Mengenal Thomas Tuchel, Pelatih Baru Chelsea Pengganti Lampard

Pergantian pemain atau pelatih bukanlah hal baru di dunia sepak bola. Begitu pula dengan penggantian Frank Lampard ke Thomas Tuchel.

Pergantian pemain atau pelatih bukanlah hal baru di dunia sepak bola. Begitu pula dengan penggantian Frank Lampard ke Thomas Tuchel.

tikum bola chelsea tuchel 2

Beberapa minggu lalu, petinggi Chelsea FC mengumumkan bahwa terhitung sejak 27 Januari 2021 Frank Lampard tidak lagi melatih klub asal London tersebut. Posisi Lampard diberikan kepada Thomas Tuchel, pelatih berdarah Jerman yang sempat menggembleng pemain dari beberapa klub sepak bola ternama.

Siapa Tuchel?

Laki-laki dengan tinggi sekitar 190 cm ini lahir di Krumbach, Jerman Barat, sekitar 48 tahun yang lalu. Sebelum berkarir sebagai manajer dan pelatih, Thomas Tuchel pernah menjadi pemain bola profesional di beberapa klub di Jerman. Tuchel sendiri dikenal sebagai salah satu penggemar berat klub Tottenham Hotspur.

Sejak kecil, pelatih ini kerap melihat pertandingan bola melalui televisi dan cukup menikmati permainan para pemain Tottenham saat itu. Kegemaran pada Tottenham inilah yang mengantarkan Tuchel pada karir pemain bola profesional dan berlaga di salah satu ajang bola terbaik negaranya, Bundesliga.

Perjalanan Karir Tuchel

Thomas Tuchel mengawali karirnya sebagai pemain junior di klub TSV Krumbach tahun1988. Sejak itu karirnya di lapangan cukup cemerlang dan sempat mengalami beberapa transfer. Selama menjadi pemain, Tuchel sempat bergabung dengan FC Ausburg, Stuttgarter Kickers, dan SSV Ulm.

Setelah bermain cukup lama, pada tahun 2009, Tuchel memutuskan pensiun dan beralih profesi menjadi pelatih. Karir pertamanya sebagai pelatih dimulai tahun 2010 bersama klub Mainz 05. Selama di Mainz 05, Tuchel melatih tim senior dan mampu menunjukkan performa maksimal.

Pada tahun 2014, pelatih ini direkrut Borussia Dortmund selama 3 tahun sampai masa kontraknya berakhir. Sebelum bergabung dengan Chelsea, Thomas Tuchel berstatus sebagai pelatih Paris Saint-Germain (PSG). Karirnya sebagai pelatih sepak bola bersama PSG bisa dibilang sangat cemerlang.

Tuchel berhasil mengantarkan tim PSG memenangkan trofi Piala Super Prancis dan Liga Prancis. Bahkan pada Liga Champions 2019/2020, Thomas Tuchel berhasil membawa Neymar dkk ke babak final meskipun akhirnya dijegal oleh Bayern Munich. Prestasi inilah yang membuat Chelsea tertarik untuk merekrut Tuchel dan memecat Lampard.
Keinginan Chelsea ini ternyata mendapat sambutan baik, apalagi setelah final PSG memutuskan untuk memutus kontrak Tuchel yang telah membantu klub tersebut meraih beberapa trofi. Sebagai pengganti Frank Lampard, Tuchel akan dikontrak selama 18 Bulan dan diharapkan mampu mengembalikan prestasi yang dulu pernah diraih Chelsea.
Sebagai penerus, Tuchel cukup menghormati kerja keras dan peninggalan Lampard selama melatih Chelsea. Di masa mendatang Tuchel berharap dapat meningkatkan performa salah satu klub terbaik Inggris ini dan mampu mengantarkan para pemain ke level yang lebih tinggi.

Membawa 3 Pemain ke Chelsea

Salah satu strategi Tuchel untuk meningkatkan performa tim adalah dengan memboyong 3 pemain yang pernah menjadi anak didiknya di PSG. Langkah ini diambil karena Tuchel tahu, skill ketiga pemain tersebut diperlukan untuk memperkuat formasi Chelsea.

Pengalaman selama 2,5 tahun menjadi pelatih PSG membuat Tuchel sadar, bahwa ketiga pemain tersebut mampu mengantarkan Chelsea mendapatkan posisi terbaik di Liga Inggris. Adapun pemain yang diboyong Tuchel adalah, Marco Veratti, Kylian Mbappe, dan Mauro Icardi.

Meskipun saat ini belum ada kabar resmi bahwa Chelsea menyetujui keinginan Tuchel untuk membawa pemain kebanggaannya. Tapi banyak pihak yakin bahwa strategi Tuchel mampu meningkatkan performa Chelsea yang dinilai menurun beberapa musim belakangan.

Kita lihat saja nanti bagaimana hasil strategi Thomas Tuchel dalam membuat formasi pertahanan yang mumpuni, agar Chelsea FC mampu meraih kemenangan di berbagai pertandingan sepak bola masa mendatang.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka