Mercedes-Benz, Sejarah Dan Komunitas Mercedes-Benz Club Indonesia

Mercedes-Benz

Tikum Otomotif – Sejarah Mercedes-Benz dan asal usulnya bermula dari penemuan Karl Benz atas mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia yang di patenkan pada Januari 1886. Paten tersebut di beri nama Benz Paten Motorwagen. Karl Benz tidak hanya sendirian membentuk perusahaan ini tapi dia di bantu oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach. Dan nama perusahaan ini adalah DMG yaitu Daimler Motoren Gesellschaft.

Singkat cerita DMG mendapatkan pesanan dari pengusaha Jerman yang menetap di Perancis bernama Emil Jellinek. Emil meminta secara khusus pada Wilhelm Maybach untuk membuat mobil yang cepat, ringan, dan aman untuk dikendarai.

Pada tahun 1990, Maybach pun mulai melakukan pembuatan mobil yang diminta Emil. Pemesanan yang dilakukan oleh Emil ini menjadi tonggak sejarah bagi DMG, karena selain memesan mobil Emil juga meminta untuk menggunakan nama sang anak.

Mercedes merupakan nama anak dari Emil. Ada alasan tersediri mengapa Emil memilih nama anaknya. Ia merasa jika membangun sebuah image yang memiliki merk dagang merupakan hal yang sangat penting. Mobil pertama tersebut akhirnya diberi nama Mercedes.

Asal usul sejarah logo Mercedes-Benz bermula di tahun 1926, ketika DMG bergabung dengan Benz dan Cie mereka menghiasi logo bintang tiga tersebut dengan karangan bunga laurel. Sekarang karangan bunga tersebut sudah tidak digunakan lagi, namun masih dikenal sebagai bagian dari logo Mercy. Pada akhirnya logo Mercedes-Benz tersisa bintang bersegi tiga yang melambangkan produksi mesin Mercedes-Benz di tiga penjuru yaitu di darat, udara dan air.

Sedangkan ide dan gagasan logo Mercedes-Benz resmi digunakan berawal dari kartu pos yang dikirim Gottlieb Daimler pada istrinya sekitar 1970 an. Daimler menggambar bintang bersegi tiga pada kartu pos tersebut untuk menunjukkan lokasi rumahnya. Simbol tersebut juga diartikan sebagai pembawa kemakmuran dan cahaya yang menyinari pabriknya.

Mobil ini diluncurkan pada 22 Desember 1900, dan nama ini kemudian dipatenkan sebagai merk dagang yang digunakan pada 1902. Jumlah mobil yang dipesan Emil cukup banyak, mencapai 36 unit. 26 tahun kemudian pada 1926, Daimler dengan Benz sepakat menggunakan nama Mercedes-Benz.

Pada tahun 1954 dan 1955, Mercedes-Benz ambil bagian dalam kejuaraan dunia Formula 1 namun gagal mendapatkan podium sekaligus keluar dari kancah kejuaraan F1.

Lalu tahun 1990 Mercedes-Benz kembali ke F1 sebagai pemasok mesin. dan memiliki sebagian saham dari Team McLaren. Kerjasama ini terbilang sukses, termasuk dengan kemenangan Mika Häkkinen tahun 1998 dan 1999 serta Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren berlanjut hingga pembuatan mobil sport Mercedes-Benz SLR McLaren.

Tahun 2009, tim Formula 1 Brawn GP debutan milik Ross Brawn yang memakai mesin Mercedes, menang sebagai juara konstruktor pada tahun itu dan juga menjadikan Jenson Button sebagai juara pembalapnya. Pada akhir musim, Mercedes-Benz menjual kepemilikan saham McLaren sebanyak 40% ke McLaren Group dan membeli 70% saham tim Brawn GP. Maka, pada tahun 2010 nama tim berubah menjadi Mercedes GP dan tim ini menjadi tim milik Mercedes-Benz.

Mecedes-Benz Inside1
Mecedes-Benz Inside1

Mobil Mercedes-Benz pertama yang masuk ke Hindia Belanda (nama Indonesia saat itu) adalah Benz Victoria Phaeton. Kendaraan bermotor pertama di Jawa adalah Benz Victoria Paeton yang di miliki oleh Kesultanan Solo, PakoeBoewono X, pada tahun 1894.

Mobil Mercedes-Benz juga dipakai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mobil yang beliau pakai adalah Mercedes-Benz S600 Guard dan sudah mendapatkan sertifikat VR10 yaitu sertifikasi perlindungan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Mercedes-benz di Indonesia banyak peminatnya dan memiliki komunitas yaitu MBClub Ina (Mercedes-Benz Club Indonesia), sekarang sudah beranggotakan lebih dari 7.000 anggota dan 83 club.

Club Mercedes Benz tersebut selalu mengadakan acara regular seperti Jambore Nasional setiap tahunnya. Untuk tahun ini MBClub Ina akan mengadakan Jambore Nasional ke-14 di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda dapat mengikuti update mengenai kegiatan dan jadwal club melalui instagram @mbclubina dan website Mercedes-Benz Club Indonesia dari Kanal Khusus Mercedez-Benz di portal komunitas Tikum.id

Anda mungkin suka