Mr. Eric Yuan Sang Milyarder Ditengah Pandemic Global

eric yuan zoom

Saat wabah Covid-19 melanda dunia seperti saat ini tidak bisa kita pungkiri bahwa sektor usaha sangat terkan dampaknya. Baik dari sector swasta ataupun negara. Beberapa perusahan bahkan dikabarkan sudah mulai melakukan pemutusahn hubungan kerja (PHK) akibat kerugian yang cukup besar.

Sebut saja industri perhotelan, maskapai penerbangan, sektor wisata, hingga Event Organizer.

Tentunya kita harus tetap sabar dan kreatif untuk saat ini. himbauan pemerintah Work From Home (WFH) menjadi salah satu cara mensiasati masyarakat agar penularan wabah tidak semakin bertambah.

Alhasil banyak kegiatan pemerintahan dan swasta dilakukan melalui teleconference dengan menggunakan aplikasi ZOOM.

Popularitas Zoom memang sangat melesat, tapi tahukan anda sobat tikum siapa orang dibalik pencipta aplikasi ini ? perkenalkan Eric Yuan asal Tiongkok. seorang sarjana matematika dan gelar Master di bidang Teknik. Eric lahir di provinsi Shandong, China. Orang tuanya kerja di pertambangan. Lalu Eric sempat bekerja 4 tahun di Jepang. Pria berusia 50 tahun ini adalah pendiri dan CEO Zoom, dan sempat ditolak negara Amerika untuk masuk, walau pada awalnya ia hanya ingin merubah nasib dengan mencoba bekerja di Silicon Valley.

Perusahaan Zoom didirikan pada tahun 2011, dan hal unik yang harus kita ketahui adalah bahwa pada awal inspirasi Eric berasal ketika ia dan istrinya saat ini harus melakukan Long Distance Relationship alias LDR loh, lucu sekali ya.

Fakta lainnya adalah Eric sempat mengalami masa sulit di awal mendirikan Zoom, wajar sebagai sebuah perusahaan baru, banyak investor yang masih ragu dengan prospek bisnis ini. bahkan ia sampai harus meminjam uang dari keluarga dan teman.

Namun jika melihat sukses Zoom saat ini, rasanya semua terbayar Lunas. Bagaimana tidak, sebab dalam 3 bulan terakhir menurut Financial Times, kekayaan Eric bertambah USD 4 miliar atau sekitar Rp.66 triliun berdasarkan kepemilikan saham di Zoom.

eric yuan zoom 3

Fokusnya untuk bagaimana membuat konsumen merasa bahagia dengan tidak melakukan pendekatan secara agresif sangat tepat dalam membangun sebuah bisnis. Seolah- olah pesan Eric adalah kepuasan pelanggan di atas segalanya. Kami pun merasa setuju dengan hal itu, karena proses menuju kesuksesan itu tidak kalah penting.

Cerita Moral yang bisa kita ambil adalah bahwa di setiap peristiwa baik yang terjadi dalam hidup, selalu ada peluang untuk berkarya bagi orang lain. Tetap hidup sehat, jaga jarak dulu , dan dirumah saja dulu ya sobat tikum 

“The Purpose of life is to pursue happiness, and when I was not happy then what’s the Risk ?”
Eric Yuan – ZOOM CEO

Anda mungkin suka