Menguak Pesona Erling Haaland, Top Scorer Champions League Saat Ini

Siapakah Erling Haaland, sang pencetak gol terbanyak Champions League saat ini? Menjadi incaran banyak klub besar, begini cerita di balik pesona Haaland.

Siapakah Erling Haaland, sang pencetak gol terbanyak Champions League saat ini? Menjadi incaran banyak klub besar, begini cerita di balik pesona Haaland.

Erling Braut Haaland sedang jadi buah bibir di Champions League maupun bursa transfer pemain Eropa. Pasalnya, pemuda kelahiran 20 tahun lalu ini memiliki permainan luar biasa.

Ia dikenal memiliki pace, kekuatan, dan kecepatan yang membuat pemain lawan sulit membendung pergerakannya. Kemampuan dan ketajaman Haaland saat mencetak gol tidak perlu diragukan lagi. Untuk itu, para pengagum Haaland menyematkan sebutan “The Terminator” atau “Cyborg” atas aksi fantastisnya.

Seperti apa sosok pemain yang digadang-gadang menjadi penyerang muda terbaik di dunia sepakbola saat ini? Mari simak kisahnya.

Mengikuti Jejak Sang Ayah

Nama Haaland boleh jadi terdengar tidak asing di kalangan pecinta English Premier League. Ya, Erling Haaland adalah putra Alf-Inge Haaland, yang sempat bermain di Nottingham Forest, Leeds United, dan Manchester City pada periode 1993 hingga 2003.

Lahir pada 21 Juli 2000 di Leeds, Haaland kembali ke tanah kelahiran sang ayah di Bryne, Norwegia pada tahun 2004. Sejak usia 5 tahun ia sudah bergabung dengan akademi Bryne FK. Bersama Bryne, Haaland menemukan posisi favorit sebagai penyerang. Setelah menjalani 16 laga, ia akhirnya pindah ke Molde FK.

Di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer saat itu, performa Haaland kian meningkat. Dua musim di Molde, ia menorehkan prestasi dengan meraih Eliteserien Breakthrough of the Year tahun 2018. Pada musim tersebut, Haaland mencetak 16 gol dari 30 pertandingan di semua kompetisi yang dijalani Molde.

Karier Mencuat di Red Bull Salzburg

Masih di tahun yang sama, Red Bull Salzburg mengumumkan Haaland akan bergabung dengan mereka per 1 Januari 2019 dengan kontrak lima tahun. Haaland mencetak hat-trick pertamanya di laga Austrian Cup 19 Juli 2019. Saat itu ia membawa Salzburg menang 7-1 atas SC-ESV Parndorf.

Pada debut perdana di UEFA Champions League melawan Genk ia pun mencetak tiga gol pada babak pertama. Ini adalah hat-trick keempat Haaland bersama Salzburg. Ia dinobatkan sebagai pemain muda kedua setelah Karim Benzema yang sukses mencetak gol pada tiga penampilan pertama kompetisi antarklub terbesar di Eropa.

Meski langkah Salzburg terhenti di grup setelah kalah dari Liverpool, Haaland banyak mencatat sejarah baru. Dalam kariernya bersama klub terbaik Austria tersebut, ia berhasil mencatatkan 29 gol. Bahkan, 28 gol tersebut ia peroleh usai menjalani 22 laga saja.

Diincar Banyak Klub Papan Atas

Prestasi gemilang Haaland bersama Salzburg membuatnya segera mencuri perhatian klub papan atas Eropa. Kemudian, Borussia Dortmund pun memboyong Haaland pada periode transfer musim dingin dengan nilai 20 juta Euro untuk kontrak 4,5 tahun.

Debut bersama Dortmund dilakoni pada laga tandang ke markas FC Augsburg. Hadir sebagai pemain pengganti tidak membuat Haaland berhenti tancap gas. Laga perdananya berakhir manis usai mencetak hat-trick dalam 23 menit pertandingan.

Musim pertama di Dortmund, Haaland mengantar klubnya menduduki peringkat kedua Bundesliga. Ia menutup musim 2019-2020 dengan torehan 44 gol dari 40 laga dalam semua laga yang dilakoninya dengan Salzburg dan Dortmund.

Sudah Cetak 10 Gol di Champions League

Memasuki musim 2020-2021, ia memulainya dengan sempurna. Deretan kemenangan ia persembahkan kepada fans Dortmund lewat gol-gol yang dicetaknya. Tren pesta gol berlanjut ke Champions League. Dalam empat laga pembuka fase grup saja, Haaland sudah memasukkan empat gol.

Setelah pulih dari cedera hamstring yang dialaminya Desember silam, Haaland kembali beraksi tanpa ampun. Ia juga kerap melancarkan umpan mematikan yang membuat pergerakan Haaland diwaspadai lawan.

Setiap tampil di kompetisi Eropa, ia selalu mencetak gol. Namun, tren itu terhenti saat Dortmund dipaksa menelan kekalahan 2-1 dari Manchester City pada Leg Pertama Perempat Final 7 April lalu.

Meski demikian, catatan yang diraih Haaland belum berubah. Namanya masih bertengger di puncak Top Scorer Champions League dengan raihan 10 gol, unggul 2 gol dari Kylian Mbappé.

Akankah ia kembali menambah gol? Mari kita saksikan di laga Dortmund berikutnya.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka