Mr. Big Fans Club Indonesia, MARI MENGENAL Biggers Indonesia

Tikum Music – Sudah tidak diragukan lagi jika Band Mr. Big yang terdiri dari Eric Martin, Billy Sheehan, Paul Gilbert, Pat Torpey ini mempunyai penggemar di seluruh dunia. Salah satunya di Indonesia. Yuk kita simak ulasannya.

 komunitas biggers indonesia 1

Salah satu band glam rock yang cukup bersinar di era tahun 90-an adalah Mr. Big asal Los Angeles, California, Amerika Serikat. Terbentuk sejak tahun 1988 dengan formasi awal Eric Martin (Vocal), Billy Sheehan (Bass), Paul Gilbert (Gitar), Pat Torpey (Drum).

Mr. Big sempat vakum dari tahun 2002 hinga akhirnya kembali melakukan reuni di tahun 2009, dan dahulu posisi Gitar pernah diisi oleh Richie Kotzen yang manta gitaris band Poison.

Sepanjang kiprah mereka di industri musik internasional Mr. Big telah menghasilkan 9 studio album dengan berbagai hits seperti: To Be With You, Wild World, Just take my Heart, Green Tinted Sixties Mind, Nothing But Love, dan lain-lain, hingga akhirnya pada 7 Februari 2018 Drumer mereka meninggal dunia, dan sepeninggalan mendiang Pat Torpey formasi band ini menyisakan 3 orang.

Lalu bagaimana di Indonesia? Apakah pengaruh mereka cukup besar? Tentu saja jawabannya adalah YA. Ini terbukti dari sebuah komunitas penggemar Mr. Big Fans Club yaitu BIGGERS Indonesia.

komunitas biggers indonesia 2

Biggers Indonesia terbentuk pada tahun 2009, setelah konser tour reuni Mr. Big di Ancol, Jakarta. Para pendiri dan inisiator Biggers Indonesia terdiri dari Hendra Saputra, Rian Hidayat, Aga Syabana, memiliki Visi dan Misi yang sama untuk komunitas ini. Saat itu Hendra Saputra membuat halaman akun Facebook Biggers Indonesia. Melalui Facebook dan Twitter kemudian komunikasi mulai berlanjut antar penggemar hingga menjelang konser Mr. Big di Surabaya pada bulan Desember tahun 2011.

Setelah konser Mr. Big di Surabaya, akhirnya rencana berlanjut untuk melakukan gathering Biggers di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) pada tanggal 14 Januari 2012, yang akhirnya sekaligus disepakati sebagai hari berdirinya komunitas fans MR. Big yaitu Biggers Indonesia.

Visi dari Biggers Indonesia adalah menjadi sebuah wadah silaturrahmi bagi para penggemar band Mr. Big dan Fans Club di Indonesia dan penggemar musik pada umumnya.

Misi Biggers Indonesia adalah:

  • Mengembangkan dan berkontribusi pada dunia musik di Indonesia, khususnya music rock.
  • Menjadi sarana berbagi dan pengembangan potensi bagi para member, baik di bidang musik, usaha, dan lainnya.
  • Memberi manfaat dan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Dan saat ini Biggers Indonesia diketuai oleh Hikmat Rizki Sentosa atau yang akrab disapa Mas iik.

komunitas biggers indonesia 3
(Ketua Biggers Indonesia)

Anggota Biggers tersebar di beberapa chapter/kota antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Jogja, Surabaya, Lampung, dan Bau-Bau.

Latar belakang profesi para anggota Biggers sangat beragam dari gender, usia dan profesi. Mulai dari 15 tahun – senior di atas 40 tahun dengan profesi seperti pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, pegawai negeri sipil, hingga wiraswasta.

Berdasarkan data base yang dimiliki para pengurus komunitas, jumlah anggota yang terdaftar secara resmi dengan mengisi data pribadi melalui grup Facebook sekitar 300 orang. Namun, secara keseluruhan jumlah anggota Biggers Indonesia dari Facebook resmi Mr. Big Fans Club Indonesia sudah mencapai lebih dari 2000 orang.

Kami bertanya kepada ketua Bigger Indonesia mengenai apa yang membedakan dan istimewa dari Band Mr Big? Dan jawabannya adalah, “tentu saja musikalitas Mr. Big, selain skill masing-masing personil yang merata, punya ciri khas, karakter yang kuat pada tiap personil, saling melengkapi, dan performa di atas panggung yang sangat memuaskan untuk dilihat.”

Mari kita lihat apa saja kegiatan rutin Biggers Indonesia sebelum masa pandemic Covid-19 dan di era New normal.

Biggers Indonesia tidak selalu menjadwal agenda kegiatan, namun lebih sering melakukan kopdar atau gathering kecil secara spontan/insidental dari para anggota komunitas. Pilihan lokasi berkumpul bisa dimana saja baik itu cafe atau kedai kopi yang cukup terjangkau. Biasanya kegiatan sekedar berkumpul sambil ngopi-ngopi, melakukan jam session, olah raga bersama, kegiatan bakti sosial, hingga menghadiri undangan dari berbagai media lokal dan nasional.

Sebagai contoh, untuk acara gathering yang skala besar terakhir adalah saat perayaan 8th Anniversary Biggers Indonesia di tanggal 11 Januari 2020. bertempat di Sallo Inyan Resto & Café Tebet, Jakarta dan turut mengundang beberapa komunitas lain seperti Bon Jovi Indonesia (BJI), Queenindo, Glam Rock Community Indonesia (GRCI), dan Bekasi Rock Society (BRS).

komunitas biggers indonesia 4
komunitas biggers indonesia 5
(Bersama Billy Sheehan Bassist Mr. Big)
komunitas biggers indonesia 6
komunitas biggers indonesia 7
komunitas biggers indonesia 8
komunitas biggers indonesia 9

Bagaimana sobat tikum, seru bukan kegiatan komunitas musik ini. Jika Anda seorang penggemar band Mr. Big dan ingin bergabung tidak ada syarat khusus. Cukup bergabung saja di page Facebook dan isi biodata pribadi.

Yang perlu di ingat juga bahwa Anda tidak harus suka Mr. Big sebagai sebuah band, namun jika Anda hanya suka sang vokalis Eric Martin saja juga tetap bisa bergabung. Atau jika Anda hanya penikmat musik umum saja juga tetap boleh bergabung, karena pada intinya yang penting suka musik dan berteman saja.

Facebook: BIGGERS Indonesia
Instagram: @biggersina

Kami bangga bisa menghadirkan komunitas musik seperti Biggers Indonesia sebagai Mr. Big Fans Club, selain bisa menjadi tempat nostalgia lintas generasi tentunya semoga bisa terus kreatif di masa pandemic covid-19 dan berguna dalam mempersatukan masyarakat.

Peace, Love and Rock and Roll.

“Music is the universal language of mankind.”
Henry Wadsworth


Komunitas Musik

Berminat gabung dengan Komunitas yang sesuai dengan passion, hobi Anda? Sebelum Join, simak dulu profilnya pada direktori komunitas tikum:


Anda mungkin suka