Mengenal Shih Tzu Bersama Komunitas Peshindo

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan dan menghibur, akan tetapi kita juga wajib bertanggung jawab dalam merawatnya ya sobat tikum.

Berbagai jenis/trah anjing sudah pernah kami tampilkan bersama komunitasnya, bagaimana jika hari ini kita mengenal sebuah trah kecil berbulu panjang yang menurut berbagai sumber berasal dari daratan Tibet melalui sebuah perkawinan silang antara jenis Peking dan Lhasa Apso hingga akhirnya dibawa ke negeri China dan memiliki julukan “Lion Dog.”

Trah ini diakui dan terdaftar secara resmi oleh beberapa organisasi seperti American Kennel Club dan British Kennel Club. Dengan berat 4-7 kg dan tinggi 20-28 cm Shih Tzu masuk dalam kategori Toy Dog. Karena bentuknya yang mungil dan lucu anjing ini sering tampil dalam berbagai film layar lebar seperti : best in show, seven psychopats, mission possible, dan reality show pencarian bakat televisi.

Semakin menarik bukan, bagaimana jika hari ini kita lihat juga sisi lain trah ini bersama para pemilik Shih Tzu di Indonesia yang tergabung dalam PECINTA SHIHTZU INDONESIA.

Pencinta Shihtzu Indonesia (Peshindo) berdiri pada tanggal 20 Juli 2016.Komunitas ini didirikan oleh Melani Savitri dan Fransisca Galih.

(Founder Peshindo)

Visi dari Peshindo ingin menyatukan seluruh pemilik Shih Tzu dalam sebuah wadah komunitas sekaligus menjalin keakraban antara sesama pemilik Shih Tzu di Indonesia. Sedangkan Misi dari Peshindo adalah:

  1. Memberikan pengetahuan mengenai cara perawatan dan kesehatan Shih Tzu kepada para pemiliknya.
  2. Membantu meningkatkan kepedulian terhadap Shih Tzu di lingkungan sekitar.
  3. Meningkatkan kesejahteraan Shih Tzu

Selama berdiri Peshindo dipimpin oleh beberapa ketua yaitu Melani (2016–2017) dan Fransisca Galih (2017-saat ini)

Berdasarkan data base dan aplikasi komunikasi, jumlah anggota aktif Peshindo sampai sekarang sudah lebih dari 200 orang dari berbagai kota di Indonesia. Latar belakang dan profesi para anggota komunitas ini sangat beragam, baik Pria dan Wanita dari usia belasan tahun hingga usia senior, dengan profesi seperti Pelajar, Mahasiswa, Karyawan swasta, Pengusaha, Dokter spesialis dan Dokter Hewan.

Kami sempat bertanya kepada perwakilan mereka mengapa memilih Shih Tzu sebagai binatang peliharaan dibandingkan jenis lainnya? Dan mereka menjawab “Shih Tzu sangat istimewa sebagai anjing kecil yang memiliki karakter menyenangkan, bersemangat, berani, pintar, bersahabat, dan sangat bisa akrab dengan anak-anak dalam lingkungan keluarga, selain itu rambutnya bisa panjang dan indah hingga bisa untuk disasak”

Kegiatan rutin Peshindo terdiri dari kumpul bersama angggota disetiap bulan, perayaan ulang tahun komunitas, mengikuti kontes hewan, bakti sosial, hingga diskusi kelompok mengenai pengetahuan Shih Tzu.

Bagaimana sobat tikum, seru bukan kegiatan para pemilik anak bulu ini. jika Anda pemilik Shih Tzu dan tertarik bergabung kedalam keluarga besar Peshindo, silahkan menghubungi beberapa akun sosial media mereka di bawah ini.

Email:  Peshindoshihtzu@gmail.com
Instagram: @peshindo
Facebook: Peshindo

Kami bangga bisa memperkenalkan komunitas ini kepada seluruh pencinta satwa di Indonesia, dan semoga Peshindo selalu eksis, kreatif, dan semakin bertambah besar di masa depan. Salam Anabul.

“If you pick up a starving dog and make him prosperous, he will not bite you; that is the principal difference between a dog and a man.”
Mark Twain

Author: Gina Lugvianty

Gina Lugvianty adalah Wanita yang aktif dalam komunitas satwa dan musik entertainment. ia juga memiliki passion terhadap Live music & lifestyle.

1 thought on “Mengenal Shih Tzu Bersama Komunitas Peshindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *