Mengenal Youn Yuh-jung, Aktris Korea Selatan Pertama Pemenang Oscar

Sebagai aktris Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar, Youn Yuh-jung menyimpan catatan karier yang panjang. Mari simak perjalanannya!

Sebagai aktris Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar, Youn Yuh-jung menyimpan catatan karier yang panjang

Sebagai aktris Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar, Youn Yuh-jung menyimpan catatan karier yang panjang. Mari simak perjalanannya!

Academy Awards ke-93 yang baru digelar pada 26 April lalu menyimpan berbagai kisah menarik dari para wanita Asia. Selain kemenangan Chloe Zhao sebagai Best Director, wanita lain yang menyorot perhatian dunia adalah Youn Yuh-jung. Aktris berusia 73 tahun itu berhasil menyabet piala Oscar dalam kategori pemain pendukung wanita terbaik.

Berperan sebagai seorang nenek yang pindah dari Korea Selatan ke Amerika Serikat dalam film Minari, ini adalah kali pertama Youn Yuh-jung dinominasikan dalam Academy Awards. Tapi, pada kali pertama ini jugalah dia berhasil membawa pulang trofi kemenangan. Youn berhasil menyingkirkan para pesaingnya mulai dari Amanda Seyfried, Maria Balakova, Olivia Colman hingga Glenn Close yang sudah dinominasikan lebih dari 8 kali tapi belum pernah menang sekalipun.

Telah Berkarier Lebih dari Lima Dekade

Bagi para pencinta sinema Korea, nama Youn Yuh-jung bukanlah nama yang asing. Dropout dari perguruan tinggi, wanita kelahiran GYounggi-do, 19 Juni 1947 itu memulai karier aktingnya pada tahun 1967. Youn meraih popularitasnya pada tahun 1971 saat dia bermain dalam film Woman of Fire. Dari film ini, dia memenangkan piala Best Actress dari Sitges Film Festival.

Di puncak kariernya, Youn kemudian menikah dengan Jo Young-nam, seorang musisi pada tahun 1974. Pindah ke Amerika Serikat tidak lama setelah pernikahannya, pada tahun 1984 Youn pulang ke tanah airnya dan kembali melanjutkan kariernya di dunia akting.

Karya Lain Youn Yuh-jung Sebelum Minari

Tidak hanya berkarier di layar lebar, Youn Yuh-jung juga tercatat terlibat dalam puluhan serial Korea. Mulai dari awal kariernya sampai tahun 2019 lalu. Apa saja karya-karya terbaiknya yang mungkin ingin Anda saksikan?

1. Canola

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini menceritakan pertemuan antara seorang nenek bernama Gye-choon (diperankan oleh Youn Yuh-jung) dengan cucunya, Hye-ji (diperankan oleh Kim Go-eun). Dari film ini, Youn dinominasikan dalam kategori Best Actress dalam Grand Bell Awards tahun 2016.

2. Dear My Friends

Serial televisi yang ditayangkan oleh tvN ini bercerita tentang kehidupan para lansia di masa-masa tua mereka. Kisah menyentuh yang diceritakan dalam serial ini juga berhasil membawa Youn dinominasikan dalam tvN10 Awards dalam kategori Two Star Award.

3. Boomerang Family

Dalam film yang rilis pada tahun 2013 ini, Youn Yuh-jung berperan sebagai seorang ibu yang berusaha menggagalkan niat anaknya, Oh In-mo untuk bunuh diri. Dari film ini, Youn juga dinominasikan sebagai Best Actress dalam Grand Bell Awards ke-50 tahun 2013.

4. Salut d’Amour

Sung-chil (diperankan oleh Park Geun-hyung) adalah seorang pria murung yang mudah marah. Dia kemudian bertemu dengan Im Geum-nim (diperankan oleh Youn Yuh-jung). Pertemuan inilah yang kemudian mengubah hidupnya. Kisah tawa berbalut air mata sukses membuat penonton terharu dan terbawa suasana.

Itulah perjalanan singkat karier Youn Yu-jung dan berbagai karya terbaiknya. Jika Anda menyaksikan satu per satu judul dalam filmografinya, Anda pasti akan menemukan bahwa Youn adalah seorang aktris serba bisa. Mengambil berbagai jenis peran, tidak heran jika akhirnya Hollywood memilihnya sebagai aktris terbaik tahun ini dalam ajang Academy Awards.

Tahun depan, Youn dikabarkan akan kembali ke layar lebar dalam sebuah film bertajuk Heaven: To the Land of Happiness. Tertaarik menontoan?


tikum ads penulis 750

Teclast M40 10.1” Tablet 1920×1200 Android 10 UNISOC T618 Octa Core 6GB RAM 128GB ROM Tablets PC 4G Network Dual Wifi Type-C

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka