Mengenal Milanisti Indonesia Pendukung Setia I Rossoneri

Tikum Komunitas Bola  – Nama besar AC Milan dalam dunia sepakbola rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. sejarah dan sederet prestasi sudah cukup membuktikan ketangguhan klub asal kota Milan, Italia ini.

milanisti 2

Associazione Calcio Milan atau A.C. Milan, adalah sebuah klub sepakbola professional Italia di Liga seri Klub yang bermarkas di Milan, Lombardy, ini adalah salah satu tim tersukses dalam sejarah sepakbola negeri pizza. Untuk prestasi domestik mereka sudah menjuarai 18 kali Serie A dan 5 kali Piala Italia. Sedangkan untuk kompetisi Eropa mereka sukses mengukir sejarah dengan 7 kali juara liga Champion Eropa, 2 kali piala Winner, dan 5 kali piala super Eropa. Tidak sampai disitu, masih ada lagi prestasi di tingkat internasional yaitu juara piala dunia antar klub intercontinental sebanyak 3 kali dan 1 kali piala dunia antar klub FIFA.

AC Milan rasanya memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan tim juara, mulai dari pelatih-pelatih hebat, aliran dana dari sponsor dan manajemen klub, hingga deretan pemain kelas dunia. Berbicara mengenai pemain bintang, sudah pasti Milan adalah klub yang selalu bertaburan bakat-bakat yang hebat. Mulai dari tahun 80an kita ketahui ada trio Belanda Marco van Basten, Frank Rijkaard, dan Ruud Gullit. Kemudian lanjut ke era 90an ada nama-nama seperti Paolo Maldini, Christian Abbiati, Thomas Helveg, Zvonimir Boban, George Weah, Oliver Bierhoff, dll.

Lalu bagaimana dengan penggemar klub ini? Jawabannya adalah sudah pasti para Milanisti tersebar di seluruh dunia, begitu juga di negara kita. Untuk itu mari kita mengenal lebih dekat dengan para pendukung setia AC Milan asal Indonesia yaitu MILANISTI INDONESIA.

Milanisti Indonesia berdiri pada tanggal 16 Maret 2003. Komunitas pendukung klub AC Milan ini terbentuk atas prakarsa beberapa orang, mereka adalah: Jamzer, Ronald, Arif Ikram, Lena, Ajung, Toel Maldini, Harris Nasution, Toni, Decy dan Gugun.

Berawal dari milis karena memiliki kesamaan dan kecintaan terhadap klub AC Milan membuat para founder membentuk Milanisti Indonesia pada tahun 2003.

Visi terbentuknya Milanisti Indo menjadi komunitas resmi pendukung klub AC. Milan di Indonesia yang berlandaskan prinsip kekeluargaan, terus eksis, dan diakui bukan saja di Indonesia tapi juga di Italia.

Misi Milanisti Indonesia adalah:

  1. Menjadi komunitas yang akan selalu mendukung setiap program dan kegiatan AC Milan di Indonesia
  2. Bermanfaat bagi masyarakat Indonesia melalui kegiatan-kegiatan positif.

Selama terbentuk hingga sekarang beberapa nama tercatat pernah mengisi ketua umum Milanisti Indonesia. Mereka adalah:

  1. Arif Ikram (2003-2004)
  2. Jamzer Tampubolon (2004-2006)
  3. Filbert Barnabas (2006-2010)
  4. Hendra “Gugun” (2010-2015)
  5. Yanto “Toel” (2015-2018)
milanisti 3
(Foto eksklusif Mantan Ketua Umum)

Dan saat ini Milanisti Indonesia dipimpin oleh Ketua Umum: Arrival (2018-sekarang)

milanisti 4
Foto Eksklusif: Ketua Milanisti Indonesia (duduk kiri) & pengurus saat ini

Latar belakang para anggota sangat beragam dari Gender, Usia dan Profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, pedagang, karyawan swasta, pegawai negeri, seniman, hingga pengusaha. Sedangkan usia mulai dari remaja hingga usia senior dan bahkan ada yang dari lahir sudah didaftarkan menjadi anggota oleh orang tuanya. Unik sekali ya sobat tikum!

Mengenal Milanisti Indonesia yang memang masih didominasi oleh kaum adam. Tapi, bukan berarti mereka melupakan kaum hawa. Terbukti sejak akhir tahun 2007 Milanisti Indonesia membentuk tim futsal wanita, yang diberi nama Milanisti Angel.

milanisti 5

Bahkan, sudah beberapa kali Milanisti Angel tampil di ajang persahabatan. Milanisti Angel melakukan latihan rutin setiap bulan di IBM Hanggar Futsal, Pancoran, Jakarta Selatan, yang sekaligus sebagai homebase Milanisti Indonesia.

Sampai saat ini jumlah anggota dari Milanisti sudah mencapai 30.000 orang yang tersebar di 94 Sezione atau chapter komunitas yang resmi. Mulai dari wilayah bagian barat, tengah dan timur Indonesia. Dan masih ada lebih 100 calon basis atau daerah yang akan diresmikan menjadi Sezione.

Saat ini public figure yang tergabung sebagai pendukung AC Milan adalah: Duta Sheila 0n 7, Gading Marten, Roy Jeconiah, Denny Cagur, Marshel Widianto, Rendra Soedjono, Ovy Ratu Serigala, Ricardo Salampessy, dll.

Kami bertanya kepada perwakilan Milanisti mengenai apa yang istimewa dan membedakan klub ini dengan lainnya?

Mereka mengatakan “bahwa jika dikatakan istimewa nanti jumawa, akan tetapi yang banyak dirasakan para anggota Milanisti adalah komunitas ini kental dengan kekeluargaan dan mempunyai slogan “Lebih dekat dari Saudara, Lebih Besar dari Keluarga.” Sebagai contoh dalam kurun waktu 10 tahun terakhir walau AC. Milan kondisinya tidak pernah meraih juara di ajang bergengsi, akan tetapi sikap para anggota tetap loyal. Bahkan, jumlah pendaftaran calon members, nonton bareng, dan acara lainnya masih tetap ramai.


Paket Jersy AC Milan PAQUETA IBRAHIMOVIC 19 THEO, ROMAGNOLI CALHANOGLU Home away 2020 Sweatshirt TONALI shirt 20 21

Hal ini menurut tikum.id sangat luar biasa karena para Milanisti betul-betul menunjukkan kesetiaan kepada tim kesayangan mereka.

Sekarang mari kita lihat apa saja kegiatan rutin mereka sebelum masa pandemic Covid-19. Berikut diantaranya:

  • Mingguan: Nonton bareng (Nobar), fun futsal, fun football, kopdar.
  • Tahunan: Tour Sansiro, Italia.
  • Dwi Tahunan: gathering daerah (tahun ganjil) dan gathering nasional (tahun genap)
milanisti 6
milanisti 7
  • Event pendukung: Bakti Sosial, Tour garuda mendukung Tim nasional Indonesia.
milanisti 8

Bagaimana sobat tikum, seru bukan kegiatan mereka. Jika Anda juga fans dari klub AC Milan dan ingin bergabung untuk mengenal keluarga Milanisti Indonesia jangan ragu untuk menghubungi akun sosial media mereka untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Website: Membership Milanisti Indonesia

Kami bangga bisa memberitakan banyak hal-hal menarik dari komunitas ini dan tidak sabar untuk kembali mengangkat kegiatan-kegiatan lainnya. Semoga Milanisti Indonesia tetap solid, kreatif, dan bermanfaat dalam mengharumkan nama Indonesia. Forza Milan!

“You can never be a truly great player until you have played for Milan.”
Marco Simeone

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka