Mengganti Pembalut Ramah Lingkungan

Mengganti pembalut yang ramah lingkungan bukan hanya membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Namun, juga membuat Anda berhemat.

(@iirliinnaa Pixa strip)

Tikum Woman – Mengganti pembalut yang ramah lingkungan bukan hanya membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Namun, juga membuat Anda berhemat.

Tahukah Anda, berapa banyak pembalut sekali pakai yang dihabiskan seorang wanita selama hidupnya? Jawabannya sungguh fantastis, yaitu sekitar 11.000- 17.000 pembalut. Bisa Anda bayangkan berapa banyak limbah sampah yang dihasilkan oleh seluruh wanita di dunia ini? Untuk para wanita, mulai mengganti pembalut yang ramah lingkungan, yuk!

Manfaat Pakai Pembalut Kain

Selain karena go green dan mengurangi limbah sampah, ini manfaat menggunakan pembalut kain sebagai pengganti pembalut sekali pakai:

Mudah Dicuci

Banyak orang masih meragukan kemampuan pembalut kain dalam menyerap darah haid. Padahal, pembalut kain memiliki daya serap yang sama bagusnya dengan pembalut sekali pakai. Bahkan, ketika aliran darah haid sedang deras-derasnya.

Selain daya serapnya yang baik, pembalut kain juga mudah dibersihkan. Anda cukup merendamnya dengan air detergen selama beberapa menit, kemudian menguceknya seperti biasa.

Hemat Anggaran

Setelah pembalut kain bersih dan kering, Anda bisa menggunakannya berulang kali. Bahkan, beberapa pembalut kain dengan kualitas premium dapat digunakan dalam jangka waktu 2 tahun.

Inilah salah satu manfaat pembalut kain yang perlu diperhitungkan. Anda bisa menghemat anggaran untuk beli pembalut sekali pakai. Karena tidak perlu mengeluarkan anggaran beli pembalut setiap bulan.

Lebih Go Green

Pembalut kain yang bisa digunakan berkali-kali tidak hanya membuat Anda hemat anggaran. Namun, juga membantu mengurangi limbah sampah pembalut sekali pakai. Tindakan ini tentu dapat mengurangi risiko kerusakan lingkungan yang semakin parah, menjaga lingkungan agar tetap layak ditinggali, dan menyeimbangkan ekosistem.

Aman dan Sehat

Secara umum, pembalut kain terbuat dari katun atau bahan kain yang lembut. Sehingga kulit Anda terhindar dari risiko iritasi atau ruam.

Selain itu, daya serap kain yang maksimal juga membuat sirkulasi udara berjalan baik. Jadi, daerah kewanitaan terjaga kelembapannya dan tidak kering.

Rekomendasi Pembalut Kain dari Brand Lokal

Pembalut kain memiliki varian ukuran yang sama dengan pembalut sekali pakai. Mulai dari yang panjang untuk dipakai di malam hari. Pembalut berukuran sedang untuk aktivitas sehari-hari, hingga yang sebesar pantyliner. Pembalut kain ini juga memiliki variasi desain dan bahan berbeda-beda.

Bahan kain yang digunakan tentu saja mempengaruhi daya serap pembalut. Agar tidak salah pilih pembalut kain, berikut rekomendasi merek pembalut yang ramah lingkungan:

Demi Bumi

Merupakan pembalut kain brand lokal yang memiliki 2 lapisan bahan katun dan 2 lapisan flanel baby. Dijual mulai 35.000 hingga 140.000. Brand ini juga menawarkan varian pembalut kain yang bisa diisi ulang atau diberi kain tambahan.

Soul

Pembalut kain brand Soul menggunakan bahan kain polyester dan polyurethane laminate. Sedangkan lapisan dalamnya menggunakan bamboo terry. Kelebihan pembalut kain ini adalah daya serapnya yang tinggi dan bertekstur lembut.

Pembalut Soul tersedia dalam empat ukuran, yang penggunaannya dapat disesuaikan kebutuhan. Anda bisa membelinya dengan harga mulai Rp20.000 hingga Rp30.000-an.

Yuspin

Menspad produksi brand lokal ini disebut-sebut sebagai pelopor pembalut kain. Yuspin memiliki keunggulan adanya kandungan antibacterial silver+, jadi aman digunakan berkali-kali. Selain itu, menspad ini juga tersedia dalam motif menarik dan dilengkapi dengan tas serbaguna. Sehingga Anda dapat membawanya traveling dengan mudah dan praktis.

Sendarikini

Satu lagi menspad brand lokal yang ramah lingkungan, yaitu Sendarikini. Pembalut kain ini dapat dipakai dalam jangka waktu dua hingga tiga tahun. Jadi, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membeli pembalut.

Menspad Sendari kini terbuat dari bahan microfleece yang bersifat stay dry. Sifat bahan ini membuat kulit Anda terhindar dari iritasi. Sedangkan bagian luarnya terbuat dari bahan hyget baloon yang waterproof. Saat menggunakan pembalut kain ini, Anda tidak perlu takut tembus.

Pembalut kain Sendarikini ditawarkan dengan harga mulai Rp20.000 hingga Rp30.000 dan tersedia dalam tiga ukuran.

Nah, demikian manfaat pembalut kain dan merek pembalut yang direkomendasikan. Yuk, mulai ganti pembalut yang ramah lingkungan!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen