Mengenal Royal Enfield Bersama RORI

ROYAL RIDERS INDONESIA 1

Bagi Anda penggemar motor bergaya klasik mendengar nama Royal Enfield (RE) pasti sudah tidak asing di telinga anda. Sedikit kilas balik pada awalnya motor ini memang terlahir di Eropa tepatnya di negara Inggris. Bahkan, motor ini pernah digunakan para prajurit Inggris dari kesatuan British Forces Motor Cycle pada perang dunia I dan perang dunia II.

ROYAL RIDERS INDONESIA 2

Pada tahun 1955 Inggris membuka pabrik RE di negara India, akan tetapi pada tahun 1970 mereka menutup pabrik itu. Hingga pada tahun 1991 perusahaan India yang bernama Eicher Group mengakuisisi Royal Enfield dan terus berproduksi hingga saat ini. Jadi RE adalah merek motor yang lahir di benua Eropa namun mengalami perkembangan dan terus bertumbuh di benua Asia.

Berikut beberapa catatatan kami mengenai kelebihan merk ini.

  1. RE adalah kebanggaan dan segalanya tentang menjadi klasik.
  2. Menawarkan sekitar 35kmpl untuk jarak tempuh di dalam kota
  3. Posisi berkendara yang nyaman menawarkanmu kenyamanan terbaik.
  4. Salah satu alasan utama untuk harga jual kembali yang tinggi adalah kualitas rakitan.
  5. Untuk seri bs4 classic 350, memilki rem yang sangat baik dengan cakram depan dan belakang.

Lalu bagaimana dengan peminatnya di Indonesia, apakah cukup banyak? tentu saja jawabannya adalah YA. Untuk itu mari kita mengenal para riders dari ROYAL RIDERS INDONESIA.

Royal Riders Indonesia (RORI) berdiri pada tanggal 16 juli 2016. Saat itu para pendiri awal klub yang berjumlah 13 orang berkumpul di Kemang, Jakarta. Mereka adalah: Doddy Sety, Andra Darmadi, Rio, Toba, Ivan Boma, Yayan, Batz.

RORI memiliki Visi untuk menjadi komunitas otomotif motor yang membawa manfaat bagi masyarakat. Dan Misi mereka adalah menjadi sebuah wadah penggemar Royal Enfield dan motor klasik yang terkemuka di Indonesia melalui berbagai kegiatan yang positif.

Hal unik lainnya adalah karena RORI tidak terlalu terikat dengan ketentuan dan syarat yang memberatkan para anggotanya, dan mereka mendapat dukungan penuh dari dealer resmi pada setiap kegiatan. Saat ini RORI dipimpin oleh seorang Presiden bernama Donny Hendaris, serta dibantu oleh jajaran dewan pengurus lainnya seperti Wakil Presiden, Sekretaris dan para pengurus bidang.

ROYAL RIDERS INDONESIA 3
(Dewan Pengurus RORI)

Tipe motor yang digunakan para anggota RORI adalah semua jenis motor RE keluaran dealer yang ada di Indonesia dari berbagai tipe, seperti classic 500, bullet 350, interceptor dan Himalayan.

Komunitas adalah tempat berkumpulnya berbagai orang dengan perbedaan usia dan latar belakang untuk menjadi sebuah kesatuan. Begitu juga RORI, para angggota memiliki berbagai profesi seperti Pelajar, Mahasiswa, Profesional Swasta, Pengusaha, Advocat, Direktur. Karena sejatinya para anggota RORI mencari sebuah kebahagiaan dan persaudaraan sambil melepas stress ditengah kesibukan pekerjaan.

Sampai saat ini RORI sudah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia melalui chapters seperti: Jakarta, Banten, Medan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tenggara, Aceh, Jambi. Dengan total anggota yang mencapai lebih dari 450 orang.

ROYAL RIDERS INDONESIA 4

Agenda kegiatan RORI dibagi berbagai periode, terkadang mereka juga hadir sebagai bintang tamu dalam liputan dan wawancara berbagai media nasional dan menghadiri undangan acara dari berbagai komunitas motor. Namun, mari kita lihat seperti apa kegiatan rutin mereka sebelum pandemi Covid-19.

  • Kegiatan mingguan: melakukan Sunday morning ride (Sunmori) sambil kumpul bersama seluruh anggota serta melakukan diskusi dengan secangkir kopi.
  • Kegiatan bulanan: melakukan bakti sosial atau touring jarak pendek, sedang atau jauh.
  • Kegiatan tahunan: Ulang tahun RORI, parade kemerdekaan, rock and ride, dan International Royal Enfield Jamboree.
ROYAL RIDERS INDONESIA 5
ROYAL RIDERS INDONESIA 6
ROYAL RIDERS INDONESIA 7
ROYAL RIDERS INDONESIA 8

Bagaimana sobat tikum, seru bukan kegiatan RORI. Dan jika anda juga penggemar Royal Enfield, kami mengajak kalian untuk bergabung menjadi bagian keluarga besar RORI. Silahkan menghubungi beberapa akun sosial media mereka untuk informasi lebih lengkap.

E-mail: royalridersindonesia06@gmail.com
Website: www.royalrides.id
Instagram: @royalridersindonesia

Tikum.id berharap di tahun depan perkembangan RORI akan semakin besar di tanah air dari jumlah chapter, anggota, kegiatan kreatif, dan tetap mengutamakan keselamatan berlalu lintas.
Salam satu aspal!

β€œThe attitude you got after sitting on Enfield that makes you Royal.”
Sakshat

Author: Achmad Reza

Tak hanya menjadi expertise di dunia digital, Reza pun sudah lama berkecimpung di dunia otomotif. Memulai karirnya dari seorang modifikator hingga kini menjadi juri modifikasi nasional, aktif di beberapa komunitas hingga pembicara di berbagai event otomotif baik mobil maupun motor.

1 thought on “Mengenal Royal Enfield Bersama RORI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *