Millenial Terpilih Sebagai Kata Tahun 2019

Sobattikum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memilih milenial (milenial) sebagai kata tahun 2019 Indonesia tahun ini, penghargaan pertama dari kementerian tersebut.

“Pilihan kata milenial didasarkan pada popularitas, penggunaan, dan distribusinya,” kata Kepala Badan Bahasa Kementerian Dadang Sunendar pada konferensi pers di Jakarta pada hari Senin kemarin.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), milenial didefinisikan sebagai “berkaitan dengan milenium” atau “berkaitan dengan generasi yang lahir antara 1980-an dan 2000-an.”

Dadang mengutip kata popularitas di Google Trends dan penggunaannya yang meluas di antara semua lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari pejabat pemerintah hingga anggota masyarakat umum.

Dia menambahkan bahwa kata itu telah digunakan dalam beberapa acara berita mainstream seperti Millennial Road Safety Festival yang diadakan oleh divisi polisi lalu lintas di seluruh negeri Maret lalu dan penunjukan staf ahli presiden milenium pada bulan November.

“Kata milenial juga digunakan di banyak bidang termasuk media nasional, publikasi ilmiah, serta di pemerintah, sektor swasta dan bidang pendidikan,” kata Dadang.

Milenial juga di antara kata-kata yang paling dicari di KBBI online, dengan 19.834 pencarian pada 30 Desember 2019. Kata-kata lain yang dicari adalah aktivitas (aktivitas), analisis (analisis), berani (online), literasi (literasi) dan survei (survei). 

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka