Mengenal Rottweiler Bersama Komunitas JRC Jogja

jrc jogja

Anjing merupakan hewan istimewa dikenal sangat setia terhadap tuannya. Tidak terkecuali jenis yang akan kita bahas pada hari ini yaitu Rottweiler. Nama mereka berasal dari daerah Rottweil, Jerman.

Banyak orang memberi mereka nama Rottie atau Rot, ciri khas mereka dengan ukuran besar, cerdas, Berwarna hitam, dan memilki kekuatan. Trah ini dikenal sebagai salah satu ras anjing tertua dan ras penggembala, serta dipercaya sudah ada dari jaman kerajaan Romawi kuno.

Rottweiler memilki kemampuan yang sangat luar biasa dan memang bukan untuk semua orang. Meskipun jenis serbaguna yang digunakan untuk berbagai tujuan, mereka tetap butuh latihan rutin sejak dari kecil. Trah ini relatif sehat, tidak memerlukan perawatan bulu yang khusus, dimanfaatkan dalam pencarian dan penyelamatan, anjing pemandu, hingga sebagai mitra kerja di organisasi kepolisian dan militer.

Lalu bagaimana di Indonesia ? Apakah Rottweiler memilki banyak penggemar ? untuk itu mari kita langsung berkenalan dengan JOGJA ROTTWEILER COMMUNITY.

Jogja Rottweiler Community (JRC) berdiri tanggal 8 April 2008. JRC merupakan salah satu komunitas anjing tertua yang ada di Yogyakarta. Pada awalnya komunitas pencinta anjing ras Jerman didirikan oleh Bapak Erik, Bapak Abdul, Bapak Thomas dan Bapak Yessa.

Visi dari JRC mereka adalah ingin menjadi wadah organisasi lokal dalam memajukan kualitas trah rottweiler berasaskan kekeluargaan, kesejahteraan, dan kegunaan Rottweiler. Dan Misi JRC adalah :

  1. Menjalin hubungan yang erat antar anggota untuk saling memperbaharui informasi dan bertukar pikiran mengenai Rottweiler.
  2. Menjalin kerjasama dengan komunitas anjing ras lain yang ada di Yogyakarta dengan tujuan kesejahteraan hewan.
  3. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai trah Rottweiler.

Sejak tahun 2008 JRC sudah pernah diketuai oleh berbagai nama, mereka adalah :

  1. Bapak Erik
  2. Bapak Abdul
  3. Bapak Thomas Haryo
  4. Bapak Sabdo Rahayu
  5. Bapak Abrianto Tejakusumo
    Dan untuk ketua saat ini adalah Ibu R. Bernadetta Diajeng.
Jogja Rottweiler Community 2
(Ketua Jogja Rottweiler Community)

Kami sempat bertanya kepada perwakilan JRC mengapa Rottweiler begitu istimewa bagi kalian? mengingat banyak pilihan jenis anjing lain. Dan jawabannya adalah Rottweiler memilki karakter “Arrogant in a good way” ditambah calm, confident, protective, gentle dan yang terpenting they don’t bark a lot dan cocok sebagai cuddle buddies. Rottweiler adalah anjing terbaik dan tidak akan pernah mengkhianati tuannya.

Mari kita simak seperti apa usia dan profesi para anggota JRC. Ternyata rata-rata para anggota berusia 25 tahun keatas baik Pria dan Wanita, Hal ini karena Rot bukan tipe anjing untuk semua orang dan perlu kemampuan untuk berpikir rasional serta bertanggung jawab penuh agar Rot dapat tumbuh dengan karakter yang baik. Terdapat berbagai macam profesi dari anggota JRC, mulai dari pengusaha, karyawan, hingga profesi dari militer dan kepolisian. Menarik sekali bukan.

Jogja Rottweiler Community 3
Jogja Rottweiler Community4
Jogja Rottweiler Community 5

Pada awal berdiri jumlah anggota JRC pernah mencapai 100 orang, dan JRC tidak menutup untuk silaturahmi dengan pemilik Rottweiler di kota-kota lain seluruh indonesia.

JRC memilki banyak kegiatan menarik sebelum pandemi covid-19 melanda Indonesia yaitu :

  1. Gathering JRC. Pertemuan bersama membahas seputar Rottweiler seperti pelatihan, pembiakan, kesehatan, dll. Kegiata ini diadakan setiap bulan dan berpindah tempat, biasanya lokasi outdoor seperti di sungai, gunung, pantai untuk refreshing sekaligus menyesuaikan dengan rottweiler yang playful.
  2. Sosialisasi & edukasi ke masyarakat mengenai anjing rottweiler mengenai karakter, fungsi, karya guna,
  3. Mengahadiri pertunjukan dan pameran anjing.
  4. Perayaan ulang tahun komunitas JRC
  5. Olahraga bersama seperti badminton, pingpong, futsal, remi.
Jogja Rottweiler Community 6
Jogja Rottweiler Community 7
Jogja Rottweiler Community 8

Jika anda memelihara Rotweiler atau baru akan memulai mengadopsi serta ingin menambah wawasan mengenai trah ini, kami mengajak anda untuk bergabung bersama JRC. Silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail : jogja.rottweiler@yahoo.com, jogjarott@gmail.com
Instagram : @jogjarottweiler

Tikum.id senang sekali bisa menceritakan sisi lain dari “majestic creature” ini. Semoga JRC tetap konsisten dalam pengembangan dan perlindungan trah, serta semakin bertambah besar di seluruh Indonesia. Salam Dog Lovers!

“When you walk through a bad neighborhood, you don’t want a poodle by your side. You want a Rottweiler.”
Gene Simmons

Author: Andini

Andini, lengkapnya Restu Ayu Andini adalah Producer di Tikum (PT. Dehaen Media Berkat Indonesia) sejak Juli 2019 dengan expertise dibidang Video scrypt dan Copywriting. Menyukai perjalanan dan kuliner serta fashion. Ardini meluangkan banyak waktu untuk menulis/

2 thoughts on “Mengenal Rottweiler Bersama Komunitas JRC Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *