Motoladies Indonesia, Komunitas Female Bikers Keren Millenial

Tikum Motor – Tidak kita pungkiri bahwa tak banyak wanita yang hobi touring naik sepeda motor. Namun tidak demikian bagi para perempuan dari komunitas Motoladies Indonesia yang semakin bersinar.

Motoladies Indonesia 2

Saat ini semakin banyak kaum hawa yang tertarik menggeluti dunia otomotif, khususnya sepeda motor. Aktivitas touring kini tidak cuma identik dilakukan para pria, mengingat jumlah lady bikers terus bertambah di tanah air. Jika mengacu di luar negeri ada kegiatan International Female Ride Day yang rutin dilaksanakan para Lady Bikers setiap tahun di Amerika, Australia, Eropa, dll. Artinya kegiatan ini seharusnya juga bisa dilakukan di Indonesia yang mempunya banyak rute dan destinasi wisata jika saja tidak terdampak pandemic covid-19. Setuju bukan?

Road trip atau touring memang sangat menyenangkan, selain mampu mempererat solidaritas sesama biker, kegiatan ini penuh dengan kebersamaan. Apalagi jika ada anggota kelompok yang mengalami gangguan seperti mesin rusak, ban bocor, dll. Semua members akan bahu-membahu menolong anggotanya. Dan jika perjalanan telah usai, pengalaman touring naik motor bersama teman-teman tentunya akan selalu menjadi kenangan yang berkesan dan tidak terlupakan.

Untuk lebih mengenal keseruan bermotor bersama para Lady Bikers di Indonesia, mari kita berkenalan dengan ‘the newest edition in town’ yaitu Motoladies Indonesia, Komunitas Female Bikers Keren Millenial.

Motoladies Indonesia, Komunitas Female Bikers Keren Millenial ini resmi berdiri pada tanggal 8 Desember 2019 di Jakarta atas inisiasi dari 4 wanita pencinta otomotif yaitu Reza, Mita, Murni dan Dhea.

VISI terbentuknya Motoladies adalah untuk merubah stigma negatif masyarakat terhadap pengendara roda dua khususnya perempuan yang kerap identik dengan pelanggaran seperti ‘Sen Kiri tapi belok kanan’ dan juga perempuan naik motor hanya untuk bergaya saja.

MISI Motoladies Indonesia adalah ingin mengedukasi para perempuan pengendara roda dua tentang safety riding, yaitu tata cara berkendara yang baik dan benar di jalan raya sekaligus menjadi wadah silaturahmi perempuan penggemar otomotif roda dua. Dan saat ini Motoladies diketuai oleh Reza Windy Niar Wulan.

MotoLadies Indonesia 3
(Ketua Motoladies Indonesia)

Hal yang membedakan klub ini dengan klub otomotif lain adalah karena Motoladies merupakan satu-satunyanya klub motor khusus wanita yang sudah resmi terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI). serta turut aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat umum.

Lalu seperti apa latar belakang pada members Motoladies Indonesia? Mereka yang tergabung dalam klub terdiri dari berbagai usia dan profesi. Mulai dari usia 20-50 tahun dengan profesi sebagai Mahasiswi, Pelatih olah raga, Fashion Desainer, Penyanyi, Pengusaha, hingga Ibu Rumah Tangga. Keren banget yah!

MotoLadies Indonesia 4

Sejak terbentuk hingga sekarang jumlah lady biker yang resmi terdaftar di Motoladies Indonesia adalah sebanyak 33 orang yang mayoritas berasal dari kota Jakarta dan sekitarnya. Namun, dalam waktu dekat akan segera menyusul chapter baru yaitu di kota Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan rutin Motoladies Indonesia sebelum masa pandemic covid-19 melanda Indonesia terbagi dalam periode mingguan, bulanan dan tahunan. Berikut penjelasannya.

  • Mingguan: mengadakan Sunday Morning Ride (Sunmori) bersama seluruh anggota dengan berkeliling kota di setiap akhir pekan atau kegiatan gabungan dengan klub motor lain.
  • Bulanan: mereka sering mengadakan bakti sosial (baksos) baik untuk korban bencana alam, orang-orang yang membutuhkan hingga santunan sosial.
  • Tahunan: mengadakan acara Safety Riding dan touring luar kota sambil menikmati keindahan pesona alam Indonesia.
MotoLadies Indonesia 5
MotoLadies Indonesia 6
MotoLadies Indonesia 7
MotoLadies Indonesia 8

Motoladies membagi kategori touring mereka dengan touring jarak pendek, menengah dan jauh. Untuk turing terdekat adalah menuju Sentul, Bogor. Dan untuk touring terjauh adalah touring jelajah mencapai pulau Sulawesi yang dilakukan salah satu anggota Motoladies yaitu Titie, selama 25 hari. Sedangkan untuk touring secara berkelompok 4 orang anggota motoladies lainnya juga pernah melakukan turing jarak jauh dengan rute Cirebon-Dieng-Semarang-Bandung yang dilakukan oleh Reza, Mita, Agie, Dilla.

Bagaimana sobat tikum, keren bukan aksi mereka. Jika Anda adalah wanita yang juga hobi berkendara motor, maka Kami mengajak Anda untuk bergabung bersama Motoladies Indonesia. Silahkan menghubungi sosial media resmi mereka melalui Instagram @motoladies_id

Berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk bisa bergabung menjadi anggota Motoladies Indonesia.

  1. Wanita, minimal berusaha 17 tahun.
  2. Memiliki motor pribadi (250cc ke atas) dan SIM C yang berlaku
  3. Berperan aktif dalam kegiatan Motoladies termasuk didalamnya memberikan saran dan kritik membangun untuk kemajuan klub
  4. Membayar biaya pendaftaran Rp 400.000 (ratus ribu rupiah) dan mendapatkan Kartu Anggota dalam bentuk e-Toll, pin IMI dan Masker Motoladies.
  5. Jika sudah tergabung di Motoladies Indonesia wajib mendaftarkan diri di IMI
  6. Taat dan patuh terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia terutama peraturan lalu lintas.
  7. Taat dan patuh terhadap aturan dan tata tertib sebagaimana tercantum dalam AD/ART Motoladies.
  8. Tidak sedang bermasalah atau menjadi terpidana atas pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Jangan takut atau merasa ‘Ribet’ dengan deretan syarat di atas. Sebab, seluruh anggota Motoladies akan membantu Anda dengan semangat ‘Sisterhood’ yang Solid.

Kami bangga bisa memperkenalkan komunitas ini kepada sobat tikum di seluruh Indonesia. Sekedar informasi, Motoladies Indonesia, Komunitas Female Bikers Keren Millenial sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai lembaga baik pemerintahan atau swasta dalam membangkitkan industri pariwisata Indonesia yang tengah lesu akibat pandemic covid-19 melalui berbagai kegiatan touring dan bakti sosial.

MotoLadies Indonesia 9

Sukses terus dan semakin eksis untuk Motoladies Indonesia di kancah komunitas otomotif nasional.

Salam satu Aspal!

“You don’t know how good you are until you actually get out on a bike and get riding.”
Laura Trott

Anda mungkin suka