ke proyek olahraga lain di seluruh dunia.
Stadion Al Janoub selanjutnya akan menjadi pusat olahraga dan hiburan baru di Qatar selatan. Stadion yang dikelilingi taman yang indah ini akan menjadi markas baru bagi Al Wakrah SC dan tuan rumah untuk pertandingan Liga Bintang Qatar.

Stadion 974

Stadion yang dibangun dari 974 peti kemas (shipping container) ini akan sepenuhnya dibongkar setelah Piala Dunia rampung. Material konstruksi tersebut selanjutnya akan dikirim ke negara-negara lain yang membutuhkan perbaikan fasilitas olahraga.

Stadion Ahmed bin Ali

Lebih dari 80% bahan konstruksi stadion Ahmed bin Ali berasal dari stadion asli yang sudah ada sebelumnya. Stadion ini lalu diperluas agar bisa menampung 40.000 penonton saat babak penyisihan grup dan perdelapan final Piala Dunia bergulir. Usai turnamen, stadion ini akan dirampingkan menjadi 20.000 kursi. Kursi tribune atas akan dibongkar dan digunakan kembali untuk proyek pengembangan sepak bola di luar negeri. Stadion yang terletak di kota Al Rayyan ini nantinya akan digunakan sebagai markas besar bagi klub Al Rayyan.

Stadion Internasional Khalifa

Sepanjang sejarahnya, stadion berkapasitas 40.000 kursi ini telah menjadi tuan rumah bagi event olahraga internasional seperti Asian Games, Piala Teluk Arab, Piala Asia AFC, dan berbagai event besar lainnya.

Nah, itulah yang akan terjadi pada stadion di Qatar setelah pagelaran Piala Dunia 2022 berakhir. Wah, boleh ditiru nih untuk tuan rumah Piala Dunia selanjutnya.

Anda mungkin suka