Mengetahui Ikatan Alumni Pendidikan Indonesia

Tikum Organisasi – Mendengar kata Alumnus/Alumni pastilah pikiran kita tertuju pada sebuah lembaga pendidikan baik itu sekolah, perguruan tinggi atau Universitas, akan tetapi istilah ini sebenarnya juga berlaku untuk mantan karyawan dan mantan anggota dari suatu perhimpunan dan organisasi.

Beberapa alumni terkadang membuat suatu perkumpulan atau ikatan alumni dengan fungsi tujuan yang juga beragam, tetapi sebagai bangsa Indonesia ini adalah sebagai wadah berkumpul dan silaturahmi guna mengetahui dan memberikan masukkan serta ikut memantau bekas almamater mereka.

Sebut saja beberapa contoh ikatan alumni di Indonesia dan luar negeri seperti :

  1. Iluni UI (Ikatan alumni Universitas Indonesia)
  2. IkaUsakti (Ikatan Alumni UniversitasTrisakti )
  3. University of Oxford society of Indonesia
  4. Harvard Club Indonesia  (Ikatan Alumni Universitas Harvard)
  5. IKA SMU PangudiLuhur
  6. INITARKI (Ikatan Alumni SMA Tarakanita)

Setidaknya ada 4 alasan yang mendasari pentingnya ikatan alumni bagi suatu sekolah :

  1. Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan sekolah dan yayasan pendidikan.
  2. Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi sebuah “namabaik” sekolah.
  3. Alumni sebagai produk lembaga pendidikan di harapkan dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan para siswa dan siswi dengan insitusi di luar sekolah.
  4. Alumni mampu menjadi sumber informasi dunia kerja & usaha bagi lulusan baru suatu sekolah, di samping menjadi inspirasi bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan pada saat ini.

Selain wisuda kelulusan, reuni adalah peristiwa yang paling menyenangkan bagi semua alumni baik yang nuansa Silver sampai Gold reunion.  Di situlah pentingnya mengetahui ikatan alumni untuk kepentingan relasi / koneksi di masa depan. Nah pertanyaannya , bagaimana yang memilih metode home schooling apakah mereka bisa reuni dengan para alumni home schooling lainnya , mengingat setiap hari mereka tidak di wajibkan untuk datang kesekolah.