Mengenal Rilisan Fisik Queen #009 Live Killers (Kaset Billboard Platinum Album 5 – BB9334)

Platinum Album 5 bernomor seri BB-9334 ini merupakan seri Platinum Album no 5 dari 8 nomor kaset yang dirilis Billboard. Direkam pada pita BASF C-76 yang tidak lazim pada jaman itu (biasanya menggunakan format C-60 atau C-90). Entah pertimbangan apa Billboard tidak menggunakan pita C-90 berdurasi 90 menit, sehingga harus mengorbankan lagu Brighton Rock menjadi tidak masuk pada kaset ini

Band asal Inggris Queen selalu memiliki hal-hal menarik untuk dibicarakan, selain karya mereka yang melegenda, banyak sejarah yang bisa kita pelajari, pada edisi hari ini tikum.id akan membahas mengenai album Queen yang kami dapat dari narasumber kami Bapak Danang Suryono, seorang penggiat di komunitas QueenIndo ( The Indonesia Queen Fan Club).

Album Live Queen yang pertama kali dirilis audionya adalah Live Killers. Album ini dirilis pada 22 Juni 1979, dalam format double album’ berdurasi 90 menit 8 detik dibawah Label EMI/Parlophone di Eropa dan Elektra’Hollywood (di Amerika Serikat).

Materi album ini diambil dari konser Queen di daratan Eropa dalam promo Jazz Tour, yang direkam atara periode 26 Januar1 1979 hingga 1 Maret 1979.
Menurut buku “Queen-Complete Works” karya Georg Purvis sebagian besar materi album ini diambil dari Konser mereka di Frankfurt (2 Feb 1979) dan Lyon (17 Feb 1979).
Rekaman album ini terasa raw sekali, namun ketika pertama kali mendengarkan album ini di tahun 80 an, sambil memejamkan mata saya selalu membayangkan para personil Queen bermain dihadapan saya (maklum saat itu belum lumrah ada video concert), sehingga lebih memicu imajinasi.

Cukup banyak label pra lisensi yang menerbitkan kaset ini, namun untuk rilisan fisik album ini, saya ingin share sebuah kaset rilisan sebuah label yang cukup terkenal jaman pra lisensi yaitu Billboard (King Records).

Kaset berjudul Platinum Album 5 bernomor seri BB-9334 ini merupakan seri Platinum Album no 5 dari 8 nomor kaset yang dirilis Billboard. Direkam pada pita BASF C-76 yang tidak lazim pada jaman itu (biasanya menggunakan format C-60 atau C-90). Entah pertimbangan apa Billboard tidak menggunakan pita C-90 berdurasi 90 menit, sehingga harus mengorbankan lagu Brighton Rock menjadi tidak masuk pada kaset ini.

Seluruh 21 lagu sesuai vinylnya ada pada kaset ini, 10 lagu pada side A dan 11 lagu pada side B, dengan tracklist lengkap sebagai berikut:

news-Mengenal-Rilisan-Fisik-Queen-009-Live-Killers-2

Side A:

A01 Bohemian Rhapsody
A02 Love of My Life
A03 ’39
A04 Don’t Stop Me Now
A05 We Will Rock You
A06 Let Me Entertain You
A07 Get Down, Make Love
A08 You’re My Best Friend
A09 Dreamer’s Ball
A10 Sheer Heart Attack

Side B:

B01 Death on Two Legs (Dedicated to…)
B02 Killer Queen
B03 Bicycle Race
B04 I’m in Love with My Car
B05 Now I’m Here
B06 Tie Your Mother Down
B07 Keep Yourself Alive
B08 Spread Your Wings
B09 We Will Rock You
B10 We Are the Champions
B11 God Save the Queen

Bagaimana sobat tikum ? cukup menarik bukan pembahasan tentang Band Queen kali ini. jika anda juga seorang penggemar dari Band Quen dan personilnya, silahkan menggali banyak informasi melalui akun sosial media QueenIndo.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka