Mengintip Persiapan Piala Dunia 2022 di Qatar

Sejak terpilih 2010 silam, Qatar telah mempersiapkan banyak hal untuk menjamu para penggemar sepak bola yang akan menonton Piala Dunia 2022.

Sejak terpilih 2010 silam, Qatar telah mempersiapkan banyak hal untuk menjamu para penggemar sepak bola yang akan menonton Piala Dunia 2022.

Dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang membuat Qatar melakukan banyak persiapan untuk memanjakan para peserta dan penonton pertandingan sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut. Sejauh ini, upaya yang dilakukan Qatar cukup membanggakan.

Negara tersebut berharap apa yang mereka persiapkan selama ini mampu mengulang kesuksesan yang pernah didapatkan oleh Rusia atau bahkan melampauinya. Lalu, sejauh mana persiapan Qatar menjelang Piala Dunia yang tidak terasa akan berlangsung sekitar 2 tahun lagi itu? Mari kita simak ulasannya,

Persiapan Qatar

Menteri Keuangan Qatar, Ali Sharif Al-Elmadi menyebutkan setiap pekannya pemerintah mengeluarkan dana sekitar USD500 untuk menyelesaikan berbagai proyek infrastruktur. Setidaknya ada 8 stadion yang dibangun dan direnovasi untuk menghadapi Piala Dunia 2022.

Mengingat besarnya dana yang dikucurkan, sangat mustahil apabila proyek pembangunan tersebut tidak bisa selesai tepat waktu. Usaha pemerintah Qatar untuk mewujudkan Piala Dunia impian mereka tidak berhenti sampai di situ. Fasilitas seperti akses jalan, hotel, penginapan, bahkan museum banyak diperbarui.

Semuanya dilengkapi dengan fitur dan peralatan canggih yang dapat memudahkan setiap orang yang mengunjungi Qatar. Melihat upaya dan usaha yang dilakukan Qatar, negara tetangga seperti Iran menawarkan Pulau Kish untuk tempat tinggal para pemain sepak bola.

Tawaran tersebut tentu saja disambut baik. Selain infrastruktur dan fasilitas umum, pemerintah Qatar juga menyewa jasa ribuan personel keamanan asing untuk turut serta dalam menjaga setiap fasilitas yang ada selama Piala Dunia 2022 berlangsung nanti.

Mengingat Piala Dunia ini direncanakan berlangsung setelah masa pandemi COVID 19, pemerintah juga menyediakan fasilitas kesehatan memadai dengan tenaga-tenaga dan ahli profesional dari seluruh dunia. Hal ini tentu saja mendapat dukungan dari FIFA yang juga bekerja sama dengan WHO.

Hasil Undian Kualifikasi

Selain persiapan infrastruktur yang dilakukan oleh Qatar, FIFA juga mempersiapkan para peserta Piala Dunia 2022 melalui pertandingan kualifikasi agar nanti terbentu beberapa grup. Sejauh ini, pertandingan kualifikasi telah dilakukan oleh Zona Asia dengan melibatkan sekitar 40 Negara pada November 2019 lalu.

Sedangkan di Eropa, pertandingan undian kualifikasi baru akan berlangsung sekitar Bulan Maret 2021 dengan melibatkan kurang lebih 50 Negara. Dari hasil undian kualifikasi ini biasanya akan muncul nama-nama peserta yang berhak mengikuti pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Selain Asia dan Eropa, negara-negara dari benua lain seperti Afrika dan Amerika juga melangsungkan pertandingan kualifikasi. Sejauh ini Brazil dan Argentina cukup unggul di zona Amerika Latin sementara di zona Afrika babak kualifikasi masih akan berlangsung hingga Oktober tahun depan.

Potensi dan Peluang Qatar

Selain menjadi tuan rumah, Qatar juga mempersiapkan TIMNAS-nya agar siap berlaga di ajang dunia ini. Seperti negara lainnya, Qatar akan mengikuti pertandingan kualifikasi Zona Eropa dan bergabung sebagai tim undangan di Grup A yang terdiri dari Irlandia, Portugal, Luksemburg, dan Azerbaijan.

Untuk meningkatkan performa para pemain Qatar, pemerintah menunjuk Felix Sanchez untuk menjadi pelatih. Sanchez berpendapat bergabungnya Qatar dengan tim Eropa sedikit banyak akan membantu pola permainan para anak didiknya. Meskipun banyak yang menganggap negara ini memiliki peluang kecil untuk memenangkan Piala Dunia, tetapi Sanchez yakin para pemain TIMNAS Qatar dapat menunjukkan performa terbaik mereka

Bisa dibilang sejauh ini persiapan Qatar cukup baik mengingat penyelenggaraan Piala Dunia akan diselenggarakan tidak lama lagi. Banyak yang berharap ketika Piala Dunia 2022 digelar nanti, kondisi perekonomian dan kesehatan masyarakat dunia kembali pulih seperti sedia kala sehingga pagelaran sepak bola dunia ini bisa berlangsung meriah dan aman.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka